Kurikulum Tahun 2025 yang akan dilaksanakan mulai Tahun Ajaran 2025/2026 pengintegrasian antara Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013.
Pada jenjang SMP, MTs dan bentuk lain yang sederajat, kurikulum terdiri dari mata pelajaran wajib, mata pelajaran pilihan dan muatan lokal.
Mata Pelajaran pada Struktur Kurikulum SMP dan MTs atau Bentuk Lain yang sederajat adalah :
- Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
- Pendidikan Pancasila
- Bahasa Indonesia
- Matematika
- Ilmu Pengetahuan Alam
- Ilmu Pengetahuan Sosial
- Bahasa Inggris
- Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
- Informatika
- Seni, Budaya dan Prakarya
- Koding dan Kecerdasan Artificial
- Muatan Lokal
Kegiatan efektif pembelajaran jenjang SMP, MTs dan bentuk lain yang sederajat dalam 1 tahun sekitar 36 minggu. Dengan 1 JP pada jenjang SMP/MTs sama dengan 40 menit.
Berikut Tabel Struktur Pembelajaran SMP/MTs Tahun Ajaran 2025/2026 :
I. KELAS 7 DAN KELAS 8
Struktur
Kurikulum SMP dan MTs Kelas 7 dan 8 atau Bentuk Lain Sederajat Tahun Ajaran 2025/2026
No |
Mata
Pelajaran |
Alokasi
|
||
Intra kurikuler Per Tahun |
Ko kurikuler Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
||
I |
Mata Pelajaran Wajib |
1.044 |
360 |
1.404 |
1 |
Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti |
72 |
36 |
108 |
Pendidikan Agama
Kristen dan Budi Pekerti |
||||
Pendidikan Agama
Katolik dan Budi Pekerti |
||||
Pendidikan Agama
Hindu dan Budi Pekerti |
||||
Pendidikan Agama
Buddha dan Budi Pekerti |
||||
Pendidikan Agam
Konghucu dan Budi Pekerti |
||||
2 |
Pendidikan Pancasila |
72 |
36 |
108 |
3 |
Bahasa Indonesia |
180 |
36 |
216 |
4 |
Matematika |
144 |
36 |
180 |
5 |
Ilmu Pengetahuan
Alam |
144 |
36 |
180 |
6 |
Ilmu Pengetahuan
Sosial |
108 |
36 |
144 |
7 |
Bahasa Inggris |
108 |
36 |
144 |
8 |
Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan |
72 |
36 |
108 |
9 |
Informatika |
72 |
36 |
108 |
10 |
Seni, Budaya dan
Prakarya |
|
|
|
|
Seni Musik |
72 |
36 |
108 |
Seni Rupa |
||||
Seni Teater |
||||
Seni Tari |
||||
|
Prakarya Budidaya |
|||
|
Prakarya Kerajinan |
|||
|
Prakarya Rekayasa |
|||
|
Prakarya Pengolahan |
|||
II |
Mata Pelajaran Pilihan |
|
|
|
|
Koding dan
Kecerdasan Artificial |
72 |
- |
72 |
III |
Muatan Lokal |
72 |
- |
72 |
Jumlah
Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan/Muatan Lokal |
1.116 |
360 |
1.476 |
|
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata
Pelajaran Pilihan + Muatan Lokal |
1.188 |
360 |
1.548 |
Keterangan :
- Pendidikan Agama dan Budi Pekerti diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
- satuan pendidikan menyediakan minimal satu jenis seni dan prakarya dan peserta didik dapat memilih satu jenis seni dan prakarya
- Koding dan Kecerdasan Artificial sebagai mata pelajaran pilihan dialokasikan 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun
- Muatan Lokal paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun.
II. KELAS 9
Struktur Kurikulum SMP dan MTs Kelas 9 atau Bentuk Lain Sederajat Tahun Ajaran 2025/2026
No |
Mata
Pelajaran |
Alokasi
|
||
Intra kurikuler Per Tahun |
Ko kurikuler Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
||
I |
Mata Pelajaran Wajib |
928 |
320 |
1.248 |
1 |
Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti |
63 |
32 |
96 |
Pendidikan Agama
Kristen dan Budi Pekerti |
||||
Pendidikan Agama
Katolik dan Budi Pekerti |
||||
Pendidikan Agama
Hindu dan Budi Pekerti |
||||
Pendidikan Agama
Buddha dan Budi Pekerti |
||||
Pendidikan Agam
Konghucu dan Budi Pekerti |
||||
2 |
Pendidikan Pancasila |
64 |
32 |
96 |
3 |
Bahasa Indonesia |
160 |
32 |
192 |
4 |
Matematika |
128 |
32 |
160 |
5 |
Ilmu Pengetahuan
Alam |
128 |
32 |
160 |
6 |
Ilmu Pengetahuan
Sosial |
96 |
32 |
128 |
7 |
Bahasa Inggris |
96 |
32 |
128 |
8 |
Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan |
64 |
32 |
96 |
9 |
Informatika |
64 |
32 |
96 |
10 |
Seni, Budaya dan
Prakarya |
|
|
|
|
Seni Musik |
64 |
32 |
96 |
Seni Rupa |
||||
Seni Teater |
||||
Seni Tari |
||||
|
Prakarya Budidaya |
|||
|
Prakarya Kerajinan |
|||
|
Prakarya Rekayasa |
|||
|
Prakarya Pengolahan |
|||
II |
Mata Pelajaran Pilihan |
|
|
|
|
Koding dan
Kecerdasan Artificial |
64 |
- |
64 |
III |
Muatan Lokal |
64 |
- |
64 |
Jumlah
Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan/Muatan Lokal |
992 |
320 |
1.312 |
|
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata
Pelajaran Pilihan + Muatan Lokal |
1.056 |
320 |
1.376 |
Keterangan :
- Pendidikan Agama dan Budi Pekerti diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
- satuan pendidikan menyediakan minimal satu jenis seni dan prakarya dan peserta didik dapat memilih satu jenis seni dan prakarya
- Koding dan Kecerdasan Artificial sebagai mata pelajaran pilihan dialokasikan 2 JP per minggu atau 64 JP per tahun
- Muatan Lokal paling banyak 2 JP per minggu atau 64 JP per tahun.
Penjelasan Struktur Kurikulum SMP/MTs 2025 :
- Muatan pelajaran kepercayaan untuk penghayat terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai layanan pendidikan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
- Layanan Bimbingan dan Konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai bimbingan dan konseling.
- Muatan Lokal merupakan muatan pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal berupa : a. seni budaya; b. prakarya, c. pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, d. bahasa, dan e. teknologi.
- Muatan Lokal dapat dilaksanakan satuan pendidikan melalui: a. pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain; b. pengintegrasian ke dalam kokurikuler; dan/atau c. mata pelajaran yang berdiri sendiri.
- Kurikulum di satuan pendidikan penyelenggara pendidikn inklusif di SMP, MTs, dan bentuk lain yang sederajat menambahkan mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus sesuai dengan kondisi peserta didik.
- Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dapat diberikan percepatan pemenuhan beban belajar, dan/atau dan pendalaman dan pengayaan capaian pembelajaran sebagai layanan individual dan bukan dalam bentuk rombongan belajar.
- Kelas Khusus atau Satuan Pendidikan Khusus Olahraga atau Seni dapat menggunakan alokasi waktu kokurikuler sebagai penguatan Kompetensi Khusus Keolahragaan atau Kesenian sesuai kebutuhan peserta didik.
- Mata Pelajaran Pilihan Koding dan Kecerdasan Artificial dapat disediakan oleh satuan pendidikan sesuai sumber daya yang dimiliki dan dapat dipilih oleh peserta didik sesuai minatnya.
- Kurikulum pada Satuan Pendidikan dapat dirancang dengan konsep diversifikasi. Konten diversifikasi dapat diambil dari kearifan lokal, potensi daerah, atau program nasional yang relevan dengan kebutuhan dan kondisi satuan pendidikan.
#BangImamBerbagi #Kurikulum2025 #SMP #MTs #2025
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi