Kamis, 29 Agustus 2024

Cara Mengurus Permohonan Izin Operasional TK, KB, TPA, SPS di Jakarta Tahun 2024


Jakarta (BHC) - Izin Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 84 Tahun 2014. 
Lembaga PAUD yang dimaksud adalah; Taman Kanak-Kanak (Kindergarten), Kelompok Bermain (Play Group), Taman Penitipan Anak (Child Care), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).

KONSULTAN PENDIDIKAN : BANG IMAM 0813-14-325-400

Di Provinsi DKI Jakarta, proses perizinan PAUD dilaksanakan sepenuhnya di PTSP. Hal-hal yang harus dipenuhi dalam proses perizinan antara lain :
  1. Penyelenggaraan PAUD,
  2. Identitas PAUD,
  3. Fasilitas PAUD,
  4. Data Personil PAUD,
  5. Data Peserta Didik PAUD, dan
  6. Lampiran-lampiran.
CONTOH FORMULIR


KOP YAYASAN/PT/CV/LEMBAGA/PENYELENGGARA

FORMULIR PERMOHONAN IZIN OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
TINGKAT : PAUD/SPS/TPA/KB
No
Uraian
:
Keterangan
I
PENYELENGGARAAN
a
Nama Badan/Yayasan yang mendirikan
:
..................................................
b
Alamat Sekretariat
:
..................................................
c
Nama Pimpinan/Ketua
:
.................................................
d
Akta Notaris
:
.................................................
II
IDENTITAS PAUD
a
Nama PAUD
:
.................................................
b
Tanggal/Bulan/Tahun Prinsip
:
..................................................
c
Alamat PAUD
:
Jalan ... Nomor .... RT. ... RW. ... Kelurahan ..... Kecamatan .... Kota Administrati .......
III
FASILITAS PAUD
a
Status Gedung
:
.................................................
b
Status Tanah
:
..................................................
c
Ruangan
:

1.      Jumlah Ruang Belajar
:
................................................
2.      Luas Ruang Belajar
:
..................................................
3.      Luas Ruang Kepala PAUD
:
.................................................
4.      Luas Ruang Guru
:
.................................................
5.      Luas Tanah
:
................................................

d
Luas Bangunan
:
...............................................
e
Kurikulum yang digunakan
:
...............................................
f
Waktu Belajar/Lama Belajar
:
..............................................
g
Jumlah Jam Pelajaran
:
..... jam/minggu
IV
DATA PERSONIL PAUD
a
Nama Kepala PAUD
:
................................................
b
Pendidikan Terakhir Kepala PAUD
:
................................................
c
Jumlah Guru
:
.......................... orang
d
Jumlah Penjaga PAUD
:
.......................... orang
e
Jumlah Petugas Kebersihan
:
........................... orang
V
DATA PESERTA DIDIK PAUD
a
Jumlah Total Peserta Didik saat ini
:
.................... orang
VI
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1
Surat Permohonan
2
Surat Pernyataan di atas kertas bermaterai 6000 tentang kebenaran data dan keabsahan data
3
Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau VISA atau Paspor
4
Kartu Keluarga (KK)
5
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
6
Surat Keputusan Lurah
Keterangan diatas kami buat dengan sebenarnya, kami bersedia diperikasa sewaktu-waktu dan sanggup melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Jakarta, ........................ 2019

PIMPINAN/KETUA YAYASAN BADAN/ LEMBAGA/ PENYELENGGARA

TTD

Stempel/materai 6000

(NAMA JELAS)


CONTOH SURAT PERNYATAAN


KOP SURAT

SURAT PERNYATAAN KEABSAHAN DAN KEBENARAN DOKUMEN

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama
:
.......................................................
Alamat
:
..............................
Bidang Usaha
:
..................................
Jenis Usaha
:
..................................
Sub – Jenis Usaha
:
..............................
Jabatan
:
Direktur Utama/Penanggung Jawab/Ketua
Menyataka dengan sesungguhnya
:

1.      Segala data yang terdapat dalam dokumen permohonan .......................... ini adalah Benar dan Sah
2.      Apabila dikemudian hari ditemukan bahwa dokumen-dokumen yang telah kami berikan tidak benar, maka kami bersedia diberikan sanksi sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, tanpa ada paksaan dari pihak manapun, dan untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, ......................... 2019

PEMOHON
Tanda tangan
Stempel/materai 6000
(NAMA JELAS)


Catatan : selesai sekitar 30 hari kerja

#BangImamBerbagi #IzinPAUD #DKIJakarta #2024 

LAMPIRAN YANG HARUS DISIAPKAN

TAMAN KANAK-KANAK/KINDERGARTEN
  1. Identitas Penanggung Jawab (KTP/Paspor) Ketua Yayasan
  2. NPWP Penanggung Jawab (Ketua Yayasan)
  3. NPWP Badan Hukum (Yayasan)
  4. Akta Pendirian Yayasan
  5. SK Pengesahan Akta Pendirian Yayasan
  6. Akta Perubahan Yayasan
  7. SK Pengesahan Akta Perubahan Yayasan
  8. Tanda Daftar Yayasan (khusus apabila Yayasan Berdomisili di DKI Jakarta)
  9. Program Kerja Taman Kanak-Kanak
  10. Program Kerja Yayasan untuk jangka pendek, menengah, dan jangka panjang
  11. Surat Pernyataan Kesanggupan untuk melaksanakan kurikulum (kepala sekolah/materai 10000)
  12. Memiliki luas Lahan atau Bangunan Gedung minimal 200 meter persegi yang dibuktikan dengan Sertifikat sesuai Peruntukan
  13. Memiliki Ruang Kelas sekurang-kurangnya 2 ruang, ruang UKS, ruang Perpustakaan, ruang Kepala Sekolah, ruang Guru, sarana Olahraga, tempat Bermain, Toilet, Dapur dan ruang lainnya untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan dengan standar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  14. Memiliki luas Ruang Kelas dan Sarana Penunjang lainnya dengan rasio 2 meter persegi x jumlah peserta didik
  15. Surat Pernyataan Tidak Menempati atau Menggunakan Lahan Yang Bermasalah/Sengketa (materai 10000/Ketua Yayasan)
  16. Memiliki Rasio Kelas 1 x 15
  17. Struktur Organisasi Yayasan yang di sahkan oleh Ketua Yayasan
  18. Susunan Pengurus Yayasan
  19. Struktur Organisasi Sekolah
  20. Denah Gedung Sekolah
  21. Surat Keputusan Yayasan mengenai Pengangkatan Kepala Sekolah
  22. Daftar Riwayat Hidup Kepala Sekolah
  23. Ijazah Kepala Sekolah dan Guru (Fotocopy)
  24. Daftar Nama Personalia sekolah dengan Uraian Tugasnya
  25. Memiliki Peserta Didik sekurang-kurangnya 15 orang anak
  26. Daftar Peserta Didik yang Terbaru
  27. Daftar Inventaris Sekolah
  28. Tata Tertib Sekolah
  29. Jadwal Mata Pelajaran
  30. Instrumen Evaluasi dan Monitoring
  31. Surat Pernyataan Kepala Sekolah
  32. Surat Pernyataan bermaterai tentang Kebenaran Data dan Dokumen Yang Diajukan (10000/Ketua Yayasan)
  33. Persetujuan Tetangga (kiri, kanan, depan, belakang) + KTP Tetangga
  34. Proposal Teknis 
Proposal Teknis Taman Kanak-Kanak
  • Dokumen Hak Milik, Sewa, atau Pinjam Pakai atas Tanah dan Bangunan yang akan digunakan untuk Penyelenggaraan TK yang sah atas nama Pendiri
  • Foto copy Akta Notaris dan Surat Penetapan Badan Hukum dalam bentuk Yayasan, Perkumpulan atau Badan lain sejenis dari Kementerian Bidang Hukum atas nama Pendiri atau Induk Organisasi disertai Surat Keputusan yang menunjukkan adanya hubungan dengan organisasi induk
  • Data mengenai perkiraan pembiayaan untuk kelangsungan TK paling sedikit 1 tahun pembelajaran
  • Rencana Pencapaian Standar Penyelenggaraan TK paling lama 3 tahun
  • Rencana Induk Pengembangan (RIP) TK
KELOMPOK BERMAIN/PLAYGROUP

TAMAN PENITIPAN ANAK/CHILD CARE

SPS

PERSYARATAN KB/TPA/SPS/BKB PAUD/POS PAUD :

1. Identitas Penanggung Jawab (KTP/Paspor Ketua Yayasan)
2. NPWP Penanggung Jawab
3. NPWP Badan Hukum
4. Akta Pendirian Yayasan
5. SK Pengesahan Akta Pendirian Yayasan
6. Akta Perubahan Yayasan
7. SK Pengesahan Akta Perubahan Yayasan
8. Nomor Induk Berusaha (NIB)
9. Surat Pernyataan diatas kertas bermaterai sesuai peraturan yang berlaku yang menyatakan Kesanggupan Untuk Melaksanakan Kurikulum (materai 10000)
10. Surat Keputusan dari Lurah mengenai Kegiatan Satuan PAUD Sejenis (SPS), apabila merupakan binaan Lurah
11. Persetujuan Tetangga (kiri, kanan, muka, belakang) disertai foto copy KTP, bila kegiatan di izinkan bersyarat
12. Proposal Teknis
  • Struktur Organisasi Yayasan yang disahkan oleh Ketua Yayasan
  • Struktur Organisasi Sekolah
  • Ijazah Guru (Fotocopy yang Dilegalisasi)
  • Memiliki Daftar Peserta Didik minimal 10 orang
  • Tata Tertib Sekolah
  • Jadwal Mata Pelajaran
  • Memiliki Ruang Kelas sekurang-kurangnya 1 ruang
  • Memiliki Program Kerja Sekolah Tahunan
  • Memiliki Penanggung Jawab, Guru sekurang-kurangnya 2 orang dengan kualifikasi pendidikan minimal SMA atau Sederajat
13. Tanah dan Bangunan

a. Jika Tanah Milik Pribadi
  • Sertifikat Tanah/Akte Waris/Akte Hibah/Akte Jual Beli (AJB)/bila bukan atas nama Pemohon Lampirkan Data Pendukung
b. Jika Tanah atau Bangunan Sewa
  • Perjanjian Sewa Menyewa Tanah atau Bangunan minimal 6 tahun ke depan
  • Surat Pernyataan dari Pemilik Tanah atau Bangunan yang menyatakan Tidak Keberatan Tanah dan Bangunan Digunakan
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik Tanah atau Bangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi