Rabu, 16 Maret 2016

Naik Kereta ke Sukabumi Tut Tut Tut

Tiket Bogor-Sukabumi (Eko) Rp. 20.000,- (Eks) Rp. 50.000,-



Bogor (BIB) - Nama keretanya KA Pangrango, berangkat tiap hari 3 kali dari Bogor-Sukabumi dan sebaliknya.

Gerbongnya ada 6 yang terdiri dari 4 gerbong kelas ekonomi AC dan 2 gerbong kelas eksekutif AC. Tiketnya juga tergolong murah, untuk kelas ekonomi satu kali perjalanan cukup membayar Rp. 20.000,- dan kelas eksekutif tinggal tambah Rp. 30.000,- atau harga tiketnya sedikit lebih mahal, yaitu Rp. 50.000,-

Tapi jangan takut, sekalipun harga tiketnya berbeda, tetapi sampainya ke Sukabumi sama antara ekonomi dan eksekutif, kan masih satu rangkaian hehe.


Saya sudah mencoba naik KA Pangrango Bogor-Sukabumi pada hari Selasa, 15 Maret 2016. Ingat ya kalau mau naik kereta ini bukan naik dari Stasiun Bogor pemberhentian Commuter Line (CL), tetapi kita harus sedikit berjalan keluar terminal dan menyeberangi jalan Kapten Muslihat melewati pinggir Plaza/Mal Taman Topi (Restoran KFC).

Jaraknya kurang lebih 100 meter, nanti bertemu dengan Stasiun Bogor Paledang namanya. Keluar pintu gate out Stasiun Bogor terus naik ke tangga penyeberangan dan jalan telusuri rel kereta api di belakang KFC. 

Jadwal Perjalanan Kereta KA Pangrango Bogor-Sukabumi dan KA Siliwangi Sukabumi-Cianjur di ruang tunggu Stasiun Sukabumi, Foto: Bang Imam

Kalau dihari biasa atau hari kerja, umumnya tiket masih tersedia menjelang perjalanan, tetapi bila dihari libur kemungkinan tiket bisa habis. Itu, artinya anda harus memesan jauh-jauh hari, bisa kok via online di https://tiket.kereta-api.co.id/ atau di supermarket yang menjual tiket, bisa juga di agen-agen perjalanan.

Setiap hari cuma ada 3 kali perjalanan, yang enak sih perjalanan yang pagi jadwalnya pukul 08.05 dari Stasiun Bogor Paledang. Waktu tempuh sekitar kurang lebih 2 jam, kalau dijadwal berangkat pukul 08.05 dari Bogor sampai ke Sukabumi sekitar pukul 10.09 WIB. 

Kadang-kadang sih telat dikit, karena keretanya tidak ngebut,ya sekitar 10-20 km per jam. Jangan sampai telat ya, karena keretanya tepat waktu, kan tidak ada lagi yang akan mendahuluinya. Soalnya kalau sampai telat, nunggu jadwal berikutnya cukup lama, adanya siang.

Ini jadwal kereta api KA Pangrango Bogor-Sukabumi (PP) :
  • 08.05 - 10.09
  • 13.40 - 15.43
  • 19.05 - 21.09

 Kalau dari Sukabumi-Bogor :
  • 05.00 - 07.03
  • 10.40 - 12.43
  • 16.20 - 18.23

Pengalaman saya naik kereta KA Pangrango Bogor-Sukabumi dan sebaliknya kemaren agak cukup unik. Saya pesan tiket ekonomi langsung saat jam berangkat sekitar pukul 08.2 wib. Harga tiket yang murah sekitar Rp. 20.000,- itu, saya mendapatkan tempat duduk di gerbong Ekonomi 1 nomor 13A. 

Saat saya masuk ternyata kursi saya kebanjiran alias penuh air. Hal ini disebabkan oleh AC nya bocor, menetes air cukup kencang. Karena penumpangnya tidak terlalu banyak, saya berpindah ke kursi lain.

Tidak lama kemudian ada petugas cleaning service kereta api, saat saya tanya kenapa bocor, dia bilang kalau keretanya lagi miring (dalam perjalanan) atau jika di stasiun relnya tidak rata, maka AC nya akan bocor alias mengeluarkan air, seperti mata air yang banyak di Sukabumi hehe.

Kalau saya amati sih, memang AC yang terpasang di kelas ekonomi itu umumnya AC bekas, soalnya banyak terlihat AC nya sudah ditambal dengan plester atau lakban, dan tidak adanya perawatan sungguhan dari pihak PT KAI.

Terbukti saat kejadian ini saya twit di @BangImam pukul 08.09 cuitannya seperti ini "KA Bogor-Sukabumi AC nya bocor persis di tempat saya mesan tempat duduk @KAI121 @CommuterLine @RadioElshinta" yang saya kirim ke PT KAI.

Akun @KAI121 merespon dengan jawaban ini, "@BangImam Mohon maaf, lebih tepatnya di nomor kursi dan rangkaian berapa?", saya jawab begini @BangImam "@KAI121 Gerbong Ekonomi 1 no.13a saya naikpagi ini 08.05". 

PT KAI membalas lagi di akunnya, "@BangImam Mohon maaf atas ketidaknyamannya, segera dilakukan pengecekan terkait kendala yang dialami, trims"

Memang, tidak lama sekitar 10-15 menit Polisi Khusus (Polsuska), Teknisi dan pegawai sudah lalu-lalang memperbaiki dan mencoba melihat masalah yang terjadi.

Tetapi kesimpulan mereka tetap, karena jika kereta api dalam perjalanan saat kondisi miring, air akan bocor dari AC, karena AC nya memang bekas sehingga selang penampung airnya sudah pada rusak.

Yang bikin saya geli, itu petugas kayaknya bingung, tidak seperti biasanya mereka tidak pernah mendapatkan keluhan bahkan informasi ini sampai ke PT KAI via twitter. Soalnya masyarakat pengguna kereta KA Pangrango hanya mengeluh ke petugas tidak lewat twitter, dan mereka memberikan solusi dengan berpindah tempat duduk.

Tapi hari ini mereka kaget, kalau AC bocor sudah sampai ke pusat center di Jakarta. Polisi khusus kereta api, teknisi dan pegawai kereta sampai mondar-mandir menginvestigasi kira-kira siapa yang dicurigai sampai melapor AC bocor ke twitter PT KAI.

Walaupun masih banyak kekurangan, karena AC nya rongsokan dan mungkin gerbongnya juga masih yang kadaluarsa hasil modifikasi dan perbaikan, secara umum perjalanan cukup mengasyikkan karena sepanjang perjalanan kita disuguhkan pemandangan yang indah, karena sebelah kiri kita bisa memandang indahnya Gunung Gede dan sebelah kanan bisa melihat Gunung Salak yang indah dan rugi kalau dilewatkan.

Stasiun Sukabumi, Foto: Bang Imam

Ada 7 stasiun pemberhentian dalam perjalanan ke Sukabumi yaitu Stasiun Parung Kuda, Karang Tengah, Gandasoli, Cisaat, Cireungas, Cicurug, Cibadak. Sedangkan pemberhentian terakhir langsung di Staiun Sukabumi dan awal pemberangkatan di Stasiun Bogor Paledang.

Kalau sudah sampai di Stasiun Sukabumi anda sudah ditunggu banyak angkot warna merah oranye, putih dan puluhan tukang ojek. Tapi kalau mau jalan kaki ke tengah-tengah Kota Sukabumi, silahkan karena cukup dekat.

Jarak antara Stasiun Sukabumi ke Matahari (mal) cuma sekitar 500 meter dan ke Masjid Agung; Alun-Alun dan Kantor Walikota Sukabumi sekitar 700 meter, serta ke Terminal Sukabumi sekitar 800 meter.

Stasiun Sukabumi persis berada di Pasar sayur, sehingga kalau lagi musim penghujan sedikit becek pas keluar stasiun. 

Selamat berwisata ...

#BangImamBerbagi #KAPangrango #BogorSukabumi

Taman Kota Alun-Alun Kota Sukabumi
Masjid Agung Kota Sukabumi



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 085739986767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi