Rabu, 06 Februari 2019

Yang Dimaksud Pindah Rayon

Didasarkan Asal Sekolah Siswa Dan Melanjutkan ke Sekolah Yang Berbeda Daerah

Kota Bekasi (BIB) - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online/Offline yang akan dilaksanakan di bulan Juli 2019 berdeda dengan pelaksanaan sebelumnya. 

Bagi peserta didik (siswa) yang berasal dari luar daerah yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah yang berbeda daerah harus terlebih dahulu mengurus surat pindah (Pindah Rayon). 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPDB TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tahun Ajaran 2019/2020, perpindahan peserta didik (siswa) diatur dalam pada Pasal 35, Pasal 36, dan Pasal 37.

Berikut ini adalah Tata Cara Perpindahan Peserta Didik (Siswa) :

BAB III
PERPINDAHAN PESERTA DIDIK

Pasal 35

(1) Perpindahan peserta didik antar Sekolah dalam satu daerah Kabupaten/Kota, antar Kabupaten/Kota dalam satu daerah Provinsi, atau antar Provinsi dilaksanakan atas dasar persetujuan Kepala Sekolah asal dan Kepala Sekolah yang dituju.

(2) Dalam Hal terdapat perpindahan peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1), maka Sekolah yang bersangkutan wajib memperbaharui Dapodik.

(3) Perpindahan peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) wajib memenuhi ketentuan persyaratan PPDB dan/atau Sistem Zonasi yang diatur dalam peraturan Menteri ini.


Pasal 36

(1) Peserta didik setara SD di negara lain dapat pindah ke SD di Indonesia setelah memenuhi :

a. Surat Pernyataan dari Kepala Sekolah asal;

b. Surat Keterangan dari Direktur Jenderal yang menangani di Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah; dan

c. Lulus Tes Kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan Sekolah yang dituju.

(2) Peserta didik setara SMP, SMA, atau SMK di negara lain dapat diterima di SMP, SMA, atau SMK di Indonesia setelah;

a. menyerahkan Foto Copy Ijazah atau dokumen lain yang membuktikan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan jenjang sebelumnya;

b. Surat Pernyataan dari Sekolah asal;

c. Surat Keterangan dari Direktur Jenderal yang menangani Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah; dan

d. Lulus Tes Kelayakan dan Penempatan yang diselenggarakan Sekolah yang dituju.

Pasal 37

(1) Peserta didik jalur pendidikan nonformal/informal dapat dapat diterima di SD tidak pada level Kelas 1 (satu) setelah lulus tes kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan oleh SD yang bersangkutan.

(2) Peserta didik jalur pendidikan nonformal/informal dapat diterima di SMP tidak pada awal Kelas 7 (tujuh) setelah memenuhi persyaratan;

a. memiliki ijazah kesetaraan program Paket A; dan

b. lulus tes kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan oleh SMP yang bersangkutan.

(3) Peserta didik jalur pendidikan nonformal atau informal dapat diterima di SMA atau SMK tidak pada awal Kelas 10 (sepuluh) setelah;

a. memiliki ijazah kesetaraan program Paket B; dan

b. lulus tes kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan oleh SMA atau SMK yang bersangkutan.

(4) Dalam hal terdapat perpindahan peserta didik dari jalur pendidikan nonformal/informal ke Sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), dan ayat (3), maka Sekolah yang bersangkutan wajib memperbaharui Dapodik.

BACA JUGA :
1. Juknis PPDB 2019/2020 

Catatan :

Pindah Rayon akan dilakukan oleh siswa apabila :
  • SD : apabila sekolah asal beda Kabupaten/Kota dengan sekolah yang dituju;
  • SMP : apabila sekolah asal beda Kabupaten/Kota dengan sekolah yang dituju; dan
  • SMA/SMK : apabila sekolah asal beda Provinsi dengan sekolah yang dituju.
Sehingga pindah rayon diberlakukan hanya terhadap siswa, bukan berdasarkan domisili orang tua. Misalnya sekalipun orang tuanya memiliki KTP dan KK atau tinggal di Kota Bekasi, tetapi siswa sebelumnya bersekolah di DKI Jakarta dan akan melanjutkan sekolah di Kota Bekasi maka wajib mengurus ijin Pindah Rayon. 

Kesimpulannya, Pindah Rayon didasarkan pada kebutuhan siswa dan asal siswa berdasarkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) di daerah A dan akan melanjutkan pendidikan di daerah B. Bukan berdasarkan identitas dan domisili orang tuanya.

Dasar utamanya adalah, NISN atau asal siswa yang bersangkutan ... semoga di mengerti ya ...

Contoh Syarat-syarat pindah rayon :

(syarat ini berlaku bagi siswa luar Kota Bekasi yang akan melanjutkan pendidikan di Kota Bekasi)
  1. Nilai SKHUN/US dan / atau Foto Copy Daftar Kolektif Nilai UN/US yang di Legalisir oleh sekolah asal
  2. Pngantar dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota asal sekolah siswa
  3. Surat Keterangan Domisili / Foto Copy Kartu Keluarga (KK)
  4. Untuk lulusan dari luar negeri wajib mendapatkan Validasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).
  5. Tempat pelaksanaan pelayanan Pindah Rayon dilakukan di Dinas Pendidikan atau di tempat yang ditunjuk oleh Panitia PPDB Online
  6. Proses Pindah Rayon bisa dilakukan secara perorangan ataupun kolektif dari sekolah asal
  7. Pindah Rayon dilakukan saat Pra Pendaftaran PPDB Online
Contoh : Susi adalah siswa SD Negeri Makasar 04 Pagi Jakarta Timur, saat ini dia sudah dinyatakan lulus Kelas VI (Enam). Susi akan melanjutkan pendidikan jenjang SMP di Kota Bekasi. Susi pindah sekolah (Pindah Rayon) mengingat rumah orang tuanya juga berada di Kota Bekasi, tepatnya di Perumahan Harapan Indah, Kelurahan Medansatria, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi. Makanya Susi akan memilih melanjutkan study di SMP Negeri 19 Kota Bekasi yang masih satu komplek dengan tempat tinggalnya. Nah, Susi wajib menyurus surat Pindah Rayon ...

Sudah mengerti kan, tata cara Pindah Rayon ...

ALAMAT PPDB ONLINE :

~ DKI JAKARTA : https://jakarta.siap-ppdb.com/ (SD, SMP, SMA, SMK)

~ KOTA BEKASI :  https://bekasi.siap-ppdb.com/ (SD, SMP)

~ JAWA BARAT : http://ppdb.jabarprov.go.id/ (SMA, SMK, MA)


Semoga adik-adik dan anak-anakku mendapatkan sekolah pilihannya dan dimudahkan dalam prosesnya ya, Insya Allah, Amiin

#BangImamBerbagi #PPDB #PindahRayon #SD #SMP #SMA #SMK #2019

KETENTUAN :

PINDAH RAYON :

SD/SMP = 
~ dari Kabupaten/Kota A ke Kabupaten/Kota B
~ dari Provinsi A ke Provinsi B

SMA/SMK
~ dari Provinsi A ke Provinsi B

194 komentar:

  1. Pak saya mau tanya gimana cara nya kalo mau pimdah rayon dari SDN di Bekasi dan melanjutkan ke SMPN jakarta timur,dan bisakah melalui jalur prestasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek ke sekolah tujuan terlebih dahulu ya

      Hapus
    2. Pa, mau tanya kalau proses pindah rayon dari kota bekasi ke dki bagaimana, sedangkan kk sy dki

      Hapus
    3. Pak, jika saya Dr semarang ingin pindah sekolah sma ke pekanbaru, disemarang saya kelas 9, rencananya abis UN saya mau melanjutkan sekolah ke pekanbaru, apakah harus urus ke dinas/ pindah rayon?? MOHON DIBALAS

      Hapus
    4. Pak, saya mau lanjut sekolah di luar kota dari kota tulang bawang ke metro, tapikan sekarang pakai sistem zonasi jadi kemungkinan gk keterima terus itu harus pindah rayon juga? MOHON DIBALAS

      Hapus
  2. Assalamualaikum bang imam,
    Bang, anak saya dulu SD-nya di Kab Bogor (KTP & KK saya jg Bogor) shg NISN jg Bogor, kemudian saat msk SMP pindah rayon ke Kota Bekasi. Pertanyaan saya, bagaimana nanti saat mau daftar SMA? apakah bisa langsung daftar di Kota Bekasi? atau harus pakai cara pindah rayon? atau harus ke SMA di Kab Bogor?
    Demikian, terima kasih atas bantuannya bang.

    Wassalam
    Widi

    BalasHapus
    Balasan
    1. siswa yang berdomisili di seluruh kab/kota di provinsi jawa barat TIDAK LAGI PINDAH RAYON apabila ingin melanjutkan SMA/SMK/MA di seluruh jawa barat, kecuali ingin sekolah di DKI Jakarta

      Hapus
  3. Assalamualaikum... pak saya mau tanya klo saya mau pindah rayon dari jakarta timur ke bekasi kota, sementara domisili saya di kabupaten bekasi. Bgmn caranya ? Dan apakah bisa ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. istilah PINDAH RAYON itu untuk anak, karena anak sekolah berbasis NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) artinya, jika anak sekolah di Jakarta berarti NISN nya terdaftar melalui Jakarta, kalau mau sekolah di Bekasi ya harus dipindahkan NISN nya, sehingga disebut PINDAH RAYON

      Soal domisili orang tuanya dimana tidak masalah, kalau orang tuanya yang pindah namanya PINDAH KAMPUNG

      Hapus
    2. Pak saya mau tanya kalo saya mau sekolahkan anak saya di Jakarta sementara e-KTP saya di Cikarang Bekasi selatan yg mau saya tanyakan apakah bisa anak saya sekolah di Jakarta Smntara saya ibunya e-KTP nya cikarang

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum pak Imam...
    NISN anak saya terdaftar saat SD di Depok. Saat SMP dia sekolah di Jakarta. Sekarang SMA mau lanjutkan ke Depok lagi. Apakah perlu pindah rayon? Mengingat nisn nya dulu terdaftar di Depok.

    Ohya...KK ortu Depok, utk kasus asal sekolah luar propinsi begini (DKI) Apakah terkena aturan kuota ya utk yg 2017 ini...
    Mohon info jika berkenan...

    Salam

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Pak Imam..
    Sekolah asal anak saya adalah SMP Jakarta Timur, namun KK kali adalah CIbubur (Jawa Barat).. apakah dia saat mendaftar di SMN JAkarta timur terhitung Luar Rayon atau termasuk Dalam Rayon.. Saya agak bingung karena saat daftar PPDB KK merupakan syar utama untuk bisa mendaftar... Syukron atas pencerahannya. Salam - Ichsan

    BalasHapus
  6. Assalamu alaikum warahmatullah wabarakatu pak imam
    Yang saya mau tanyakan ngimana cara pindah rayon. Anak saya smpnya di bekasi dan dia mau melanjutkan sma di makassar.kedua orang tuanya ktp dan kk kota bekasi. Di makassar ada keluarga bapaknya. Ngimana cara dan apakah bisa... Demikian terima kasih atas bantuannya pak imam
    Wassalam
    Baronsky

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, urus surat pindah rayon nya dari bekasi, di makassar ikut wali (pengganti orang tua)

      Hapus
  7. Pak saya asal sekolah dr jakarta tapi kk saya Depok, kalau mau sma di depok tp pindah rayon kena kuota 5% tdk pak? Lalu kalau tdk pindah rayon sekolah di jakarta kena kuota 5% tdk pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekolah di Depok ya PINDAH RAYON, kalau sekolah di Jakarta bebas, karena sebelumnya merupakan siswa Jakarta

      Hapus
  8. Assalamualaikum Pak. Sekolah anak sy DKI (Jkt Tmr) domisi Kab. Bogor (Bogor). Pertanyaan sy kalau nilai NEM ngepas apakah domisi jadi pertimbangan ya? Berhubung sekolah yang diminati dekat dari rumah. Saya ngeri berhubung itu kan sekolah favorit dan anak sy kan asal sekolah dr luar kabupaten meskipun rumah atau KK kab Bogor. Gimana itu ya, Pak? Mohon penjelasannya. Trm ksh byk sebelumnya.

    Blog Bapak penjelasannya detail dan mudah dimengerti. Sy merasa banyak terbantu setelah baca mengenai postingan passing grade begitu juga dgn postingan pindah rayon. Jujur penjelasannya nggak setengah2 menurut saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. luar daerah (siswa DKI Jakarta) yang mau pindah sekolah SMA/SMK/MA dan sederajat ke Jawa Barat kuota nya cuma 5% dari total daya tampung, cek saja dulu sudah berapa yang pindah rayon ke sekolah tersebut apakah sudah melebihi 5%, kalau lebih perlu hati-hati, kalau masih kurang ya aman...

      Hapus
  9. Pak saya mau tanya adik saya baru tamat sd d palembng dan akan meneruskan sekolah di batam
    Ini harus pinda rayon kn pak
    Terus syarat2nya apa aja pak

    BalasHapus
  10. Berapa lama pengurusan pindah rayon ya pak? Mengingat jadwal penerimaan mepet...

    BalasHapus
  11. Berapa lama ya pak pengurusan pindah rayon dari DKI ke Kota Bekasi? Mengingat jadwal sangat mepet...

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum
    Pak anak saya sekarang kelas 2 sd di jakarta. Mau pindah ke sd bekasi masuk kelas 3. Gimana caranya ngurusnya ya pak, dan syarat apa saja yg di butuhkan.

    BalasHapus
  13. Pak anak saya sekarang kelas 2 sd di cengkareng, mau pindah sekolah ke sd buni bakti,babelan masuk ke kelas 3. Gimana cara ngurusnya dan syarat apa saja yg harus saya siapin. Mhon info nya

    BalasHapus
  14. Bang imam,saya mau tanya kalo di syarat pindah rayon itu ada f1 dan f2.itu apa yah?terima kasih

    BalasHapus
  15. Pak, kalau adik saya mau pindah sekolah dari smp swasta di kecamatan A ke smp negeri di kecamatan B. Apakah bisa? Karena menurut dinas kota Bekasi jika masih satu rayon tidak bisa pindah. Mohon jawabannya terimkasi

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Pak, kami sekeluarga ber KK jakarta, tp sudah 4 tahun ini tinggal dan anak2 sekolah di Cibinong
    Sekarang anak saya lulus SD (dicibinong) dan hendak melanjutkan SMP di Cibinong juga, apakah dia perlu pindah rayon? Dan apakah anak saya akan dihitung sebagai kuota pendaftar luar daerah?
    Mengingat ada info yg bilang bahwa sistem zonasi hanya akan melihat alamat KK tanpa melihat lokasi sekolah asal?
    Mohon arahannya, karena saat ini kami sedang bingung mengingat info yg simpang siur karena minim sosialisasi dan waktu pendaftaran yg pendek..
    Terima kasih sebelumnya, atas jawaban dan perhatiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIDAK PINDAH RAYON, UNTUK ZONASI MEMANG SYARAT SALAH SATUNYA KK

      Hapus
  17. pak ijin bertanya, adek saya dr smpn 74 dki jakarta ingin melanjutkan sma di bekasi. Kartu Keluarga kami bekasi. apakah perlu pindah rayon atau tidak? terimakasih

    BalasHapus
  18. pak, kalau saya asli SMA Negeri di Depok kelas 11, saya mau pindah ke SMA Negeri di bekasi gitu pindah rayon juga atau tidak? mohon di balas krn saya sama sekali belum paham. terimakasih

    BalasHapus
  19. pak, kalau saya asli SMA Negeri di Depok kelas 11, saya mau pindah ke SMA Negeri di bekasi gitu pindah rayon juga atau tidak? mohon di balas krn saya sama sekali belum paham. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pindah sekolah saja, tidak pindah rayon

      Hapus
    2. Asalamualaikum pak saya mau tanya saya dan keluarga saya kartu keluarga nya jawa barat pak
      Tapi adik saya sekolah smp di jakarta
      Terus dia sekarang mau masuk smk di jakarta juga
      Terus harus pindah rayon lagi gitu pak apa gimana?

      Hapus
  20. cara untuk mendaftar bangku kosong bagaimana ?

    BalasHapus
  21. Pak bagi link contoh form pindah rayon dong
    Terimakasih

    BalasHapus
  22. Pak..... Kalo kartu keluarga baru jd sekitar bulan mei 2017.. kenapa TDK bisa ikut PPDB di SDN kota bekasi

    BalasHapus
  23. Anak saya mau masuk sdn di depok, tapi ga bisa kalo ga pake kk asli depok, kenapa ya?

    BalasHapus
  24. assalamualaikum mas Imam, jika SD di bekasi, tetapi KK ortu di Jakarta, ingin melanjutkan SMP di bekasi, seleksi masuk lewat jalur mana ya, umum luar kota, umum dalam kota atau zonasi, terima kasih

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum mas Imam, jika SD asal Bekasi ingin melanjutkan SMP di bekasi, tetapi KK ortu Jakarta, seleksi masuknya lewat jalur umum dalam kota, jalur umum luar kota, atau zonasi, terima kasih

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum pak,
    Mau tanya , keponakan saya lahir di bekasi tp ikut neneknya dr kecil dan sekolah SD di solo , KK ortunya bekasi kalau mau lanjut SMP di solo perlu pindah rayon kah? Mohon penjelasan. Terimakasih

    BalasHapus
  27. Bang kalo mau pindah rayon katanya nemnya dikurangi ?

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum, anak saya sekolah kan Purbalingga Jawa Tengah, mau pindah sekolah di gunung sindur bogor, kk+ktp Purbalingga, apakah bisa pindah sekolah ke gunung sindur, mengingat kk+kk Purbalingga...... Mengingat saat ini pekerjaan saya di daerah Gunung sindur.. Mohon pencerahan nya.. Terima kasih...
    Wassalamu'alaikum...

    BalasHapus
  29. Selamat sore bang... Anak sya kelas 4 sd di samarinda kaltim saat ini (kk dan ktp terdaftar domisili samarinda) krn memang menetap disamarinda, saya ingin pindahkan ke sd di desa yg berada di kab. Malinau kaltara bersama kakek dan neneknya yg menetap dsna. (Pindah sekolah sebelum semester ini) yg ini jelas pindah rayon ya bang? Dan kira2 ribet atau tidak berhubung bukan pada saat lulusan/kenaikan kelas? Dan rencana jika tamat sd dsna akan melanjutkan smp kembali di samarinda lg itu jg pindah rayon lagi ya bang? Trims atas responnya. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya ke sekolahnya langsung yang akan dituju, kalau sekolahnya bersedia menerima silahkan, ini wewenang sekolah, dari dinas cuma surat pengantar

      Hapus
  30. Pak saya mau tanya kalo saya mau sekolahkan SD anak saya di Jakarta apakah bisa?sementara e-KTP saya Cikarang Bekasi selatan

    BalasHapus
  31. Tanya pak, anak sy sebelumnya SD kelas 1 di Depok, sekarang pindah ke SD di serang dengan mengulang daftar baru lagi kelas 1.. Apakah itu pindah rayon juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jenjang SD/SMP pindah beda kabupaten/kota pindah rayon, kalau masih di kota yang sama tidak

      SMA/SMK beda provinsi pindah rayon, kalau masih satu provinsi tidak

      Hapus
  32. Assalamu'alaikum, pak. Saya seorang siswa SMP kelas 9 yang bersekolah di salah satu SMPN kabupaten Bandung Jawa barat. Akan tetapi, saat saya lulus SMP nanti, ibu saya akan pindah ke kota Banjar Jawa barat sedangkan ayah saya masih di Bandung untuk kontrak kerjanya. Nah, katanya, kartu keluarga, KTP ayah dan ibu saya akan berubah menjadi di Banjar yang artinya kk dan KTP di Bandung mereka akan di tarik (?). Lalu, apakah saya bisa melanjutkan sekolah di Bandung bersama ayah saya (saat KTP dan Kartu keluarga sudah di ganti)?

    BalasHapus
  33. Assalamu'alaikum, pak. Saya seorang siswa SMP kelas 9 yang bersekolah di salah satu SMPN kabupaten Bandung Jawa barat. Akan tetapi, saat saya lulus SMP nanti, ibu saya akan pindah ke kota Banjar Jawa barat sedangkan ayah saya masih di Bandung untuk kontrak kerjanya. Nah, katanya, kartu keluarga, KTP ayah dan ibu saya akan berubah menjadi di Banjar yang artinya kk dan KTP di Bandung mereka akan di tarik (?). Lalu, apakah saya bisa melanjutkan SMA di kota Bandung bersama ayah saya (saat KTP dan Kartu keluarga sudah di ganti)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sekolah SMA/SMK se Jawa Barat tidak pindah rayon... jenjang SMA/SMK pindah rayon apabila beda provinsi, kalau antar provinsi tidak pindah rayon, silahkan..

      Hapus
  34. Pak, anak saya sekolah di smp cikarang dan akan melanjutkan di sma cikarang sedangkan ktp dan kk saya Jakarta, apakah harus pindah rayon dulu? Mohon penjelasannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIDAK PERLU, HANYA SAJA KALAU DAFTAR ONLINE (PPDB) ANAK BAPAK MASUK JALUR SISWA LUAR BEKASI

      Hapus
  35. Pak saya mau tanya.bagaimana kalau anak yg mau sekolah negri tapi tidak ada kk.karena dia lahir dan warga asing.apa ada solusinya.sedangkan saya inginnya anak saya sekolah negri .apakah juga bisa pindah rayon tanpa kk.saya ada kk ikut ibu saya karena dulu menikah di luar negri jadi indonesia tdk ada tertulis sdudah menikah.

    BalasHapus
  36. Pak saya mau tanya.bagaimana kalau anak yg mau sekolah negri tapi tidak ada kk.karena dia lahir dan warga asing.apa ada solusinya.sedangkan saya inginnya anak saya sekolah negri .apakah juga bisa pindah rayon tanpa kk.saya ada kk ikut ibu saya karena dulu menikah di luar negri jadi indonesia tdk ada tertulis sdudah menikah.

    BalasHapus
  37. Pak saya mau tanya.bagaimana kalau anak yg mau sekolah negri tapi tidak ada kk.karena dia lahir dan warga asing.apa ada solusinya.sedangkan saya inginnya anak saya sekolah negri .apakah juga bisa pindah rayon tanpa kk.saya ada kk ikut ibu saya karena dulu menikah di luar negri jadi indonesia tdk ada tertulis sdudah menikah.

    BalasHapus
  38. Pak saya mau tanya.bagaimana kalau anak yg mau sekolah negri tapi tidak ada kk.karena dia lahir dan warga asing.apa ada solusinya.sedangkan saya inginnya anak saya sekolah negri .apakah juga bisa pindah rayon tanpa kk.saya ada kk ikut ibu saya karena dulu menikah di luar negri jadi indonesia tdk ada tertulis sdudah menikah.

    BalasHapus
  39. Pak saya mau tanya.bagaimana kalau anak yg mau sekolah negri tapi tidak ada kk.karena dia lahir dan warga asing.apa ada solusinya.sedangkan saya inginnya anak saya sekolah negri .apakah juga bisa pindah rayon tanpa kk.saya ada kk ikut ibu saya karena dulu menikah di luar negri jadi indonesia tdk ada tertulis sdudah menikah.

    BalasHapus
  40. Saya mau tanya, saat ini anak saya sekolah kelas 9 di tambun bekasi, dan rencananya akan pindah ke malang tahun depan bagaimana prosedurnya apakah harus mengajukan permohonan pindah belajar atau nanti pindah rayon saat lulus ke SMA, terimakasih.

    BalasHapus
  41. Pak saya mau tanya. Kalau mau ngelanjutkan sekolah ke kabupaten lain tapi masih satu provinsi. Apa harus urus surat pindah rayon

    BalasHapus
  42. Pak saya mau tanya. Kalau mau ngelanjutkan sekolah ke kabupaten lain tapi masih satu provinsi. Apa harus urus surat pindah rayon

    BalasHapus
  43. Pak maaf mau tanya... Anak saya sd asal di kota bekasi mau ke smp negeri kab bekasi karna kk kabupaten, juga pindah rayon kah? Terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pindah rayon, maksud dari pindah rayon itu adalah :

      SD, SMP : apabila siswa A bersekolah di daerah Kabupaten X dan ingin melanjutkan ke Kabupaten/Kota Y

      SMA/SMK : apabila siswa A bersekolah asal di daerah Provinsi X dan akan melanjutkan ke Provinsi Y maka WAJIB PINDAH RAYON

      Hapus
  44. Pak Saya mau tanya, KK saya Jakarta tapi kami tinggal di Bekasi. SMP anak saya di Bekasi dan akan lanjut SMA juga di Bekasi. Apakah bisa langsung daftar di PPDB SMAN Bekasi? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  45. pak mau tanya. kalau adik saya mau pindah rayon dari yang smp nya didepok jadi ke sma tangsel, kalau sudah urus surat pindah rayon, kuota yang didapat 5% atau 90% ya? dan misalkan adik saya pindah kk ke saudara saya yang ada ditangsel dan nantinya akan tinggal ditangsel, apakah kuotanya akan dapat kuota tangsel yaitu 90%? terima kasih

    BalasHapus
  46. Pak saya mau tany KTP n KK alamat kayuringin bekasi.
    Anak saya tahun ini ingin masuk SD N wanasari bekasi.
    Apakah saya perlu pindah rayon wanasari ? Mohon penjelasannya.
    Terima kasih pak

    BalasHapus
  47. Pak saya mau bertanya KTP n KK beralamat kayuringin bekasi.
    Anak saya thn ini ingin masuk SDN wanasari bekasi.
    Apakah saya harus pindah rayon wanasari ?
    Mohon penjelasannya pak.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau baru masuk SD Kelas 1 tidak pindah rayon, misal sudah Kelas 1 di Kota Bekasi mau masuk ke Kelas 2 di Kabupaten Bekasi baru PINDAH RAYON

      Hapus
  48. Kalai sya mau sekolah di Cilegon terus alamat kk sya Serang harus pindah rayon ga si?

    *Tolong jawab
    Terimakasih

    BalasHapus
  49. Kalai sya mau sekolah di Cilegon terus alamat kk sya Serang harus pindah rayon ga si?

    *Tolong jawab
    Terimakasih

    BalasHapus
  50. Assalamu'alaikum pak.
    Mohan pencerahannya, anak saya SMP di Bogor dan mau melanjutkan SMU di Bogor juga, tapi KTP dan KK saya DKI, apakah dapat kuota dalam provinsi atau kuota luar Provisi? Sebelum dan sesudahnya saya haturkan terimakasih. Salam

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum Pak,
    Mohon pencerahan nya,anak saya SMP di Bogor dan ingin melanjutkan SMU di Bogor juga, sedangkan KK dan KTP saya DKI,apakah masuk kuota dalam Provinsi atau kuota luar Provisi. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terimakasih. Salam

    BalasHapus
  52. Assalamu'alaikum Bang Imam,
    Mohon pencerahan nya,anak saya SMP di Bogor dan ingin melanjutkan SMU di Bogor juga,sementara kk dan KTP saya DKI,apakah masuk kuota dalam provinsi atau kuota luar Provisi. Terimakasih Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam provinsi pak, cuma bapak tidak mendapatkan jatah tambahan poin zonasi

      Hapus
  53. Asslmkm..mau nanya bgmn dg anak saya yg berasal dr pangkalpinang..tp beda kecamatan .jk mau pindah k sklh yg bukan zonasinya mk nilainya dikalikan 0.7..jadi berkurang nilainya 9 angka..akhirnya nilainya dr 34 bisa sisa 25 dan kemungkinan nilai segitu bs kalah bersaing dg yg sesuai zonasi..apakahsama aturannya spt itu..bolehkah?
    Mksh wasslm

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai tidak akan pernah dikurangi lo, yang ada ditambah atau tetap

      Hapus
  54. Assalamualaikum pak,sy ingin bertanya kalau KTP dan KK beralamat di kab.Tangerang, tapi anak sy ingin masuk SDN di daerah kab.Bandung Barat berarti perlu urus surat pindah rayon ya pak? Kalau ingin masuk sekolah swasta di daerah kab.Bandung barat perlu urus surat pindah rayon juga tdk pak? Mohon informasinya,terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAU SWASTA ATAU NEGERI WAJIB PINDAH RAYON, AGAR NISN ANAK BAPAK/IBU TERDAFTAR DI SEKOLAH TUJUAN

      Hapus
  55. Pak mau tanya ...anak saya skrg skolah d smp 20 bekasi kls 7 rencana mau pindah kls 8 k smp 12 bekasi sdgkan kk sy jakarta . NISN keluaran bekasi , apakah KK mempengaruhi ?

    BalasHapus
  56. Mohon informasi cara Pindah Rayon : anak saya tadinya sekolah SMP Tafiz Quran kelas 7 di Cibinong kenaikkan kelas pindah ke sekolah Bekasi (tempat tinggal orang tuanya KTP Bekasi). Dari sekolah SMPIT di Pekayon Jaya Bekasi diminta surat pindah Rayon dari Cibinong. Mohon penjelasanya, bagaimana pengurusan surat suratnya, atas jawabannya saya mengucapkan banyak terimakasih

    BalasHapus
  57. adik saya SD dijkt. lalu pas kls 5 pindah sekolah ke Bangka belitung. nah pas lulus SD ini mau online sekolah SMP di jakarta lg. itu gimana yah. thx

    BalasHapus
  58. Assalamualaikum,
    Saya mau tanya,jika daftar sd tapi kk belum jadi,apa dikenakan biaya yg cukup mahal?

    BalasHapus
  59. Ass mau tanya dong adik saya saat ini sekolah di margahayu bekasi & kami mau pindah rumah ke daerah citra indah cileungsi bogor.. Klo mau pindah rayon gimana caranya. Cari sekolah yg dituju & siap terima atau gimana berhubung ambil raportnya besok

    BalasHapus
  60. Gimana kalo udah ngurus surat pindah nya untk pindh provinsi tapi pengen kembali ke provinsi asal bisa ngaak?

    BalasHapus
  61. assalamu'alaikum pak..saya mohon penjelasannya..saat ini anak sy kenaikan kelas 6 di kabupaten bogor tepatnya cileungsi.rencana lulus kelas 6 akan ke smp di jakarta selatan..kk kami dki jakarta.mohon saran dan bantuan penjelasannya..terimakasih..wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anaknya harus pindah rayon karena akan dipindahkan NISN dari Kab. Bogor Provinsi Jawa Barat ke Provinsi DKI Jakarta

      sebab saat ini anak ibu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) nya masih terdaftar di Bogor, agar bisa bersekolah di DKI Jakarta harus dipindahkan saat akan memilih sekolah di DKI Jakarta (pindah rayon)

      dengan KK DKI Jakarta anak ibu akan mendapatkan posisi coba cek di PPDB DKI Jakarta

      Hapus
  62. Ass..pak,mau nanya dong.ank sy berseklh sd di kota bekasi dan akan melanjutkan ke kab bekasi.semntara kk dan ktp sy dki.untuk melanjtkan ke smp kab nanti ank sy di kenakan jalur umum dlm kota apa luar kota ya? Mksh sblmnya

    BalasHapus
  63. Ass pak, mau tanya kalau anak saya bersekolah di sidoarjo tetapi kk nya surabaya dan akan bersekolah di jawa tengah itu bagaimana? Tolong bantu ya, trmksi

    BalasHapus
  64. Ass pak,mau tnya anak saya sekolah SD di propinsi BANTEN tapi alamat kk saya di kota batam,tapi ingin masuk SMP di banten gimana caranya ea pak,makasih

    BalasHapus
  65. Assalamu'alaikum pak.saya tinggal di Tangerang.anak saya kemarin pindah rayon SMP di Jambi tapi gk betah dan pingin pindah ke Tangerang lagi.gimana caranya?dan apakah bisa di sini masuk ke SMP 1 lagi

    BalasHapus
  66. Pak maaf saya mau tanya, kalau anak saya sdh bersekolah kelas 1 di sdn bekasi, akan tetapi kelas 2 mau saya pindahkan ke.sekolah swasta di bekasi juga, apakah ini bisa di blg pindah rayon? Dan kalau tidak apa prosedur serta persyaratannya, mhn jawabannya, mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. SD di Kota Bekasi antar negeri dan swasta bukan pindah rayon, dan SD di Kabupaten Bekasi antar negeri dengan swasta juga bukan pindah rayon

      Hapus
  67. Ass..pak sy mo tanya sy da rencana awal semester 2 sy ingin memindahkan sekolah anak sy kls 5 dr kota Tangerang ke kab Tangerang syarat apa saja pak kira2 ribet gak.terimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  68. Saya domilisi wilayah bojonggede bogor begitupun anak saya sekolah SD di wilayah bogor namun ktp dan kk masih beralamat lama yaitu DKI... yang ingin saya tanyakan apakah bisa anak saya mendaftar smp wilayah bogor. Tks

    BalasHapus
  69. Anak saya sekolah SD di kabupaten Bogor tinggal dikabupaten.Tp KK kota Bogor mau masuk SMP kota ini persyaratan dari KONI karna anak saya atlit kota Bogor.Bagaimana pak harus pindah rayon jg gak ya.Terimakasih.

    BalasHapus
  70. Assalamualaikum Pak mohon bertanya,
    Anak sy sekolah di SMP cibinong klas 9, kalau lulus ingin pindah sekolah smu negeri di Jakarta, cara pendaftarannya memakai jalur yg mana, apakah hrs pakai pindah rayon, Krn KTP,KK kita semua DKI Jakarta, Terimakasih.. Wassalam

    BalasHapus
  71. Bismillah.. .
    Anak sy kelas 7 di ponpes jonggol saat ini di semester 2 sdh pindah ke Tangerang. Pihak sekolah minta saya unt urus pindah Rayon, kedua sekolah tab swasta. Mohon arahannya dan persyaratan bila harus urus pindah rayon.
    Terima kasih

    BalasHapus
  72. Assalamualaikum pak,Saya mau nanya.Saya kls 9 MTs sekolah Kab Tegal rencananya entar pas SMK mau ngelanjut di Cibitung Kab Bekasi(Ngikut tmpt tinggal ortu) tetapi Kk ke2 ortu saya asli Kab Tegal.Apakah itu perlu ngurus surat rayon? Trs ngurus surat rayon ribet atau tidak? Mohon penjelasannya/Arahannya
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pindah rayon dari Tegal ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang menangani SMA/SMK

      Hapus
  73. Anak saya sekarang kelas 6 sd jakarta timur. Rencananya mau ambil smpn di jakarta barat. Apakah tetap harus pindah rayon utk PPDB 2019 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih sama2 di jakarta tidak pindah rayon, silahkan pindah bebas

      Hapus
  74. Mohon informasinya, kalau asal sekolah di depok dan ingin melanjutkan ke smp depok hanya saja kk jakarta, untuk ppdb masuk 2019 mana ya? apakah dalam zona atau luar zona dan opsi pilihan sekolahnya 1 atau 2?

    BalasHapus
  75. Assalamualaikum Pak, mohon informasi...anak sya domisili dan kk di kota bekasi, waktu sekolah dasar di Negeri bekasi lalu diterima di smp negeri jakarta dengan kuota 5%, kemudian ingin melanjutakan ke sma negeri dikota bekasi
    pertanyaan saya
    1. Apakah harus pindah rayon bila akan melanjutkan ke sma negeri dikota bekasi
    2. Kalau sudah pindah rayon apakah masuk dengan kuota 5% Juga untuk masuk ke sma negeri kota bekasi
    3. Atau dengan jalur zonasi
    Terimakasih banyak Pak, mohon infonya

    BalasHapus
  76. Pak,sy mau nanya kan ank sy waktu SD dari kelas 1 smpai kelas 5 SD d jakarta terus pas kelas 6 nya anak saya pindah k kota bogor skarang dy udah mau lulus terys seandai ny dy sekarang mau masuk SMP jakarta lagi gimana cara ny iya pak....
    Terima kasih sebelum ny

    BalasHapus
  77. Assalamu'alaikum pak maaf saya mau tanya nih. Saya berasal dari Lampung nah tepatnya kota metro(SMPN4METRO). Sekarang saya kelas 9 rencananya mau melanjutkan sma di Jakarta karena kakak" saya merantau di Jakarta semua. Cara nya gimana ya pak karena passing grade nya terlalu tinggi merasa berat buat masuk. Solusinya saya harus ngurus apa pak?
    Terima kasih pak

    BalasHapus
  78. Assalamualaikum pa,saya mau tanya anak saya sebentar lagi lulus smp di daerah jakarta timur dan setelah lulus rencananya mau pindah sekolah di sma 1 caringin bogor, domisili tinggal ktp orang tua dan kk daerah bekasi. pertanyaannya :
    apakah harus pindah rayon bila akan melanjutkan ke sma 1 caringin bogor dan apakah masuk kuota 5% untuk siswa tersebut, mohon informasinya terimakasih

    BalasHapus
  79. Assalamualaikum, pak saya mau tanya untuk mengurus pindah rayon tahun ini kira-kira kapan waktu mulainya ya pak, sya baca salah satu jawaban bahwa kalau kita daftar baik swasta atau negeri tetap mengurus pindah rayon, apa benar pak?

    BalasHapus
  80. Pak, saya SD di Bekasi, SMP saya pindah di Bekasi(sudah pindah rayon), rencananya setelah SMP saya mau SMA di Bekasi lagi, itu gimana pak?

    BalasHapus
  81. Assalamualaikum pak
    Saya mau tanya
    Anak saya sekolah dasar lulusan sd 03 rawasari jakpus dan ingin melanjutkan ke smp . Sedangkan kk dan ktp saya kota bandung.,apa bisa anak saya melanjutkan smp nya di jakarta juga ?? Apa ada syarat tertntu agar kk dan ktp saya tdk dimasalahkan saat untuk mendaftar??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, baca link ini ya :

      http://bangimam-berbagi.blogspot.com/2019/01/ini-acuan-ppdb-2019.html

      Hapus
  82. Anak saya smp dibekasi mau daftar sma dibekasi sementara ktp dan kk saya depok,jalur ppdb yg mana yg hrs saya pilih untuk pendaftarannya?

    BalasHapus
  83. Assalamu'alaikum pak
    Mohon info
    Anak saya SD di tangerang kemudian MTS di magelang dan sekarang akan melanjutkan sma/smk d karawang,apa saja yg harus saya persiapkan?

    BalasHapus
  84. Pak saya mau nanya adek saya sekarang kelas 2 sma riau mau pindah ke sma di kepulauan riau,,,apa pakai surat pindah rayo

    BalasHapus
  85. Pak saya mau nanya
    adek saya lulusan smp tahun ini d padang,
    Dan mau masuk smk d subang.. Sedangkan Ibu saya kk jakarta.
    Apa saja yg harus dipersiapkan buat buat pindahan adek saya pak?
    Terima kasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  86. Pak saya mau nanya
    adek saya lulusan smp tahun ini d padang,
    Dan mau masuk smk d subang.. Sedangkan Ibu saya kk jakarta.
    Apa saja yg harus dipersiapkan buat buat pindahan adek saya pak?
    Terima kasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  87. pak saya mau tanya anak sy dl sklh smp ya d jombang dan skrng sma ya mau d kaltim itu gmn ya pak persyaratanya

    BalasHapus
  88. Pak sya tinggal d tangerang,, saya mau tanya anak saya klas 6 SD d jawa tengah,dan mau nglanjutin SMP d tangerang...syarat²nya apa saja ya pak

    BalasHapus
  89. Pak anak saya sekolah d smp bandung barat.. Sedangkan ktp kk saya jateng.. Apa bisa anak saya sekolah di sma kab banfung barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ada 3 jalur PPDB :
      1. Jalur Zonasi
      2. Jalur Prestasi
      3. Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali

      Hapus
  90. Assalamualaikum.wr.wb
    Anak saya dari mts di banyuwangi propinsi jatim.
    Mau melanjutkan ke MAN di tangerang.
    Apa juga perlu mengurus pindah rayon.

    BalasHapus
  91. Selamat Malam Pak

    Pak saya ingin bertanya, saya punya ponakan yang sekarang sudah lulus SMP dan ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu SMA.

    Pertanyaan saya adalah Keponakan saya ingin melanjutkan SMA favorit di Jakarta yang dimana sekarang Ia berdomilisi di Pekanbaru (Riau), apakah hal tersebut memungkinkan ? dan apa saja yang harus dilakukan ? apakah tidak harus pindah rayon ?

    Mohon petunjuknya saya ingin mewujudkan impian Keponakan saya

    BalasHapus
  92. Assalammualaikum pak...
    Sya mau tnya...ank sy thn ajarn baru ini mau msuk SD. KK sya masuk di jaktim.
    Krn sya dagang di daerah jaksel..sya tinggal di rmh ortu di jaksel.
    Apakah ank sya bs dftar sklh di jaksel.
    Mhon petunjuknya pak.
    Sblmnya dansesudahnya sy haturkan bnyk trmksh
    Wassalam

    BalasHapus
  93. Assalamualaikum maaf saya mau tanya kalo mau urus surat pindah dari Bogor Jawa barat bagaimana anak saya mau naik kelas dua.saya mohon penjelasannya.tetimakasih

    BalasHapus
  94. Assalamu'alaikum..Maaf pak saya mau tanya kalau anak sekarang kelas 9 bersekolah di SMPN Madiun jawa timur dan tahun ini lulus, ingin melanjutkan sekolah SMK di DKI Jakarta, KK dan KTP orang tua sudah DKI Jakarta semuanya, apakah anak saya harus pindah rayon apa tidak pak? Mohon penjelasannya ya pak..Terima kasih

    BalasHapus
  95. Assalamualaikum...pak/bu saya mo nanya skrg anak saya kls 3 mo naik ke kls 4 dia sklh dibogor ingin melanjutkan ke DKI tp KK n KTP saya DKI bagian JakBar tetapi anak saya ingin sekolah du jakarta pusat apakah itu pindah rayon apa tidak pak.? Sblm n ssdhya saya ucapkan terima kasih mohon dijelaskan

    BalasHapus
  96. Assalamualaikum...maaf pak saya mau bertanya,saya kan sudah lulus kelas 9 diSMP kota jombang,JATIM. Nah KK saya ikut KK BOGOR karena orang tua saya disana tetapi saya dari kecil sudah ada di Jombang,JATIM ikut dengan kakek nenek saya dan saya akan melanjutkan SMA di kota JOMBANG,JATIM juga pak apakah domisili Orang tua saya yang di bogor akan berpengaruh dengan ppdb kota JOMBANG,JATIM pak?mohon pencerahannya pak soalnya orang tua saya dan keluarga saya baru mengurusi perpindahan saya kejombang sini pak dari bogor,soalnya memang dari kecil sudah ada diJOMBANG,JATIM pak cuma ya belum pindah penduduk dari dulu disini dan masih ikut Kk BOGOR,dan masih bingung dengan ketentuan ppdb yg sekarang,mohon dibalas pak

    BalasHapus
  97. Assalamu'alaikum. Mohon penjelasan/saran. Anak sy saat ini lulus SD Tasikmalaya, sy mendapat surat mutasi dari kantor ke Makassar. Bagaimana caranya kalau mau langsung melanjutkan ke SMP Makassar. Atau lebih mudah kalau satu semester bersekolah SMP Tasikmalaya dulu, baru semester II urus kepindahkan ke SMP Makassar. Terima kasih atas jawaban/sarannya.

    BalasHapus
  98. pak saya mau tanya anak saya dari mts jawa tengah mau pindah ke smp swasta batam apa harus pindah rayon juga dan kk nya sedang di urus masuk kk saudara kami mohon jawabannya terimakasih

    BalasHapus
  99. Salam......Pak saya mau tanya .tahun ini insyallah anak sy lulus SD di kabupaten serang..dan berencana meneruskan SMP di kotamadya Cilegon atau pindah rayon..domisili/rumah sy di kotamadya cilegon saat ini .mohon info bagaimana caranya...

    BalasHapus
  100. Assalamualaikum pa, saya mau tanya, saya kan taun ini lulus smp, dan saya berencana sekolah di SMAN bekasi,domisili saya jga di bekasi, dan saya smp jga di bekasi, tetapi (KK) saya di jakarta, apakah harus pindah rayon dulu tidak,dab jga sebailik nya, klo saya SMAN nya mau di Jakarta apakah hars pindah rayon dulu tidak walaupun kk saya memang Jakarta, terima kasih,tolong di jawab ya pa,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak usah, pindah rayon itu pindah sekolah dari daerah A ke daerah B

      Hapus
  101. Pak anak saya lulus smp swasta SPK di jakarta dan mau meneruskaan sekolah SMA negeri dijakarta tapi KTP saya kota depok apa anak saya daftar SMA masuk jalur reguler atau kena zona berhubung KTP KK kami di depok.mksh pak

    BalasHapus
  102. Pak saya mau tanya.....ank saya dari kecil ikut sama neneknya di sumberan daerah wiyung dan sekolah d smpn 16 bogangin...N kk saya wil tambak sari ank saya ingin sekolah d sma 22 dekat dgan rumah neneknya ....apa saya perlu mbuat surat domisili untuk mendaftar d sma yg di tuju ank saya...??? trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk SMA/SMK masih dalam 1 provinsi dengan SMP awal tidak perlu pindah

      Hapus
  103. Pak saya mau nanya...ini anak saya skolah dibekasi naik kelas 6 sd mau pindah skolah kls 6 sd ke sd bogor kira2 harus pindah rayon gak...terus persyaratannya apa saja klo pindah rayon ke sd bogor

    BalasHapus
  104. Permisi Pak...

    Pak saya mau tanya
    KK dan ktp ortu saya kan di Kec.Tarumajaya(Kab.Bekasi), lalu SMP asal saya di Kec.Medan Satria
    Jika ingin masuk ke SMKN 49 Jakarta kan Harus pindah rayon pak..
    Lalu Caranya untuk mengurus pindah rayon bagaimana pak?
    Kalau yg saya dengar, kita harus ke Pemda Kab.Bekasi yang di Cikarang
    Apa harus langsung datang kepada PEMDA Kab.Bekasi? Jika iya, apa saja ya pak cara caranya?


    Trimakasih pak...

    BalasHapus
  105. Pak, kalau semisal saya kelas 9 dari Kab Mojokerto ingin melanjutkan SMA ke sekolah ke Surabaya,apakah perlu membuat surat domisli? KK saya Mojokerto, terimakasih

    BalasHapus
  106. Ass. Pak, anak saya lulus MTS Swasta dari Kota Tangerang, dan akan melanjutkan ke SMA Negeri di Kota Cilegon ikut orang tua (saya) KK Cilegon, mohon informasi zonasi SMA Negeri di cilegon. Terima kasih.

    BalasHapus
  107. Teman saya ada yang mau curang dalam ppdb. Dia mau pindah kk agar dekat dengan sekolah yang dituju. Lan kalau berdomisili kurang dari 1th kan nggak busa, tapi dia melakukan kecurangan dengan cara memanipulasi tanggal pembuatan kk. Misal, kk tersebut dibuat di tahun 2019 tapi ditulisnya dicetak pada tahun 2017. Seperti itu apakah boleh? Apakah tidak bisa diketahui pihak sekolah? Apakah tidak ada sanksinya?

    BalasHapus
  108. Pak izin bertanya. Sepupu saya dulu kelas 2 SMP di kab bogor (ikut ortu KK kab bogor) lalu kelas 3 SMP pindah sekolah (ikut tante) di kota Semarang dan skrang sudah lulus dari SMP kota semarang. Nah pertanyaannya kalau lanjut sekolah SMA di kab. Bogor perlu mengurus pindah rayon atau tidak ya pak? Mohon pencerahannya pak. Terimakasih :)

    BalasHapus
  109. Susi Prasetyo8 Juni 2019 22.35

    Pak Imam..
    Saya KK Jateng, anak saya akan masuk TK di DKI. Misal anak saya sudah bersekolah TK di DKI, apakah saat akan daftar sekolah SD nanti anak saya harus pindah Rayon? Atau harus pindah KK ke DKI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu, pindah rayon itu pindah sekolah, bukan pindah rumah

      Hapus
    2. Sepertinya bapak yg di kec.Tarumajaya ini kan Propinsi Bekasi pak bapak ini ingin ke propinsi DKI pak. Berarti BPK tsb pindah rayon dong pak, jd hrs ke dapil Bekasi utk urus ke prop.dki nya. Klu tdk salah spt itu pak.

      Hapus
  110. bang mau nanya klo dulu sd nya dijakarta pas kelas 4 sd pindah ke bekasi karna tempat tinggal pindah ke bekasi nah sekarang mau daftar smp nya di jakarta apakah harus pindah rayon juga ga bang? makasih

    BalasHapus
  111. bang mau nanya nih kan adek saya sd kelas 1-3 di jakarta nah pas kelas 4 pindah ke bekasi karna pindah tempat tinggal juga nah sekarang mau daftar smp dijakarta harus pindah rayon lagi ga bang?soalnya pas pindah sd di bekasi dibikinin nisn baru lagi terima kasih bang

    BalasHapus
  112. Saya mau tanya pa kalau smp di kabupaten bekasi lalu saya mau daftar d smkn kota bekasi harus pindah rayon atau lasung

    BalasHapus
  113. Saya mau tanya pa kalau smp di kabupaten bekasi lalu saya mau daftar d smkn kota bekasi harus pindah rayon atau lasung

    BalasHapus
  114. Pak saya mau lanjut sekolah di luar kota dari kota tulang bawang ke kota metro kan masih satu provinsi itu harus pindah rayon? Mohon dibalas

    BalasHapus
  115. saya mau tanya tentang zona rayon
    bagaimana cara melanjutkan saya dari smp tanah karo sumut ke sma aceh tenggara

    BalasHapus
  116. saya mau tanya tentang zona rayon
    bagaimana cara melanjutkan saya dari smp tanah karo sumut ke sma aceh tenggara

    BalasHapus
  117. bg saya mau tanya tentang rayon
    bagaimana caranya pindah dari smp sumut ke sma aceh tenggara

    BalasHapus
    Balasan
    1. urus sudat pindah dari dinas pendidikan asal dan melapor ke dinas pendidikan yang dituju, jangan lupa tanyakan ke sekolah yang dituju masih menerima siswa pindahan tidak

      Hapus
  118. Pak saya mau tanya saya tinggal d perbatasan kab bogor dan kota bekasi tahun ini anak saya mau masuk smp rencana dan keinginan anak saya masuk di smpn bekasi.. otomatis kami harus pindah rayon dlu dan baru mendaftran.yg jd pertanyaan saya seumpama anak kami td kulus seleksi online. Apakah masih bisa kami daftr seleksi d smpn kab bogor. Sedangkan kami sudah pindah rayon???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masuk smp beda kabupaten atau kota harus pindah rayon, kalau pendaftarannya beda bsa, tapi data anak sudah di bekasi kan

      Hapus
  119. Assalamulaikum


    Kak begini,saya itu smp di kota pemalang,jawa tengah.saya akan melanjutkan SMA dijakrta,dikarenakan perihal mendesak juga KK,KTP,serta KTA sya dri jakarta semua kak.jadi gmn? Apa yg hrs sya lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, urus pindah rayon saja terlebih dahulu ya

      Hapus
  120. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  121. Pak..mohon penjelasannya 🙏anak saya SD Negeri Tangerang mau melanjutkan ke SMP Negeri dengan 2 pilihan daerah yaitu Jakarta dan Bogor .. apakah boleh mendaftar 2 sekolah sekaligus dengan daerah yg berbeda ? KK dan KTP kami Jakarta pak ... Dan bagaimana cara urus surat pindah rayonnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa, bapak kalau memilih smp bisa di bogor atau di jakarta, kalau keduanya tidak boleh

      Hapus
  122. Assalamu alaikum Pak imam semoga Alloh senantiasa sehatkan Pak imam. Mohon ijin bertanya pak, KTP & KK saya Bekasi Selatan namun Anak saya Sekolah SD di Wanasari 03 rencana mau melanjutkan SLTP di sekitar wilayah tempat tinggal kami di Villa Mutiara Jaya Cibitung.

    Mohon dibantu arahannya Pak, apakah saya perlu pindah rayon dan langkah apa saja yang perlu saya lakukan agar anak saya dapat diterima di SLTPN Cibitung.

    Mohon arahan dan bimbinganya.

    Sebelumnya saya Ucapkan Terima Kasih banyak.Semoga Alloh Mudahkan Bapak dan keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu pindah rayon, maksud pindah rayon itu adalah apabila asal sekolah asal anak akan melanjutkan ke kabupaten/kota lain, karena anak bapak masih melanjutkan di kab bekasi, jadi tidak perlu pindah rayon.

      nanti anak bapak masuk kuota jalur siswa asal kabupaten bekasi dan KK luar kab bekasi, terima kasih

      Hapus
  123. pak alamat atau kk saya saat ini berada di kabupaten sedangkan anak saya lulus sekolah di sekolah yg letakny di kotamadya.....bs kah anak saya melanjutkan sekolah di sekolah area kotamaya? solusi nya?

    BalasHapus
  124. Pak, anak saya SMP di DKI katanya nisn sekarang akan tetap mengikuti nomernya bila pindah rayon (Bekasi-dki, bgtupun sebaliknya),bila kita pindah rayon. Begitu pak. Yg ingin saya tanyakan jika saya pindah domisili apakah saya harus mencabut berkas saya pak dari DKI - Bekasi.terumakasih responnya.

    BalasHapus
  125. Assalamu'alaikum...maaf pak y mau bertanya.Sy lulusan SMP di Cibinong Jabar.KK saya DKI JKT.Sy rencananya mau sklh SMA di Jakarta Selatan sesuai KK saya.Pa perlu pindah rayon ya pak.Sblmnya terima ksh

    BalasHapus
  126. Maaf admin,kalau anak saya telah lulus di SMPN Jakarta ,mau melanjutkan SMUN Pagaden Subang ,bagaimana ketentuannya apa yg harus saya lakukan terlebih dahulu,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, pindah rayon nanti diurus pak saat sudah kelulusan

      Hapus
  127. Assalamualaikum . Saya tinggal di bekasi . Anak saya juga sekolah kelas 3 smp di bekasi. Tapi ktp dan KK saya masih memakai alamat jakarta . Rencananya nanti anak saya mau meneruskan ke sma negeri di bekasi . Terkait dengan sistem zonasi apakah pendaftaran ppdb online anak saya dihitung jarak dari jakarta atau tempat tinggal saya di bekasi . Mohon infonya ya . Karena saat ini sudah mulai pendaftaran. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarak dari tempat tinggal sekarang, apabila sudah berdomisili di Bekasi minimal 1 tahun ya

      Hapus
  128. Assalamualaikum bang imam... Saya mau tanya apabila saya SD di Depok lalu meneruskan MTSN di Jakarta timur, saya lulus tahun ini, mengikuti PPDB online untuk masuk SMK/SMA tahun ini.saya berniat meneruskan ke SMK/SMA di Jakarta timur lagi akan tetapi Kk saya Depok. Saya termasuk luar DKI atau dalam DKI ya? Lalu,kalau saya termasuk luar DKI apakah nilai UN BK saya akan terpotong?

    BalasHapus
  129. Selamat malam mas...
    Saya tinggal di provinsi kepri kab.karimun. smp saya juga di karimun dan juga kk dan ktp orang tua saya dikarimum. Saya mau bersekolah di sma negeri di kota batam prov. Kepri. Saya mau ngurus surat pindah rayon, pertanyaan nya apakah saya bisa mendaftar selain di sekolah yang ada di surat rayon tersebut??

    BalasHapus
  130. Pak mau tanya sekarang domisili kalimantan anak saya sd kls 1 di kalimantan dan mau pindah sekolah di jateng apa harus cabut berkas

    BalasHapus
  131. Asww.
    Pak anak saya SD di propinsi Sumatra Utara mau pindah ke SD propinsi Pangkal Pinang. Apa yang harus saya lakukan? Mendaftar ke SD tujuan dulu, apa urus surat pindah di SD yang lama?

    BalasHapus
  132. Assalamualaikum
    Pak. Anak saya kelas 2 sd dan 4 sd tinggal di tangerang-selatan dari sdit at taqwa

    Ajaran baru ini positif diterima di mi ibnu taimiyah.. bogor

    Apa perlu pindah rayon atau hanya surat pindah saja pak mohon pencerahannya

    BalasHapus
  133. Assalamualaikum
    Pak. Anak saya kelas 2 sd dan 4 sd tinggal di tangerang-selatan dari sdit

    Ajaran baru ini positif diterima di MI bogor

    Apa perlu pindah rayon atau hanya surat pindah saja pak mohon pencerahannya

    BalasHapus
  134. Assalamualaikum
    Pak maaf saya mau tanya.. KK dan ktp saya tangerang selatan
    Anak2 saya asal dari sdit Attaqwa tangerang selatan

    Ajaran baru ini positif pindah ke MI ibnu taimiyah di daerah desa cijeruk bogor

    Apa harus pindah rayon

    Atau hanya urus surat pindah saja..

    Mohon pejelasannya pak

    BalasHapus
  135. assalamualikum pak
    saya mau tanya anak saya SD di kalimantan timur mau daftar SMP nya di Kalimntan selatan, karna anak saya tidak ikut di Kartu Keluarga saya, anak saya ikut d kartu keluarga ibu saya Atau nenek nya.. apa harus pindah rayon atau bagaimana pak.. saya mohon arahan x pak.
    say ucapkan terimaksih..

    BalasHapus
  136. Assalamualaikum Wr Wb
    Mau tny pak anak saya sekolah d MI ingin sy pindahkan d SDN dnwilayah kecamatan yg sama
    Apa saja syarat dan berapa biaya'a ?
    Mohon jawaban'a
    Terima kasih

    BalasHapus
  137. assalam mualaikum
    mohon pencerahannya.
    anak saya TK nya di tangsel.ktp dan kk kami jakarta timur.
    apakah anak saya bisa sekolah di SDN jakarta Timur,apakah harus pinmdah rayon juga atau bagaimana.mohon bantuannya.semoga Allah memberikan balasan yang sangat abik bagi Bpk/Ibu yang sudah memberikan kecerahan pada saya.terimakasih

    BalasHapus
  138. assalammualaikum
    mohon pencerahannya.karna baru mengalami anak sekolah.
    berhubung ada tugas di Tangsel saya pindah ke Tangsel dan KTP juga KK kami jakarta timur.anak saya sekolah TK di Tangsel dan ingin melanjutkan SDN di jakarta timur.sesuai dengan KK kami.apakah itu bisa atau apakah kami harus pindah rayon juga buat anak.mohon bantuannya dan terimakasih sudah membantu semoga Allah memberikan balasannya.amin

    BalasHapus
  139. Saya mau nanya pak, anak saya tamat SMP di kab bangko propinsi jambi dan ingin melanjutkan SMK di propinsi Riau,apakah saat pengurusan pindah rayon siswa yg bersangkutan harus ikut hadir kekantor dinas pendidikan?

    BalasHapus
  140. Saya mau nanya bapak..anak saya naik kelas 2 sd di kota madiun mau melanjutkan sekolah dasar di DKI jakarta..apakah saat pengurus pindah rayon siswa yang bersangkutan harus ikut hadir kekantor dinas pendidikan..

    BalasHapus
  141. Selamat malam. Ijin bertanya, keponakan saya tinggak di Kab.Muara Enim prov.Sumsel namun saat ajaran semester ini, akan dipindahkan ke Kec.Tanah Sareal Kota Bogor (tanpa ikut orang tua) & akan tinggal sama saya selaku tantenya. Apakah itu artinya ponakan saya harus pindah rayon ?

    BalasHapus
  142. Selamat malam, mau tanya,.apakah pindah sekolah beda propinsi dari sekolah swasta di TangSel, Banten ke sekolah negeri di CikSel, Bekasi itu ada kena biaya mutasi di sekolah tujuan? Karena saya ada rencana pindahkan anak, ada diminta biaya mutasi di sekolah tujuan.
    KK saya dari menikah sesuau sekolah tujuan di CikSel, Bekasi.

    BalasHapus
  143. Selamat malam Pak Imam,,maaf mau nanya KK DKI apakah bisa sekolah diSDN dibekasi, mohon pencerahannya Pak

    BalasHapus
  144. Pagi pak, mohon info ttg ppdb. Pada saat saya aktivasi token, alamat uang terdaftar di sistem depok padahal kartu keluarga Bogor, diweb ppdb tertulis apabila ada kesalahan data diminta koreksi data ke posko pendaftaran itu artinya ke sekolah yang dituju atau ke disdik ya pak?

    BalasHapus
  145. Selamat pagi pak imam..saya mw tnya pak,,anak saya kan baru sja d terima di SDN pulogebang tapi sekolah yang petang..kira-kira nanti kalo anak saya mau saya pindahkan ke sekolah SDN penggilingan pagi kira" bsa gx y pak??lalu bagus'y anak saya di pindahkan pada saat kelas brp y pak?? Mohon pencerahan'y y pak... Trima kasih



    Balas

    BalasHapus
  146. Pa kalo saya sudah diterima di salah satu SMA di kab. Bogor,dan nanti saya mau pindah ke SMA di kota Bogor.apakah boleh pindah pa? Jika boleh kapan waktu untuk pindahnya

    BalasHapus
  147. Saya mau nanya pak... Anak saya sekolah smk dibogor naik kekelas Xl...saya mau pindahkan sekolahnya kejakarta selatan... Mohon arahannya pak...

    BalasHapus
  148. selamat siang pak,pak anak sya dri kelas 1-3 sekolah di Tapos cibinong,naik kelas 4 pindah ke Sumatra Utara,naik kelas 5 mau pindah lagi k Tapos cibinong,itu bagaimana pak,dan apakah harus ad surat mutasi dri dapodik,,,mohon penjelasannya pak terima kasih..

    BalasHapus
  149. Assalamualaikum pak...saya mau nanya,emg klo ngurus srt pindah k dinas tdk bs d urus sendiri ya,hrs oleh pihak sekolah saja ?? Truss hrs byr pula ampe 450rb..mohon penjelasannya pak,terima kasih.

    BalasHapus
  150. Pak,saya mau tanya...emg klo ngurus" srt pindah k dinas g boleh d urus sendiri ya,hrs dr pihak skolah saja.udh gitu hrs byr pula ampe 450rb.mohon penjelasannya pak,terima kasih

    BalasHapus

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0857 3998 6767, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi