Sabtu, 30 Maret 2019

Ruang Kelas Rusak di Indonesia Tahun 2019


Kondisi Ruang Kelas Sekolah Negeri dan Swasta di Indonesia 2019

No
Jenjang
Ruang
Kelas
Baik
 Ruang Kelas Rusak
Jumlah
Ruang
Kelas
Rusak
Ringan
Rusak
Sedang
Rusak
Berat
Rusak
Total
Jumlah
Rusak  

Jumlah
559.897
944.231
133.547
129.275
142
1.207.195
1.767.092
1
SD
290.879
588.321
90.190
92.166
102
770.779
1.061.658
2
SMP
111.897
189.482
29.879
26.455
19
245.835
357.732
3
SMA
72.338
75.424
8.010
6.672
14
90.120
162.458
4
SMK
78.169
79.433
4.390
3.078
7
86.908
165.077
5
SLB
6.614
11.571
1.078
904
0
13.553
20.167
Sumber : statistik pendidikan, diolah Bang Imam Berbagi, 2019


Ruang Kelas Rusak !!! ya ini salah satu penghambat pengembangan pendidikan di Indonesia. Hampir setiap tahun ruang kelas rusak sudah banyak yang diperbaiki, tetapi jumlahnya bukan semakin berkurang, malah semakin bertambah.

Faktor utama penambahan ruang kelas rusak adalah terutama disebabkan bencana alam, minimnya anggaran, dan pembiaran renovasi dan rehabilitasi ruang kelas rusak ringan sehingga lama-lama ruang kelas rusak ringan berubah menjadi rusak sedang bahkan rusak berat.

Jumat, 29 Maret 2019

Ini Jumlah Guru Honorer di Indonesia Tahun 2019

GURU HONORER DI INDONESIA TAHUN 2019

No
Jenjang
GB
HONDA
GTT
Jumlah
Guru
%
Guru
%
Guru
%

Jumlah
3
0,0003
658.214
77,23
193.963
22,76
852.180
1
SD
2
0,0003
424.407
79,00
112.749
20,99
537.158
2
SMP
1
0,0005
127.834
75,58
41.312
24,41
169.147
3
SMA
0
-
60.660
74,74
20.247
25,26
80.907
4
SMK
0
-
42.631
70,93
17.478
29,07
60.109
5
SLB
0
-
2.682
55,20
2.177
44,80
4.859










Sumber : statistik pendidikan, diolah Bang Imam Berbagi, 2019

Jakarta (BIB) - Jumlah guru honorer saat ini sebanyak 852.180 orang. Atau sekitar 37,43% dari seluruh guru yang ada di satuan pendidikan milik pemerintah merupakan guru honorer. 

Guru Honorer yang dimaksud di satuan pendidikan milik pemerintah terdiri dari Guru Bantu (GB), Guru Honorer Daerah (Honda), dan Guru Tidak Tetap (GTT). Jumlah guru bantu misalnya masih tersisa 3 orang di sekolah negeri. Begitu juga guru honorer daerah yang paling dominan yaitu sebanyak 658.214 guru (77,23%). 

Ada juga guru tidak tetap atau GTT sebanyak 193.963 guru (22,76%).