Selasa, 21 Juli 2015

Di Masanya Masjid Nurul Huda Ini Termegah di Kampungku

Kenangan Masa Kecil

Masjid Nurul Huda Pasar Tempurung, Jorong IV Koto, Kecamatan Kinali, Pasaman Barat, Sumbar. Foto: Bang Imam
Fungsi masjid di Pasaman Barat dulu selain untuk tempat beribadah sholat 5 waktu, juga untuk tempat beribadah lainnya seperti mengaji, tadarus, majelis taklim dan kegiatan keagamaan lainnya.

Masjid sangat vital bagi masyarakat, terutama bagi warga Dusun Lembah Pasaman I, Lapau Tampuruang, Jorong IV Koto, Kinali mengingat disekitarnya sudah berdiri 4 buah gereja dan berjamuran lapau tuak yang menggoyahkan iman anak-anak.

Masjid Nurul Huda adalah saksi bisu dalam pengembangan dan mempertahankan aqidah anak-anak di Dusun Lembah Pasaman I - Lapau Tampuruang (dalam peta google disebut Rimbotampoeroeng ).

Masjid Nurul Huda merupakan bantuan resmi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Sumatera Barat dalam rangka syiar dan dakwah bagi pendatang di tengah perubahan jaman yang sudah tergerus dengan arus modernisasi.

Di jamannya di tahun 1980-an banyak anak-anak menjadi jawara di MTQ alumni Masjid Nurul Huda, terbentuk generasi muda-mudi dengan Grup Rebana yang cukup eksis dan menjadi acuan perkembangan musik tradisional keagamaan di sekitaran Kinali.

Hampir semua anak-anak di jaman itu bisa mengaji dan sudah khatam Al-Qur'an di usia Sekolah Dasar (SD).

Ustadz dan Ustadzah nya pun merupakan anak muda dan selalu berganti generasi usai mereka khtatam Qur'an.

Tapi kini, tengoklah nasib masjid ini sudah tidak terurus, dikelilingi hutan sawit, kotor dan tidak lagi di fungsikan sebagai masjid dan syiar.

Suara dan alunan merdu anak-anak mengaji usai sholat maghrib sudah tidak ada lagi.

Ini kampungku ... sedih melihatnya

#BangImamBerbagi #EdisiMudikAsyik #Kinali #PasaTampuruang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi