Selasa, 22 Februari 2022

Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK Tahun 2022

Program Kokurikuler


Kota Bekasi (BIB) - Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.

BACA JUGA : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD Tahun 2022

Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK atau sederajat, projek penguatan profil pelajar Pancasila mengambil alokasi waktu antara 20%-30% dari total jam pelajaran selama 1 tahun.

Alokasi waktu untuk setiap projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak harus sama. Satu projek dapat dilakukan dengan durasi waktu yang lebih panjang daripada projek yang lain.

Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.

Pemerintah menetapkan tema-tema utama untuk dirumuskan menjadi topik oleh satuan pendidikan sesuai dengan konteks wilayah serta karakteristik peserta didik. 

Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan adalah;

1. Gaya Hidup Berkelanjutan.

  • peserta didik memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun di lingkungan sekitarnya.
  • peserta didik juga membangun kesadaran untuk bersikap dan prilaku ramah lingkungan, mempelajarai potensi krisis berkelanjutan yang terjadi dilingkungan sekitarnya serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.
  • Tema ini ditujukan untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat.

2. Kearifan Lokal

  • peserta didik membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya.
  • peserta didik mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/daerah berkembang seperti yang ada, konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal, serta mereflesikan nilai-nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka.
  • tema ini ditujukan untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat.

3. Bhinneka Tunggal Ika.

  • peserta didik mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan, belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya.
  • peserta didik juga mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan, secara kritis dan reflektif menelaah berbagai streotif negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan.
  • tema ini ditujukan untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat.

4. Bangunlah Jiwa dan Raganya.

  • peserta didik membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya.
  • peserta didik melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing), perundungan (bulliying), serta berupaya mencari jalan keluarnya.
  • mereka juga menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi.
  • tema ini ditujukan untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat.

5. Suara Demokrasi.

  • peserta didik menggunakan kemampuan berfikir sistem, menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila.
  • melalui pembelajaran ini peserta didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah dan/atau dalam dunia kerja.
  • tema ini ditujukan untuk SMP, SMA, SMK dan sederajat.

6. Rekayasa dan Teknologi.

  • peserta didik melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya.
  • peserta didik dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi.
  • tema ini ditujukan untuk SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat.

7. Kewirausahaan

  • peserta didik mengindentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat.
  • peserta didik juga membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas.
  • tema ini ditujukan untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan sederajat (karena jenjang SMK/MAK sudah memiliki mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan, maka tema ini tidak menjadi pilihan untuk jenjang SMK/MAK).

8. Kebekerjaan.

  • peserta didik menghubungkan berbagai pengetahuan yang telah difahami dengan pengalaman nyata di keseharian dan dunia kerja.
  • peserta didik membangun pemahaman terhadap ketenagakerjaan, peluang kerja, serta kesiapan kerja untuk meningkatkan kapabilitas yang sesuai dengan keahliannya, mengacu pada kebutuhan dunia kerja terkini.
  • dalam projeknya, peserta didik juga akan mengasah kesadaran sikap dan prilaku sesuai dengan standar yang dibutuhkan dunia kerja.
  • tema ini ditujukan sebagai tema wajib jenjang SMK/MAK.

Dalam 1 tahun ajaran, projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan sekurang-kurangnya;

  • 2 projek dengan 2 tema berdeda di SD/MI;
  • 3 projek dengan 3 tema berbda di SMP/MTs dan SMA/MA Kelas X;
  • 2 projek dengan 2 tema berbeda di Kelas XI dan Kelas XII SMA/MA;
  • 3 projek dengan 2 tema pilihan dan 1 tema kebekerjaan di Kelas X, 2 projek dengan 1 tema pilihan dan 1 tema kebekerjaan di Kelas XI, dan 1 projek dengan tema kebekerjaan di Kelas XII SMK/MAK. Kleas XIII pada SMK/MAK Program 4 tahun tidak mengambil projek penguatan profil pelajar Pancasila. Untuk SMK/MAK, projek penguatan profil pelajar Pancasila dapat dilaksanakan secara terpadu berkolaborasi dengan mitra dunia kerja, atau dengan komunitas/organisasi serta masyarakat.

Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila diatur dalam panduan yang ditetapkan oleh pimpinan unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan.

#BangImamBerbagi #ProfilPelajarPancasila #2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi