Jumat, 22 September 2023

Linieritas Guru Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Tahun 2023


Kota Bekasi (BIB) - Pemenuhan Beban Kerja dan Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Tahun 2022.

A. BEBAN KERJA GURU

Beban kerja guru pada satuan pendidikan pelaksana Kurikulum Merdeka mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pemenuhan beban kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.

Berdasarkan peraturan tersebut, beban kerja guru mencakup kegiatan pokok sebagai berikut;
  1. merencanakan pembelajaran atau pembimbingan;
  2. melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan;
  3. menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan;
  4. membimbing dan melatih peserta didik;
  5. melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja guru.
Kegiatan pokok melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan harus memenuhi paling sedikit 24 jam tatap muka per minggu dan paling banyak 40 jam tatap muka per minggu.

Perhitungan kegiatan pokok melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan dihitung dengan cara tatap muka dalam 1 tahun dibagi per minggu yang menghasilkan paling sedikit 24 jam tatap muka.

Pemenuhan beban kerja guru melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan dilakukan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Struktur Kurikulum Merdeka merupakan pengorganisasian atas capaian pembelajaran, muatan pembelajaran, dan beban belajar. Pemerintah mengatur muatan pembelajaran wajib beserta beban belajarnya. Satuan pendidikan dan/atau pemerintah daerah dapat menambahkan muatan lokal dan muatan tambahan sesuai kebutuhan dan karakteristik satuan pendidikan dan/atau daerah.

Pembelajaran dibagi menjadi 2 kegiatan utama, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian kokurikuler pada Kurikulum Merdeka.

B. PEMENUHAN BEBAN KERJA GURU PADA SATUAN PENDIDIKAN PELAKSANA KURIKULUM MERDEKA

Pemenuhan beban berja guru pada satuan pendidikan pelaksana Kurikulum Merdeka dapat tercapai apabila jumlah guru pada satuan pendidikan pelaksana kurikulum merdeka sesuai dengan kebutuhan.

Kepala satuan pendidikan menghitung kebutuhan guru berdasarkan pemenuhan beban kerja dalam struktur Kurikulum Merdeka.

Dalam hal guru tidak dapat memenuhi ketentuan dalam melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan paling sedikit 24 jam tatap muka per minggu berdasarkan struktur Kurikulum Merdeka, guru dapat diberikan;
  1. Tugas Tambahan; dan/atau
  2. Tugas Tambahan Lain yang terkait dengan pendidikan di satuan pendidikan.
sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tugas tambahan lain sebagaimana dimaksud pada angka 2 ditambah dengan tugas sebagai koordinator projek penguatan profil pelajar Pancasila. Tugas tambahan lain sebagai koordinator projek diberikan jika masih terdapat guru yang kekurangan jam mengajar dan diprioritaskan bagi guru yang masih kekurangan jam pelajaran akibat perubahan struktur kurikulum.

Tugas Koordinator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah;
  1. mengembangkan kemampuan, kepemimpinan, dalam mengelola projek penguatan profil pelajar Pancasila di satuan pendidikan;
  2. mengelola sistem yang dibutuhkan oleh pendidik sebagai fasilitator projek penguatan profil pelajar Pancasila dan peserta didik untuk menyelesaikan projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan sukses, dengan dukungan dan kolaborasi dari koordinator dan pimpinan satuan pendidikan;
  3. memastikan kolaborasi pembelajaran terjadi di antara para pendidik dari berbagai mata pelajaran; dan
  4. memastikan tujuan dan asesmen pembelajaran yang diberikan sesuai dengan capaian projek penguatan profil pelajar Pancasila dan kriteria kesuksesan yang sudah ditetapkan.
Tugas sebagaimana dimaksud pada angka 1 sampai dengan angka 4 diatas dibuktikan dengan;
  • Surat Tugas sebagai Koordinator projek penguatan profil pelajar Pancasila dari Kepala Satuan Pendidikan;
  • Program dan Jadwal Kegiatan Koordinator projek penguatan profil pelajar Pancasila yang ditanda tangani oleh Kepala Satuan Pendidikan; dan
  • Laporan Hasil Kegiatan Koordinator projek penguatan profil pelajar Pancasila yang ditandatangani oleh Kepala Pendidikan.
Beban Kerja Tugas Tambahan sebagai Koordinator projek penguatan profil pelajar Pancasila dapat diekuivalensikan dengan 2 jam tatap muka per 1 rombongan belajar setiap tahun untuk pemenuhan jam tatap muka paling sedikit 24 jam tatap muka per minggu dan paling banyak mengampu 3 rombongan belajar.

Dalam hal peserta didik untuk Mata Pelajaran Pilihan lebih dari 36 peserta didik di SMA/MA dan SMK/MAK, satuan pendidikan dapat membuka rombongan belajar baru.

Untuk Mata Pelajaran Pilihan Kelas XI dan XII, tidak ada syarat jumlah minimum peserta didik untuk membuka/menawarkan mata pelajaran tersebut.

Dalam hal masih terdapat guru;
  1. Mata Pelajaran Seni dan Prakarya di SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK;
  2. Mata Pelajaran dari Kelompok Pilihan SMA/MA; atau
  3. Mata Pelajaran Pilihan SMK/MAK.
setelah diberikan tugas tambahan lain sebagai koordinator projek penguatan profil pelajar Pancasila masih tidak dapat memenuhi ketentuan paling sedikit 24 jam tatap muka per minggu karena perubahan struktur kurikulum, guru tersebut diakui 24 jam tatap muka per minggu jika pada Kurikulum 2013 telah memenuhi paling sedikit 24 jam tatap muka per minggu.

C. PENATAAN LINEARITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Penataan linieritas guru dalam pembelajaran pada Kurikulum Merdeka selain mengacu pada ketentuan mengenai penataan linieritas guru bersertifikat pendidik, juga mengacu pda ketentuan di bawah ini;

1. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dapat diampu oleh guru yang mempunyai kualifikasi akademik atau sertifikat pendidik Guru Kelas SD.

2. Mata Pelajaran IPAS SDLB dapat diampu oleh guru yang mempunyai kualifikasi akademik atau sertifikat pendidik Guru Kelas Sekolah Luar Biasa (SLB) atau bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)/Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

3. Mata Pelajaran Informatika Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Kelas X dapat diampu oleh guru yang mempunyai kualifikasi akademik sarjana atau sertifikat pendidik bidang/keahlian sebagai berikut;
  • Ilmu Komputer;
  • Informatika;
  • Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK); dan
  • Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)/Sains.
4  Mata Pelajaran Informatika Pilihan SMA/MA XI dan Kelas XII dapat diampu oleh guru yang mempunyai kualifikasi pendidik sarjana atau sertifikat pendidik Ilmu Komputer dan Informatika.

5. Mata Pelajaran IPA dalam struktur kurikulum pada SMA/MA Kelas X dapat diajarkan oleh guru yang mempunyai kualifikasi akademik sarjana dan/atau bersertifikat pendidik guru Fisika, guru Kimia, dan/atau guru Biologi.

6. Mata Pelajaran IPS struktur kurikulum pada SMA/MA Kelas X dapat diajarkan oleh guru yang mempunyai kualifikasi akademik sarjana dan/atau sertifikat pendidik guru Sejarah, guru Geografi, guru Ekonomi, dan/atau guru Sosiologi.

7. Mata Pelajaran Seni Tari, Seni Musik, Seni Teater, dan Seni Rupa di SMP/MTs dan SMA/MA dapat diampu oleh guru yang mempunyai;
  • kualifikasi akademik sarjana pendidikan seni atau sarjana seni dan sertifikat pendidik seni budaya; atau
  • kualifikasi akademik sarjana dan sertifikat pendidik sesuai dengan mata pelajaran seni yang diajarkan.
8. Mata Pelajaran dalam struktur kurikulum SD/MI selain;
  • Pendidikan Agama dan Budi Pekerti;
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK);
  • Bahasa Inggris;
  • Muatan Lokal
diajarkan oleh Guru Kelas.

9. Mata Pelajaran Bahasa Inggris dalam struktur kurikulum SD/MI dan SDLB merupakan mata pelajaran pilihan pada SD/MI dan SDLB yang dapat diajarkan oleh;
  • Guru Kelas yang memiliki Kompetensi Bahasa Inggris;
  • Guru Bahasa Inggris yang tersedia di SD/MI dan SDLB yang bersangkutan;
  • Guru Bahasa Inggris di SD/MI atau SMP/MTs dan SMPLB terdekat yang ditugaskan dan diakui beban kerjanya; atau
  • mahasiswa yang masuk dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 
10. Mata Pelajaran Muatan Lokal dalam struktur kurikulum SD/MI dan SDLB merupakan mata pelajaran pilihan pada SD/MI dan SDLB yang dapat diajarkan oleh;
  • Guru Kelas yang memiliki Kompetensi Muatan Lokal;
  • Guru Muatan Lokal yang tersedia di SD/MI dan SDLB yang bersangkutan;
  • Guru Muatan Lokal di SD/MI atau SMP/MTs dan SMPLB terdekat yang ditugaskan dan diakui beban kerjanya; atau
  • mahasiswa program studi Muatan Lokal (berdasarkan Surat Keputusan Gubernur) yang masuk dalam Program Kampus Merdeka.
11. Mata Pelajaran Program Kebutuhan Khusus dalam struktur kurikulum SDLB/SMPLB/SMALB dapat diajarkan oleh;
  • Guru Pendidikan Khusus; atau
  • Guru Mata Pelajaran Lain atau Guru Kelas yang telah dinilai layak oleh Kepala Satuan Pendidikan.
Guru yang dimaksud pada huruf b wajib mendapatkan pelatihan kompetensi program kebutuhan khusus (terstandar).

12. Penataan linieritas pada Kurikulum Merdeka SMK mengacu pada tabel dibawah ini; 

a. Mata Pelajaran Projek IPAS dapat diampu oleh paling banyak 6 guru Kelompok IPA dan/atau IPS disesuaikan dengan karakteristik bidang keahlian;

b. Mata Pelajaran Seni Tari, Seni Musik, Seni Teater, dan Seni Rupa di SMK Kelas X dapat diampu oleh guru yang mempunyai;
  • kualifikasi akademik sarjana pendidikan seni atau sarjana seni dan sertifikat pendidik seni budaya; atau
  • kualifikasi akademik sarjana dan sertifikat pendidik sesuai dengan mata pelajaran seni yang diajarkan.
c. Mata Pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian, Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian, dan Projek Kreatif dan Kewirausahaan dapat diampu oleh paling banyak 5 guru;

d. Mata Pelajaran Praktek Kerja Lapangan dapat diampu dan/atau dibimbing oleh paling banyak 44 guru;

e. Mata Pelajaran Pilihan dapat diajarkan paling banyak 4 guru pada Kelas XI dan paling banyak 6 guru pada Kelas XII.

TABEL LINEARITAS GURU

Tabel 1.1. Guru Mata Pelajaran Umum di TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan SLB (Untuk Guru Yang Linear dan Serumpun) : 

LINIERITAS KUALIFIKASI D4/S1 DENGAN BIDANG STUDI PPG TAHUN 2022

 

No.

Bidang Studi PPG

Jenjang

Kode

Program Studi D4/S1

1

Pendidikan Guru PAUD

(PG-PAUD)

TK

TKLB

020

  • PGPAUD/PGTK
  • PGRA
  • Psikologi
  • Bimbingan dan Konseling
  • PSKGJ Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  • PSKGJ Pendidikan Guru Anak Usia Dini

2

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

SD

SDLB

027

  • PGSD
  • PGMI
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah
  • Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Daerah
  • Pendidikan IPA
  • Pendidikan IPS
  • Tadris Bahasa Indonesia
  • Tadris IPA
  • Tadris IPS
  • Tadris Matematika
  • PSKGJ Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • PSKGJ Pendidikan Guru Sekolah Dasar

3

Pendidikan Luar Biasa

TKLB

SDLB

SMPLB

SMALB

800

  • Pendidikan Luar Biasa
  • Pendidikan Khusus
  • Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
  • PSKGJ Pendidikan Luar Biasa

4

Seni Budaya

SMP

SMA

SMK

217

  • Pendidikan Sendratasik
  • Pendidikan Seni Rupa
  • Pendidikan Seni Tari/Tari
  • Pendidikan Seni Musik/Musik
  • Pendidikan Seni Pertunjukan
  • Pendidikan Kriya
  • Seni Drama
  • Seni Tari/Tari
  • Seni Musik/Musik
  • Seni Kriya/Kriya/Kriya Seni
  • Seni Rupa
  • Seni Pertunjukan
  • Seni Teater/Teater
  • Seni Media Rekam
  • Seni Karawitan
  • Seni Pedalangan
  • PSKGJ Pendidikan Seni Musik
  • Bahasa Daerah

5

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

SD

SMP

SMA

SMK

SDLB

SMPLB

SMALB

220

  • Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
  • Pendidikan Kepelatihan Olahraga
  • PGSD Pendidikan Jasmani
  • Pendidikan Olahraga
  • Ilmu Keolahragaan dan Kepelatihan
  • Keolahragaan
  • Ilmu Keolahragaan
  • Kepelatihan Olahraga
  • Kepelatihan Fisik Olahraga
  • Olahraga Rekreasi
  • PSKGJ Pend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi

6

Bahasa Jawa

SMP

SMA

SMK

746

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa
  • Pendidikan Bahasa Jawa
  • Sastra Jawa

7

Bahasa Madura

SMP

SMA

SMK

747

  • Pendidikan Bahasa Madura
  • Sastra Madura

8

Bahasa Sunda

SMP

SMA

SMK

748

  • Pendidikan Bahasa Sunda
  • Sastra Sunda

9

Bahasa Bali

SMP

SMA

SMK

750

  • Pendidikan Bahasa Bali
  • Sastra Bali

10

Bahasa Inggris

SMP

SMA

SMK

SMPLB

SMALB

157

  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
  • Bahasa Inggris
  • Sastra Inggris
  • Bahasa dan Sastra Inggris
  • Tadris Bahasa Inggris
  • Bahasa dan Kebudayaan Inggris
  • PSKGJ Pendidikan Bahasa Inggris
  • PSKGJ Pendidikan Guru Bahasa Inggris

11

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

SMP

SMA

SMPLB

SMALB

100

  • Pendidikan IPS
  • Pendidikan Geografi
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Sejarah
  • Pendidikan Sosiologi/Antropologi
  • Sejarah
  • Ekonomi
  • Geografi
  • Sosiologi/Antropologi
  • Tadris IPS

12

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

SMP

SMA

SMPLB

SMALB

097

  • Pendidikan IPA
  • Pendidikan Kimia
  • Pendidikan Fisika
  • Pendidikan Biologi
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Tadris IPA (Tadris Kimia, Fisika, Biologi)

13

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)

SMP

SMA

SMK

SMPLB

SMALB

154

  • Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Administrasi Negara
  • Ilmu Hukum
  • Hukum Tata Negara
  • PSKGJ Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

14

Bahasa Indonesia

SMP

SMA

SMK

SMPLB

SMALB

156

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Sastra Indonesia
  • Tadris Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia
  • PSKGJ Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • PSKGJ Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah

15

Matematika

SMP

SMA

SMK

SMPLB

SMALB

180

  • Pendidikan Matematika
  • Matematika
  • Tadris Matematika
  • PSKGJ Pendidikan Matematika

16

Bimbingan dan Konseling

SMP

SMA

SMK

SMPLB

SMALB

810

  • Bimbingan dan Konseling
  • Bimbingan dan Penyuluhan
  • Psikologi
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • Bimbingan dan Penyuluhan Islam
  • Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • PSKGJ Pendidikan Bimbingan dan Konseling

17

Geografi

SMA

SMALB

207

  • Pendidikan Geografi
  • Geografi

18

Ekonomi

SMA

SMALB

210

  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Akuntansi
  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Ekonomi Koperasi
  • Ekonomi Syariah
  • Ekonomi Pembangunan
  • Sosial Ekonomi
  • Akuntansi Syariah
  • Keuangan/Keuangan dan Perbankan/Syariah
  • PSKGJ Pendidikan Ekonomi

19

Sosiologi

SMA

SMALB

214

  • Pendidikan Sosiologi
  • Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
  • Sosiologi
  • Sosiologi dan Antropologi

20

Antropologi

SMA

SMALB

215

  • Pendidikan Antropologi
  • Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
  • Antropologi
  • Sosiologi dan Antropologi

21

Bahasa Jerman

SMA

SMK

SMALB

160

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Jerman
  • Bahasa Jerman
  • Sastra Jerman

22

Bahasa Perancis

SMA

SMK

SMALB

164

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Perancis
  • Pendidikan Bahasa Perancis
  • Bahasa Perancis
  • Sastra Perancis

23

Bahasa Arab

SMA

SMK

SMALB

167

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
  • Pendidikan Bahasa Arab
  • Bahasa Arab
  • Sastra Arab
  • PSKGJ Pendidikan Bahasa Arab

24

Bahasa Jepang

SMA

SMK

SMALB

170

  • Pendidikan Bahasa Jepang
  • Bahasa Jepang
  • Sastra Jepang

25

Bahasa Mandarin

SMA

SMK

SMALB

174

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Mandarin
  • Pendidikan Bahasa Mandarin
  • Bahasa Mandarin
  • Sastra Mandarin

26

Fisika

SMA

SMK

SMALB

184

  • Pendidikan Fisika
  • Fisika
  • Teknik Fisika
  • Tadris Fisika
  • Geofisika
  • Fisika Terapan
  • PSKGJ Pendidikan Fisika

27

Kimia

SMA

SMK

SMALB

187

  • Pendidikan Kimia
  • Kimia
  • Teknik Kimia
  • Teknik/Rekayasa Kimia
  • Tadris Kimia

28

Biologi

SMA

SMK

SMALB

190

  • Pendidikan Biologi
  • Biologi
  • Tadris Biologi
  • Biologi Reproduksi
  • Biologi Terapan
  • Biologi Tumbuhan
  • Ilmu Biologi
  • Keguruan Biologi
  • Mikrobiologi
  • Teknobiologi
  • PSKGJ Pendidikan Biologi

29

Sejarah

SMA

SMK

SMALB

204

  • Pendidikan Sejarah
  • Sejarah

Catatan : untuk bidang kejuruan, linearitas bidang maple dengan ijazah sertifikasi yang belum tercantum pada tabel diatas akan diverifikasi lebih lanjut.


#BangImamBerbagi #LinearitasGuru #KurikulumMerdeka #2022

Catatan : tulisan ini sudah dilakukan pembaharuan sesuai dengan ketentuan yang terbaru, tanggal 22 September 2023

294 komentar:

  1. Ijin tx, sy guru dgn jurusan pendidikan biologi dan mengajar di SD sebagai wali kelas apakah linier dgn ijazah sy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab, iya masih linear jika nanti ketika ppg anda mengambil prodi ppg IPA atau Prodi PPG Biologi, atau Prodi PPG PGSD

      Hapus
    2. Assalamualaikum, izin bertanya. Jika ijazah saya pend ipa(ipa terpadu) apakah bisa mengajar di sd dan linear/tdk perlu ambil kuliah 3 smt utk penyetaraan?

      Hapus
    3. Assalamualaikum, izin bertanya. Ijazah sy dari pend ipa(ipa terpadu) apakah itu bisa mengajar di sd dan linear jika mengajar di sd? Lalu, haruskah mengambil kuliah lagi 3smt untuk penyetaraan?

      Hapus
    4. Mhn maaf izin bertnya saya guru matematika kode sertifiksi 180, sekarang ngajar di SLB menjadi guru kelas, apa linear ? Terima ksh

      Hapus
  2. Guru bahasa Indonesia S1 apakah linier mengajar d SD

    BalasHapus
  3. Maaf admin, mohon ijin bertanya.
    Saya punya serdik bahasa Inggris lewat jalur PLPG tahun 2010, sekarang mengajar di SD, sudah punya ijazah PGSD sejak juli 2019. Apakah serdik saya bisa dimasukkan kw dapodik? Ataukah saya harus ulang PPG lagi? Terima kasih. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. bagaimana cara melakukan pendaftaran ppg/plpg ulang. trims

      Hapus
    2. Untuk Permendikbud no 16 th 2019 serdik bahasa Inggris bisa gak pak mngajar sd klo pnya S1 pgsd?

      Hapus
    3. Kalau mengulang. Prosesnya lama dan lebih berat. 🙏

      Hapus
  5. Slamat pagi saya guru TK tapi sarjana PGSD skarang saya pindah karena penyesuaian ijasah..bagaimana saya sertifikasi paud..apa harus ikut lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya guru SD sy ijazah saya PGPAUD apakah saya bisa ikut tes p3k???

      Hapus
  6. Assalamualaikum wr. Wb, sy sarjana psikologi pend. Memiliki sertifikat pendidik Guru Kelas apakah ijazah sy linear dgn sertifikat sy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan sy sama , sy sarjana psikologi pendidikan punya sertifikat pendidik guru kelas, apakah linear ?

      Hapus
  7. Asalamualaikum saya S1 matematika ngajar di SD negeri apakah linier?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sarjana piaud pendidikan Islam anak usia dini bisa ngajar di TK?

      Hapus
    2. Sama �� jadi bagaimana ?

      Hapus
    3. Assalamualaikum mohon bertanya, saya sarjana pendidikan luar biasa, mengajar SD apakah sudah linier bapak,ibu ?

      Hapus
    4. Jk s1 mtk kode sertifiksi 180, ngjr di SLB mnjdi guru kls , linear ngk ?

      Hapus
  8. Salam bang Imam
    Sertifikasi saya kode 027(guru kelas), sedang ijazah saya s-1 seni rupa, apakah saya bisa mengajar guru kelas sd.
    Terima kasih atas perhatian nya dan semoga bang Imam sehat selalu.

    BalasHapus
  9. Salam bang
    Kalau saya S1 PG-Paud apakah saya boleh mengajar di SD kelas 1 atau 2 Terima kasih

    BalasHapus
  10. Maaf mau tanya min, wkt pretest ppgdj dl sy pk ijazah pend. Sejarah krn ijzah pgsd blm keluar. Skrg sy ikut thp 3 ppgdj 2020.sy hrs pk ijazah yg pend sejarah apa yg pgsd ya.mohon penjlsnnya...

    BalasHapus
  11. Maaf mau tanya, saya sarjana S1 b.indonesia, tp saya mengajar di TK apakah bisa linier, dan ikut sertifikasi?? Mohon penjelasannya..

    BalasHapus
  12. Mau tanya min,saya ijasah b.inggris tapi ngajar di sd apakah itu linier ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bantu jawab, kasus sy jg sama. Ijazah sy tidak linier, makanya sy kemaren kuliah lagi S1-PGSD di UT supaya linier, karena sy guru kelas di SD. Menurut sy, sayang kalo sampe gak linier, karena mau persiapan utk sertifikasi.

      Hapus
    2. Jika bgtu apa bedanya dgn sy yg mngajar guru kls diSD.tp ijasah masih S1 Matematika🙏
      Mohon pencerahannya

      Hapus
    3. Harus punya s1 PGSD.
      Kalau ibu ngajar di SD, Kalau dulu ijzah b inggris, punya serdiknya bahasa inggris, insya Allah TPG bisa cair asal punya s1 PGSD.

      Hapus
  13. Serdik saya pendidikan agama Islam ( fiqih) apakah linier saya melamar CPNS guru PAI. Mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana jawaban admin apakah linier

      Hapus
    2. Kasusnya sama dengan saya
      Memiliki serdik PAI (fiqih) kode 129
      Namun lulus CPNS formasi PAI (SD)
      Apakah keduanya linier?

      Hapus
  14. Mau tanya min, kwn q jurusan PKn,dulunya ia mengajar di SD dan mendapat serdik guru kelas dgn kode 027. Lalu dia menang PNS dan mgajar di SMP mata pelajaran PKn sesuai ijazahnya. Apakah serdiknya bisa linear?

    BalasHapus
  15. Min, klu temanq jurusan sesuai ijazahnya PKn mempunyai serdik di SD dgn kode 027 atau guru kelas SD. Sekarang dia menang PNS dan mengajar PKn di SMP. Apakah Serdiknya bosa linear?

    BalasHapus
  16. Pertanyaan ke 1 belum dijawab

    BalasHapus
  17. Saya guru sejarah di SMA, sedangkan izasah saya geografi linier tudak

    BalasHapus
  18. sefaham saya mah aturan itu bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik, klo belum mah ga harus.....
    Dan di permendikbud no 16 tahun 2019 linieritas guru bersertifikat pendidik alhamdulillah fleksible..

    BalasHapus
  19. Malam kak. Saya guru biologi SMA NEGERI dengan disiplin ilmu S1 pendidikan biologi,Apakah sya bisa mengajukan mutasi ke SMK NEGERI ?

    BalasHapus
  20. Saya ijasahnya PAI sertinya guru kelqs mi apakah masih boleh ngjar ya bang

    BalasHapus
  21. Saya guru TK..tetapi ijazah saya PGMI..
    Disini saya bertanya apakah selmaa ngajar TK saya bisa jadi guru serivikasi?? Sedangkan ijazah saya PGMI

    BalasHapus
  22. maaf pak guru, karena postingan ini jadi banyak yang salah paham dengan linearitas. banyak teman2 guru di komentar menjadi cemas.

    Postingan ini sedikit keliru, postingan ini menarasikan bahwa linearitas itu antara bidang yang diampu (mapel yang diampu) dengan Kualifikasi Akademik S1/D4.

    Padahal permendikbud 16 tahun 2019 tidak seperti itu, melainkan linearitas itu antara Bidang tugas yang diampu (mapel yang diampu) dengan Bidang Sertifikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya itu giman aya aku belum mudeng ini....misal sy punya serdik bahasa indonesia..serdik saya terbaca diafirmasi guru sd tidak pak? Mohon jawabannya

      Hapus
  23. Ijin tnya, saya guru SMP mapel Matematika dan sdh bersertifikat pendidik, kemudian saya mutasi ke SD sebagai guru kelas, apakah sertifikasi saya masih di akui/ Linier?

    BalasHapus
  24. Apakah JURUSAN PGMI bisa mengajar ke SD NEGERI, dan apakah ada formasi cpns untuk PGMI terima kasih

    BalasHapus
  25. saya punya serdik fisika dengan kode 184. apa bisa digunakan di smp untuk MAPEL IPA?

    BalasHapus
  26. Maaf admin...saya mau bertanya, saya jurusan seni dan mengajar di sd.
    Dan sudah ujian untuk plpg thn 2017.
    Pertanyaan saya apakah di sd linear untuk jurusan saya dan bisakah sertifikasi ??

    BalasHapus
  27. Saya mau bertanya apakah jurusan pendidikan biologi bisa mengajar di slb ?

    BalasHapus
  28. Mohon izin bertanya, apakah ada perubahan linearlitas,unruk mapel pjok dengan kode 220,dan 107, dalam artian mapel pjok bersertifikat pendidik di sd tidak dapat pindah mengajar di smp?

    BalasHapus
  29. Kalau guru kelas MI kode 028 apakah linear dengan guru kelas SD kode 027

    BalasHapus
  30. pagi min,mau tanya saya memiliki serdik kode 027, saya jurusan pendidikan pkn,kemaren saya ikut SKB CPNS ngambil pkn SMP, apakah serdik saya dapat membantu di SKB PKN SMP NY? terimakasih seblmnya

    BalasHapus
  31. Saya s1 pendidikan sejarah ngajar di SMP mapel IPS., linier gak ya?

    BalasHapus
  32. Pagi min mau tanya. Ijazah saya PAI. karena saya mengajar di MI saya sudah sertifikasi taoi sertifikat pendidik saya guru fikih. Dan cpns taun ini saya melamar guru pai di sd. Apakah sertifikat pendidik saya bisa digunakan untuk penunjang saat tes skb? Terima kasih

    BalasHapus
  33. Sistem informasi uin ngajar Pai SD linear nggak

    BalasHapus
  34. mau tanya admin...saya sudah sertifikasi TK dengan kode 020, setelah itu saya pindah mengajar di SD menjadi wali kelas 3, apakah sertifikasi saya bisa di gunakan?

    BalasHapus
  35. Saya blm serti pak.saya jurusan bahasa.apkah saya boleh ngajar d sd.bisatdk saya sertifikasi.

    BalasHapus
  36. saya mau tanya,
    saya jurusan PAI apakah selinier dng RA.
    krn di TK guru PAI tdk apa2..
    apakah sama RA dan TK?

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Dengan hormat,
    Saya slh satu peserta CPNS 2019 yg kemarin mengikuti SKB Formasi GURU AGAMA ISLAM SD, yang ingin saya tanyakan, apakah serdik PAI(AKIDAH AKHLAK) dg kode mapel 235 linier dg jabatan yg saya lamar tersebut?
    Mohon penjelasannya.
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Dengan hormat,
    Saya slh satu peserta CPNS 2019 yg kemarin mengikuti SKB Formasi GURU AGAMA ISLAM SD, yang ingin saya tanyakan, apakah serdik PAI(AKIDAH AKHLAK) dg kode mapel 235 linier dg jabatan yg saya lamar tersebut?
    Mohon penjelasannya.
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  39. Saya jurusan PAI tapi tertulis konsentrasi PGRA/PGPAUD. Kalau mengajar d SD atau MI /MTS,apakah bisa?

    BalasHapus
  40. saya guru SD dengan latar belakang pendidikan p.bio (190), dalam permendikbut No 16 tahun 2019 Tentang penataan guru bersertifikat saya termasuk linier. tetapi ketika ingin mutasi ke propinsi lain kenapa sulit ya?karena dianggap tidak linier. Terimakasih

    BalasHapus
  41. saya guru SD dengan latar belakang pendidikan p.bio (190), dalam permendikbut No 16 tahun 2019 Tentang penataan guru bersertifikat saya termasuk linier. tetapi ketika ingin mutasi ke propinsi lain kenapa sulit ya?karena dianggap tidak linier. Terimakasih

    BalasHapus
  42. Izin bertanya admin... saya mengajar di SMP ijazah matematika dan sudah memiliki serdik dgn kode 180... apabila saya pindah mengajar ke SD menjadi guru kelas, apakah linier jam pembelajarannya???

    BalasHapus
  43. Saya mau tanya apakah ijazah saya linier untuk mengajar di SDN, sedangkan saya ikut PLPG dan punya sertifikat pendidik ijazah yang waktu PLPG yaitu Pendidikan ilmu pengetahuan sosial, dan baru baru ini saya diterimah PPPK, Apakah masih bisa saya mengajar di SDN

    BalasHapus
  44. Saya mau tanya apakah ijazah saya linier untuk mengajar di SDN, sedangkan saya ikut PLPG dan punya sertifikat pendidik ijazah yang waktu PLPG yaitu Pendidikan ilmu pengetahuan sosial, dan baru baru ini saya diterimah PPPK, Apakah masih bisa saya mengajar di SDN

    BalasHapus
  45. Saya mengajar di SD sebagai guru kelas ,tetapi ijasah saya S1 PAI. apakah saya linear di SD

    BalasHapus
  46. Saya mau tanya min. Saya kan S1 pendidikan bahasa inggris, apakah bisa kalau PPG nya ambil mapel PAI, karna saya di SD mengajar mapel PAI. bagaimana min?

    BalasHapus
  47. kenapa serdik senibudaya tidak linier dg guru sd sedangkan mapel yg lain bisa

    BalasHapus
  48. Mohon maaf saya bertanya, saya lulusan S1 Administrasi Negara, tetapi saya mengajar di SMK mapel PKN. Nahh saya dimasukan Didabodik sebagai guru, otomatis ini tidak linear karena memang saya bukan lulusan pendidik. Agar dapat menjadi linear, saya harus bagaimana ya??
    Terima kasih 🙏

    BalasHapus
  49. Mohon maaf saya bertanya, saya

    BalasHapus
  50. Mohon maaf sy tamatan d3 akuntansi mengajr di smk mapel pkk dan di dapodik dimsukan sebagai guru..sy mau berty kira2 saya bisa ikut p3k or hrus bagaimana.trimakasi z

    BalasHapus
  51. Mohon maaf... Saya ngajar di SD swasta ijasah sarjana sosial. Pasti harus kuliah lagi ya ke pgsd

    BalasHapus
  52. Mau tanya masalah ini :

    guru bersertifikat pendidik Bahasa Inggris (157) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana (S1) atau Diploma Empat (D4) PGSD atau Psikologi;

    Saya lulusan s1 pendidikan b.Inggris dan Saya sudah 3 tahun lebih menjadi tenaga honorer guru kelas 5 di sd.. apakah saya sudah di anggap linear untuk mengikuti p3k ?

    BalasHapus
  53. Saya s1 PAI dan saya mengajar sebagai guru kelas di MI. Apakah linier?

    BalasHapus
  54. maaf bapak ibu kenapa sertifikasi seni budaya tidak linier menjadi guru SD, padahal acara kegiatan di SD tidak terlepas dari kesenian. sedangkan kimia, fisika, antropologi, akuntansi bisa linier di SD. mohon informasinya. apakah harus ppg ulang

    BalasHapus
  55. Permisi saya mau bertanya,saya sarjana Teknologi Pendidikan. sudah 5 tahun lebih honor mengajar di SD Negeri, dan menjadi guru kelas, sudah ada dapat TPP. Apakah saya harus kuliah PGSD untuk melinearkan ijazah saya. Apakah saya bisa mengikuti P3K. Mohon penjelasannya...terima kasih.... I

    BalasHapus
  56. Saya s1 jurusan manajemen pendidikan,, dan mengajar di SD. dan kebetulan saya OPS,, apakah linear..?

    BalasHapus
  57. Bang imam..
    Saya s1 jurusan raudhatul alfal tapi saya mengajar di sekolah SDN kls1dan2apakah lineartikel. .?

    BalasHapus
  58. Bang imam..
    Saya s1 jurusan raudhatul alfal tapi saya mengajar di sekolah SDN kls1dan2apakah lineartikel. .?

    BalasHapus
  59. Mohon pencerahannya..Ijazah S1 Bimbingan dan Penyuluh Islam akta IV PAI, ngajar B.Arab, sertifikat pendidik B.Arab..kalau ikut tes pppk ikut mapel B.Arab atau guru Bimbingan dan Penyuluhan ya?

    BalasHapus
  60. Kalau S1 psikologi S2 pendidikan ips sebenarnya liner ga ya? Pengalaman mengajar guru TK dan guru BK

    BalasHapus
  61. Mohon pencerahannya, saya dari sarjana akuntansi .Sekarang mengajar TK dan kebetulan saya ops.dan kemaraen sy vervalkan untuk mengikuti P#K.yang ingin saya tanyakan apakah ijazah sy memenuhi syarat untuk p3k?cz ijazah yg PGPAUD baru thn ddepan keluar....

    BalasHapus
  62. Sy salah memasukan verval seharusnya sy memasukan ijazah PGSD, tp saya malah memasukan ijazah sarjana seni tari, apakah sarjana seni bisa mengajar di SD nnt klu seandainya Lulu P3k mohon jawabannya, karena sy mau verval ulang tidak bisa...

    BalasHapus
  63. Yg benar S1 Pendidikan Bahasa Inggris linier ap tidak jika mengajar d SD? Karena ada yang bilang linier ada yg bilang tidak

    BalasHapus
  64. Mf mau tanya...sya guru mapel biologi.dri 2010 sya ngajar di sd.tpi krna ada aturan thun kemarin sya di dapodik mnjadi tendik....apkah linear atau tidak?

    BalasHapus
  65. Assalamualikum,ijin bertanya maaf klw Pjng?
    1. Saya msh berstatus Guru honorer dgn ijazah S1 PIAUD mengajar DiTK negeri apakah linier?
    2. Di TK negeri kenapa tidak bisa Sertifikasi?
    3.Kenapa saat tes CPNS 2019 ijazah sy tidak diterima saat formasi Kota sungai penuh kerinci Jambi dgn alasan sy tidak sesuai formasi pdhl sy kuliah mmg untuk guru kelas RA/TK,apa karna alasanny ijazah sy dari Kemenag bukan Kemndikbud disanggah tp tidak ada perubahan sehingga seleksi adm saja TDK diterima di 2019 smntra tmn sy melamar ditmpt lain dgn ijazah yg sama diterima,apakah tidak ada penyamaan nama PGTK/PGRA/PGPAUD/PIAUD agar pihak Pemda tidak salah menilai lineritas ijazah?agar tidak terjadi lagi kesalah pahaman yg menurut pihak kampus saya adalah kesalahan pemahaman nomenklatur? Sperti kasus PGSD/PGMI,sebaiknya sy ikut yg mana?
    4.apakah sy hrs ikut Depag Krn sy status jurusan PIAUD adalah pendidikan Islam anak usia dini termasuk dalam rumpun PAI?(Bukan PAI)rumpun PAI SM sprti PGTk /psikologi/BK?

    5.Skrg sy dismster III (S2) jurusan PAI focus kajian pendidikan karakter,linier apa tidak ya BPK/ibu? Mhn pencerahan wssalm trmksh

    BalasHapus
  66. Ass.admin saya mengajar di TK, sertifikat pendidik TK, tapi ijazah PGSD. Mau pindah ke SD jam nya tiadk ada, sekarang masih mengajar di TK..mohon solusi jawabannya🙏🙏

    BalasHapus
  67. Klu kode sertifikasi 027 guru kelas di SD.. bisa kah pindah ke TK??

    BalasHapus
  68. Kalau kude ijazah dan kode akta 4 nya 028 linier nya bisa mapel at guru kelas

    BalasHapus
  69. ass saya mau tanya saya lulusan PGMI UIn .. apakah saya lenier mengajar jadi guru kelas SD nEgri

    BalasHapus
  70. saya lulusan pgmi apakah lenier menhajar guru kelas SD

    BalasHapus
  71. saya lulusan pgmi apakah lrnier mengajar jadi guru kelas sD

    BalasHapus
  72. Sy lulus PNS SBG guru BK dengan ijazah psikologi pendidikan kons. BK tetapi memiliki sertifikat pendidik sekolah dasar, apakah linear min bila sy mutasi ke SD ?

    BalasHapus
  73. Saya sarjana Ilmu Komunikasi, mengajar di SD , apakah ijazah saya linier untuk mengajar di SD.
    Apakah saya bisa pindah mengajar di SMP/SMA

    BalasHapus
  74. Maaf mau bertanya. ijasah saya S1 pend. Matematika. Saya guru honor di SD dan baru selesai PPG daljab prodi guru kelas SD. Akan tetapi tahun ini juga Alhamdulillah saya lulus CPNS di SMP. Apakah serdik saya bisa saya gunakan di SMP?

    BalasHapus
  75. Saya sarjana PAI,SK Sy guru Agama sdh sertifikasi tapi tugas mengajarnya Guru kelas.Apakah sy hrs melinierkan ijazah sy ?

    BalasHapus
  76. Assalamu'alaikum maaf saya mau tanya saya sarjana pendidikan jurusan tarbiyah tapi ngajarnya di TK, hal macam itu linier tidak?

    BalasHapus
  77. Saya ingin bertanya, saya S1 Pendidikan Ekonomi Koperasi dan mengajar di SD sebagai guru kelas dan sudah disertifikasi dengan kode 027. Ketika saya ingin pindah menjadi guru mapel di SMP atau SMA/SMK agar saya tetap menerima sertifikasi mata pelajaran apa yang linear dengan serdik saya?

    BalasHapus
  78. Aku ngajar di MI jadi guru kelas, tp ijazah ku s1 matematika. Apa kah linier? Atau harus ambil S.Pd lagi supaya bisa lancar pengajuan NUPTK?. Mohon di balas

    BalasHapus
  79. Kak ingin menanyakan saya lulusan S1 pendidikan b.inggris tetapi saya mengajar di SD dan sebagai guru kelas..
    Misal saya ambil jurusan PGSD agar linear di UT apa hanya menempuh 3 semester saja?? Apa harus 4th??

    BalasHapus
  80. Saya S1 pendidikan kewarganegaraan dan sekarang saya mengajar di SD,apakah ijazah saya linear?

    BalasHapus
  81. Saya S1 pendidikan Bahasa Inggris dan mengajar di sd tapi belum memiliki sertifikat pendidik apakah linear?

    BalasHapus
  82. Apakah kode sertifikasi 027 linear dengan kode sertifikasi 134 terimakasih

    BalasHapus
  83. Apakah kode sertifikasi 027 linear dengan kode sertifikasi 134 terimakasih

    BalasHapus
  84. Apakah kode serifikasi 027 linear dengan kode sertifikasi134, terima kasih

    BalasHapus
  85. Admin, sy mengajar sbg Guru Kelas di MI dan blm ada serdik. Apakah jabatan sy tsb linier dengan ijazah S1 Pendidikan Kimia sy? Trims sblmnya

    BalasHapus
  86. saya ijazah pgsd tetapi sertifikasi seni budaya 217 bagaimana supaya bisa linier atau mengikuti ppg ulang. trims

    BalasHapus
  87. Apa S1 pendidikan bhs jawa (Spd) dengan S2 pendidikan bhs indonesia (Mpd) Linier
    trima kasih

    BalasHapus
  88. Apa S1 pendidikan bhs jawa (Spd) dengan S2 pendidikan bhs indonesia (Mpd) Linier
    trima kasih

    BalasHapus
  89. Apa S1 pendidikan bhs jawa (Spd) dengan S2 pendidikan bhs indonesia (Mpd) Linier
    trima kasih

    BalasHapus
  90. Mohon pencerahan nya, sy lulusan S1 pendidikan bahasa dan sastra Indonesia mengajar di MI dan belum sertifikasi..akhir2 ini ijazah sy sering dipermasalahkan tidak linear, sehingga kemarin tidak diberi kesempatan ikut AKG...apakah sy harus ikut kuliah penyetaraan PGSD? Beberapa teman menyarankan seperti itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nanti sertifikasi boleh dan bisa jadi linear, tidak apa2

      Hapus
  91. assalamualaikum.
    sy ingin bertanya.
    selama ini sy mengajar di SD sudah 8 thn.
    apakah nanti ketika ada pendaftaran p3k sy bisa mendaftar di SD?
    mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  92. Ass admin,sy mohon solusi dan pencerahan ttg linearitas ijazah saya.saya tamatan dari USU jurusan fakultas ekonomi jurusan manajemen tahun 1995.saat ini saya bekerja mengajar sebagai guru bahasa Inggris di SMPNegeri di kampung saya.saya sdh mengajar sejak tahun 2011.sekarang saya mau nanya pada admin.apakah ijazah saya ini linear dgn mata pelajaran yg saya ampu sekarang??? dan apakah bisa saya ikut mendaftar p3k yg akan dibuka tahun ini jurusan bahasa Inggris juga karena ini yg terdaftar didapodik.mohon pencerahannya bisakah saya ikut seleksi P3k jurusan b.inggris.trimksh atas balasannya

    BalasHapus
  93. Mohon pencerahan nya, sy lulusan S1 pendidikan biologi. mengajar di SD sudah 8 th belum sertifikasi..apakah ijazah sy tidak linear,?
    kemudian apakah sy harus ikut kuliah penyetaraan PGSD?
    terakhir,nanti ketika dibuka pendaftaran p3k sy bisa ikut?

    BalasHapus
  94. Saya punya ijasah teologika jika saya mengajar Bimbingan Konseling apakah itu masih bisa linier

    BalasHapus
  95. Saya mempunyai serdik Mapel TIK kode 224 pada tahun 2012, sekarang saya mengajar di SD. Setahu saya itu tidak lenier antara Serdik dan Mapel yang saya ajar, bagaimana solusi agar saya dapat mendapat TPG?

    BalasHapus
  96. ijin SAYA GURU DENGAN IJASAH ILMU KOMUNIKASI S.IKom LINEAR DENGAN MAPEL APA UNTUK JURUSAN OTKP

    BalasHapus
  97. Saya S1 PPKn rencana mau ambil S2 ilmu Hukum,apakah linear ? Karena PPKn adakah ilmu interdisipliner. Mohon Bantuannya

    BalasHapus
  98. Saya S1 biologi.sekarang mengajar di Paud.nama sudah masuk di dapodik.apakan nanti sya bsa ikut tes p3k.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, tapi kalau lulus PPPK akan ditempatkan sesuai dengan ijazah yang diampunya

      Hapus
  99. Saya S1 PPKn saya berminat mengambil S2 hukum, pertanyaannya PPKn dan Ilmu Hukum kan serumpun, tapi apakah S2 saya nanti Linear dengan S1 saya ? Terus apakah saya harus PPG lagi ? Mohon Pencerahannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk S2 jurusan apa saja tidak masalah

      karena persyaratan untuk menjadi guru hanya S1 dan linear dengan mengajarnya

      Hapus
  100. Mohon pencerahan saya S1 PAI serdik PAI(akidah akhlak)apakah bisa dftar di PAI SD? Klu lulus p3k apakah TPP tidak terganggu

    BalasHapus
  101. Mohon pencerahan saya S1 PAI serdik PAI(akidah akhlak)apakah bisa dftar di PAI SD? Klu lulus p3k apakah TPP tidak terganggu

    BalasHapus
  102. Mohon pencerahan saya S1 PAI serdik PAI(akidah akhlak)apakah bisa dftar di PAI SD? Klu lulus p3k apakah TPP tidak terganggu

    BalasHapus
  103. Mohon pencerahan saya S1 PAI serdik PAI(akidah akhlak)apakah bisa dftar di PAI SD? Klu lulus p3k apakah TPP tidak terganggu

    BalasHapus
  104. Pak admin saya mau tanya, saya sdh punya srtifikat pendidik sebagai guru kelas SD, skrg saya pindah satminkal ke SMK mengampu mapel PAI, apakah bisa linier. Terima kasih

    BalasHapus
  105. Ijin tanya,saya guru bahasa inggris dengan sertifikat bahasa inggris s1&akta IV,dan sudah mengajar di sd sejak lama namun saya di beri tugas menjadi guru penjas,apakah linier dengan izasah saya ? Mohon bantuannya,,

    BalasHapus
  106. Assalamualaikum, ijin tanya saya lulusan PGMI dan mengajar PAI di SD dan sudah terdaftar di dapodik, apakah sya boleh ikut tes pppk?

    BalasHapus
  107. Saya jurusan pendidikan bahasa Inggris, belum sertifikasi, mengajar di TK, Bisa tdk ya???

    BalasHapus
  108. Kalo ijazahnya Pendidikan IPS dan sertifikat pendidik nya juga Pendidikan IPS bisa ngajar jadi guru SD gak?

    BalasHapus
  109. Mohon bantuannya mas admin saya putu taris sekarang mengajar sebagai guru sd dan memiliki ijazah s1 pgsd dan telah sertifikasi namun saya melanjutkan ke S2 manajemen pendidikan. Apakah ijazah S2 saya linier dengan ijazah S1 dan apakah masih bisa menerima tunjang sertifikasi guru?.mohon jawaban admin. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  110. Selamat sore, maaf mau tanya. Sy sarjana sosiologi, apakah liner dgn guru SD? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  111. Saya lulusan s.kom bukan lulusan pendidik komputer. Mengajar di smp materi Tik, apakah itu linier?

    BalasHapus
  112. Saya lulusan pendidikan bahasa Inggris mengajar di SD sdh 14 thn apa bs ikut p3k?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ikut PPPK tahap 3, untuk tahap 1 di sekolah induk tidak bisa karna tidak linier.

      Hapus
  113. Saya ijazah tadris biologi mengajar di sd apa saya bisa ikut pppk di sd, apa linier dengan sd, di akta tertulis diberikan hak mengajar di tingkat madrasah aliyah, mohon penjelasannya terima kasih.

    BalasHapus
  114. Saya lulus serdik thn 2012.dan mengajar di sd.alhamdullih lancar di bayar.namun pd thn 2021 dinas minta ijazah discand utk dikirim.tapi masalahnya ijazah saya adalh PAI.Dan sertifacat saya adalah Bahasa inggris.sehingga dinas tidak mau menvalidasinya

    BalasHapus
  115. Mohon ijin admin, sya asrin guru honorer SMK, yg mau sya tanyakan jurusan sya teknik informatika dan sya buakan bagian keguruan tpi sya honor jadi guru simulasi digital, apakah sya bisa ikut tes PPPk ???

    BalasHapus
  116. Nama sya juga sdh terdaftar didapodik, tpi latar belakang pendidikan sya bukan keguruan apakah sya tetap bisa ikut tes PPPK atau Tdk ???
    Mohon penjelasannya admin

    BalasHapus
  117. Saya sertifikasi guru kelas tapi ijasah saya S1 penjaskes apakah linear???

    BalasHapus
  118. Saya ijazah pendidikan bahasa Inggris, apakah boleh melamar sebagai guru kelas SD?

    BalasHapus
  119. Saya ijazah pendidikan bahasa Inggris, apakah boleh melamar sebagai guru kelas SD?saya sudah masuk dapodik di Sd

    BalasHapus
  120. Saya lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris mengajar Bahasa Inggris di SD tapi di dapodik ditulis guru kelas sudah 5 tahun jadi apakah Saya bisa ikut PPG dan sertifikasi ya?

    BalasHapus
  121. Saya lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris mengajar Bahasa Inggris di SD tapi di dapodik ditulis guru kelas sudah 5 tahun jadi apakah Saya bisa ikut PPG dan sertifikasi ya? 🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  122. Saya honor sd ijazah tadris biologi belum sertifikasi dan pada ijazah ditulis diberi kewenangan mengajar tingkat aliah apakah bisa memilih formasi pppk guru kelas sd,dan disekolah induk saya tidak memiliki formasi pppk mohon penjelasannyaterima kasih.

    BalasHapus
  123. Saya guru TK udah mengapdi 15 THN udah terdaftar di dapodik jurusan bahasa Indonesia apa boleh daftar p3k melamar d SD menjadi guru kelas...

    BalasHapus
  124. Assalamualaikum, mohon ijin bertanya, saya ngajar di smp, tp mau ikut pppk di SD, apakah ijazah nya saya linear jika nanty ambil di SD

    BalasHapus
  125. Saya s1 fisika, apakah linear jika ngajar di SD?

    BalasHapus
  126. Saya s1 fisika, apakah linear jika ngajar di SD?

    BalasHapus
  127. Saya guru tk dan terpanggil ppg 2021,jurusan saya pgsd,untuk mengisi mapel ppg di biodata saya isi sesuai ijazah atau sesuai mapel yg saya ampu sekaranga yaitu guru kelas tk?

    BalasHapus
  128. Saya lulusan piaud dan mengajar sebagai guru TK apakah saya bisa ikut sertifikasi? mohon jawabannya

    BalasHapus
  129. Ijazah saya s1 pend. Bahasa inggris, saya mengajar di sd sebagai guru kelas di dapodik. Saya tidak bisa ikut PPPK di sekolah induk karna tidak linier... nasibbbbbb....

    BalasHapus
  130. Saya lulusan S1 pendidikan agama islam tapi jika mengajar di sd sebagai guru kelas apakah terdaftar dapodik dan bisa ikut cpns/pppk?

    BalasHapus
  131. Ijin bertanya. Siapa tau ada yang bisa jawab. Saya lulusan PPG tahun 2010. Setelah lulus saya tidak mengajar lagi. Sekarang ingin daftar P3K. Tetapi keterangannya ijazah belum ditarik dari PDdikti. Apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
  132. Ijin bertanya. Saya jurusan pendidikan fisika, ajar di SD swasta. Saya ajar guru kelas, dan saya tidak memiliki serdik. Apa bisa saya p3k ambil guru kelas. Tolong balas ya ka.

    BalasHapus
  133. ijasah S1 pendidikan bhsa dan sastra indonesia.ppg mapel bhsa indonesia.mengajar di sd linier?

    BalasHapus
  134. Ijazah saya PGSD apakah linier dengan sertifikat pendidik saya guru kelas SDLB atau pendidikan luar biasa?

    BalasHapus
  135. Ijazah saya PGSD apakah linier dengan sertifikat pendidik saya guru kelas SDLB atau pendidikan luar biasa?

    BalasHapus
  136. Ijin bertanya, saya guru SLB ijazah pend MTK. Untuk PPG yg sedang saya ikuti adalah mapel matematika kode 180. Apakah linear?

    BalasHapus
  137. Ijin bertanya saya guru SLB. Ijazah pendidikan matematika, dan PPG yg sedang saya ikuti adalah mapel matematika kode 180. Apakah linear?

    BalasHapus
  138. Ijin bertanya istri saya mengajar di sd tapi Jurusan ips economic, tapi tes p3k tahap satu ga lulus tapi pili formasi ips di smp. Mohon penjelsannya

    BalasHapus
  139. ijin bertanya,, saya jurusan matematika tanpa serdik ngajar di smp,,apakah saya bisaikut pppk ambil guru kelas

    BalasHapus
  140. Mohon tanya saya punya ijazah jurusan PGMI mengajar di SD apa sebagai guru agama apa masih linear pak? Mohon bimbingnannya

    BalasHapus
  141. Mohon bertanya, saya berijazah S1 pendidikan ekonomi, tapi saya guru mapel pkn,dan juga data saya di simpatika guru mapel pkn. apakah linier dan apakah saya bisa ikut tes pppk mengambil mapel pkn sesuai selama ini saya mengajar mapel pkn tersebut?

    BalasHapus
  142. Saya lulusan sarjana pendidikan Ekonomi (S1) apakah linear dengan guru kelas SD?

    BalasHapus
  143. Saya lulusan s1 pendidikan bahasa Inggris, sekarang saya mengajar di SD swasta mengajar bahasa Inggris dan wali kelas 6... Apakah selinier? Apakah bisa sertifikasi? Apakah harus melanjutkan s2 untuk penyetaraan? Jika saya ingin melanjutkan ke s2 untuk penyetaraan saya harus ambil jurusan ap?Mohon pencerahannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya S1 Pendidikan Bahasa Inggris masih linear mengajar di SD

      Hanya saja dalam kurikulum pendidikan di Indonesia tidak terdapat mata pelajaran bahasa inggris jenjang SD

      Itu saja masalahnya

      Hapus
  144. Mohon maaf saya mau bertanya saya guru TK sudah serdik dan pengen ikut p3k tahap 3 apakah ngelamarnya guru pai atau guru kelas?karena kemarin guru pai serdiknya tidak bisa membantu?makasih mohon balasannya

    BalasHapus
  145. Mohon maaf saya mau bertanya saya guru TK sudah serdik dan ingin ikut p3k tahap 3 apakah ngambilnya guru kelas atau guru PAI?soalnya tahap 2 ikut guru PAI serdiknya tidak membantu?mohon balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai sertifikasi dihitung apabila lowongan yang dilamar sama dengan tugas mengajar saat ini.

      Misal : Lowongan yang dilamar adalah : Guru TK
      Sertifikasinya : Guru TK
      Maka otomatis akan dihitung persentasinya

      Hapus
  146. Makasih atas jawabannya bearati kalau saya ikut p3k guru kelas SD atau guru PAi di SD serdiknya tidak nyambung ya?

    BalasHapus
  147. maaf saya mau bertanya lebih jelas lagi ,serdik saya di tk saya mengajar di sd kelas 1 , apakah kalau saya kuliah PGSD sertifikasi saya bisa digunakan . mohon pencerahannya . terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus di up grade lagi, tetapi pendapat saya jika mengajar di kelas rendah serdiknya masih cocok sih

      Hapus
  148. Mohon ma'af saya mau Tanya, Knapa s1 bahasa Inggris tidak bisa ikut p3k guru SD, sedang s1 mapel lain bisa. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurikulum SD di Indonesia tidak ada mata pelajaran bahasa inggris

      sehingga kebutuhan guru SD hanya :
      1. Kepala Sekolah
      2. Guru Kelas (PGSD)
      3. Guru Agama (PAI)
      4. Guru Penjaskersos (Guru Olahraga)
      5. Guru Muatan Lokal (Mulok)

      Hapus
  149. Mengajar di SD memiliki sertifikat pendidik guru kelas SD Kelas Tinggi berijazah S1 PAI
    Apakah linier
    Mohon pencerahan admin trimakasih

    BalasHapus
  150. Ka kalau sarjana PAI, ngajar di PAUD. Gimana bisa ikut PPPK gak?

    BalasHapus
  151. Izin tanya jika ngajar SD dr pendidikan kimia linier tidak?

    BalasHapus
  152. Jika ngajar diSD pendidikan kimia linier tidak?

    BalasHapus
  153. Sy ngajar di SD sudah 14 tahun tp ijazah pgpaud.... Bagaimana solusinya supaya bisa ikut p3k...

    BalasHapus
  154. Saya mw tax sy mengajar di SD tetpi ijasah saya jurusan pendidikan sejarah apakah ljazah saya linear

    BalasHapus
  155. Mohon informasi Sy lulusan psikologi dan mengajar BK kemudian Sy jg telah mengikuti PPG apakah nt serdik Sy bisa liner?

    BalasHapus
  156. saya guru MIN Berijazah Jurusan manajemen Pendidikan Islam,jadi pelajaran apakah yg bisa saya ngajar untuk bisa linear dengan ijazah saya miliki.terima kasih

    BalasHapus
  157. Selamat siang, jika guru Bahasa Inggris mngajar di SD swasta lalu lulus PPG. Apakah Sertifikasi dpt digunakan di sekolah swasta tsb?

    BalasHapus
  158. Saya guru sd lulusan pgsd tapi sy ngajar pjok di SD bisa linier tidak?bs ikut PPg tdk?

    BalasHapus
  159. Mau tanya jurusan saya ppkn dan saya mengajar dengan membawakan sejarah indonesia.. Apakah itu linear

    BalasHapus

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi