Sabtu, 23 Juni 2018

Wisata ke Danau Siais Angkola Sangkunur

Masuk Wilayah Kelurahan Rianiate


Pemandangan Danau Siais dari Bukit Habang, Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, 17 Juni 2018. Foto : Nayla, Bang Imam, Aisyah
Rianiate (BIB) - Tahu ga kalau selain Danau Toba di Samosir juga masih ada danau alam yang berada di Sumatera Utara. Namanya Danau Siais. Danau Siais terletak di Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Setiap pulang kampung saya selalu singgah dan berwisata ke Danau Siais. Saat Lebaran, Idul Fitri 1439 H yang bertepatan dengan 15 Juni 2018, saya juga berwisata ke Danau Siais pada hari ke-3 Idul Fitri, 17 Juni 2018.

Berdasarkan data google, perjalanan dengan menggunakan kenderaan umum (angkutan umum/taxi/travel) dari Simpang Trikora/Jembatan Batangtoru memakan waktu kurang lebih 1 jam 22 menit. Padahal jaraknya cuma sekitar 40,4 km2. Dari Sibolga ke Danau Siais mencapai 89,4 km2 dan dari Kota Padangsidimpuan ke Danau Siais berjarak sekitar 65,2 km2.

Dan jika dari Kota Medan menuju Danau Siais dapat ditempuh perjalanan darat 10 jam 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 431,7 km2.

Namun, karena jalannya masih berkelok=kelok melewati beberapa bukit yang dikiri-kanannya adalah kebun sawit warga dan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Hapesong sehingga menuju tempat ini menjadi cukup jauh.
Jalan Mulus ke Danau Siais, Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan. Foto : Bang Imam, 17 Juni 2018
Namun, saat ini jalan yang dilalui sudah cukup mulus dan sangat baik karena sudah dibangun menjadi jalan negara dari Kota Sibolga tujuan Kota Natal, Kabupaten Mandailing Natal. Bahkan sudah tembus hingga ke Kota Air Bangis di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Danau Siais saat ini hanya menjadi tujuan wisata favorit warga lokal. Belum tersentuh promosi dan belum menjadi tujuan masyarakat diluar Sumatera Utara.

Saya sendiri sudah setiap saat menyempatkan diri ke Danau Siais sejak tahun 2011. Banyak fasilitas yang sudah terbangun, mulai dari tempat makan, parkir, warung-warung, musholla hingga toilet/WC. Beberapa tempat istirahat (saung/sopo-sopo) juga berdiri di sepanjang pinggiran Danau Siais.

Danau Siais bergabung juga dengan Sungai Batangtoru sebagai pembuangan dan masuk air saat hujan atau kemarau.
Wisata keliling naik Perahu kecil di Danau Siais, Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Foto : Bang Imam (Nayla dan Ibu Indah)

Di danau ini hidup ikan tawar berbagai jenis dan macam. Namun yang paling favorit adalah ikan garing/ikan jurung-jurung/ikan mera. Ikan ini khas sekali dan banyak hidup di sungai-sungai di Sumatera.

Kalau pas lebaran seperti saat saya kunjungi Juni 2018 ini, ada wisata keliling naik perahu kecil dan bakar ikan.

Selain destinasi menarik dan pemandangan indah Danau Siais dan Bukit Habang, juga ada lo disini Air Terjun, namanya Simartutung.

Berikut ini foto-foto Danau Siais 17 Juni 2018 





Jadi..... ayo jelajahi nusantara dengan mengunjungi Danau Siais di Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

google maps ke Danau Siais : https://www.google.com/maps/search/titik+koordinat+danau+siais/@1.3241666,98.9811015,6240m/data=!3m1!1e3

#BangImamBerbagi #Wisata #DanauSiais #Rianiate #AngkolaSangkunur #TapanuliSelatan #SumateraUtara #2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 0857 3998 6767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi