69.485 Ruang Kelas Rusak Total
Jakarta (BIB) - Sebanyak 1.200.631 ruang kelas di Indonesia dari berbagai jenjang kondisinya dalam keadaan rusak. Bahkan sebanyak 69.485 ruang kelas sudah tidak bisa dipergunakan lagi, alias rusak total.
RUANG KELAS
RUSAK DI INDONESIA 2017
NO
|
JENJANG
|
RUANG
KELAS BAIK |
JUMLAH
RUANG KELAS
|
TOTAL
RUANG KELAS |
||||
RUSAK
RINGAN
|
RUSAK
SEDANG
|
RUSAK
BERAT
|
RUSAK
TOTAL
|
JUMLH
RUSAK |
||||
(01)
|
(02)
|
(03)
|
(04)
|
(05)
|
(06)
|
(07)
|
(08)
|
(09)
|
Jumlah
|
511.420
|
948.560
|
100.010
|
82.576
|
69.485
|
1.200.631
|
1.711.051
|
|
1
|
SD
|
270.028
|
601.393
|
69.551
|
58.269
|
49.875
|
779.088
|
1.049.116
|
2
|
SMP
|
99.853
|
195.791
|
21.683
|
17.057
|
13.208
|
247.739
|
347.592
|
3
|
SMA
|
69.147
|
70.773
|
4.943
|
4.224
|
3.354
|
83.294
|
151.441
|
4
|
SMK
|
65.375
|
69.571
|
3.115
|
2.502
|
2.612
|
77.800
|
143.175
|
5
|
SLB
|
7.017
|
11.032
|
718
|
524
|
436
|
12.710
|
19.727
|
SUMBER :
SAPULIDI RISET CENTER (SRC) 2017
Jakarta (BIB) - Sebanyak 1.200.631 ruang kelas di Indonesia dari berbagai jenjang kondisinya dalam keadaan rusak. Bahkan sebanyak 69.485 ruang kelas sudah tidak bisa dipergunakan lagi, alias rusak total.
Ruang kelas rombeng yang masih banyak di Indonesia membutuhkan perhatian khusus pemerintah, pemerintah daerah dan swasta.
Pemerhati pendidikan, Tengku Imam Kobul Moh. Yahya S menilai kondisi ruang kelas yang rombeng perlu penanganan khusus dan perhatian khusus. Dia melihat selama ini penanganan terhadap ruang kelas rusak cukup lambat responnya.
"Bahkan beberapa pejabat yang menanganinya tidak mengerti dan tidak tahu kondisi ruang kelas rusak di wilayahnya. Apalagi untuk membangun kembali ruang kelas tersebut harus berkoordinasi dengan OPD lainnya," kata Tengku Imam Kobul MYS di Jakarta, Ahad, 05 Februari 2017.
Belum lagi adanya pemindahan kewenangan antara kabupaten/kota ke provinsi. Mulai tahun 2017 ini, misalnya, kewenangan pengelolaan SMA/SMK dan Pendidikan Khusus merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi.
Pemerintah Provinsi langsung diwariskan beberapa ruang kelas rusak, mulai dari ruang kelas rusak ringan, rusak sedang, rusak berat bahkan ada yang rusak total.
Berdasarkan data Sapulidi Riset Center (SRC) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sapulidi, jumlah ruang kelas rusak pada jenjang SMA mencapai 83.294 ruang, yang terdiri dari 70.773 ruang kelas rusak ringan, 4.943 ruang kelas rusak sedang, 4.224 ruang kelas rusak berat, dan 3.354 ruang kelas rusak total.
Sementara jumlah ruang kelas pada jenjang SMK tidak kalah prihatinnya. Tercatat sebanyak 77.800 ruang kelas rusak pada jenjang ini. Bila dirinci menurut kondisi kerusakan, maka didapat angka menjadi 69.571 ruang kelas rusak ringan, 3.115 ruang kelas rusak sedang, 2.502 ruang kelas rusak berat, dan 2.612 ruang kelas rusak total.
"Jumlah ini sungguh mencengangkan dan cukup mengecewakan, kita patut bertanya, bisakah Pemerintah saat ini menyelesaikan dan merehabilitasi seluruh ruang kelas rusak yang ada?" tanya Bang Imam, panggilan akrab Direktur Sosial dan Pendidikan ini.
Memang, salah satu cara yang dapat dilakukan dengan berbagi kewenangan seperti yang diatur saat ini dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dengan pembagian kewenangan, maka Pemerintah Kabupaten/Kota khusus menangani sekolah jenjang PAUD, SD dan SMP. Sedangkan Pemerintah Provinsi untuk jenjang SMA, SMK dan Pendidikan Khusus.
"Arah kebijakan ini memang cukup mempermudah memetakan dan merencanakan pengelolaan dan pembangunan pendidikan. Selain itu bisa menjamin pemerataan akses dan mutu di seluruh daerah yang menjadi kewenangan provinsi," terang Bang Imam lagi.
Namun, dia berharap apabila pemerintah tidak mampu membangun sekolah yang rusak bisa meminta bantuan terhadap dunia usaha dan masyarakat.
Karena dunia usaha memiliki kewajiban dalam pengembangan kapasitas sosial dan kemasyarakatan dalam lingkungan usahanya. Mereka para dunia usaha dapat memperhatikan dan membangun dunia pendidikan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).
"Memang, saat ini sekolah rombeng banyak juga milik masyarakat, selain sekolah negeri. Pemerintah tidak usah gengsi untuk minta bantuan swasta, toh mereka memiliki tanggung jawab sosial lewat program CSR tadi," kata Bang Imam.
Gambaran pendidikan yang sesungguhnya adalah terlihat bukan saja dari hasil ujian atau keluaran sekolah, tetapi bisa dilihat dari kondisi sarana dan prasarana yang sudah memenuhi Standar Nasional Pendidikan.
Kalau sekolahnya masih rombeng, apa mungkin pendidikan di Indonesia dapat bermutu ???
Jumlah ruang kelas yang dinyatakan baik sebanyak 511.420 ruang kelas yang terdiri dari, 270.028 ruang kelas SD, 99.853 ruang kelas SMP, 69.147 ruang kelas SMA, 65.375 ruang kelas SMK, dan 7.017 ruang kelas SLB.
#BangImamBerbagi #SD #SMP #SMA #SMK #SLB #RuangKelasRusak #2017
I. RUANG KELAS SEKOLAH NEGERI
RUANG KELAS
RUSAK SEKOLAH NEGERI DI INDONESIA 2017
NO
|
JENJANG
|
RUANG
KELAS BAIK |
JUMLAH
RUANG KELAS RUSAK
|
TOTAL
BAIK RUSAK |
||||
RUSAK
RINGAN |
RUSAK
SEDANG |
RUSAK
BERAT |
RUSAK
TOTAL |
JMLH
RUSAK |
||||
(01)
|
(02)
|
(03)
|
(04)
|
(05)
|
(06)
|
(07)
|
(08)
|
(09)
|
Jumlah
|
364.211
|
767.448
|
86.122
|
69.778
|
58.548
|
981.896
|
1.346.108
|
|
1
|
SD
|
214.767
|
539.750
|
64.502
|
53.564
|
45.449
|
703.265
|
918.033
|
2
|
SMP
|
68.085
|
146.368
|
16.902
|
13.146
|
9.865
|
186.281
|
254.366
|
3
|
SMA
|
48.399
|
50.443
|
3.364
|
2.101
|
2.189
|
58.097
|
106.496
|
4
|
SMK
|
30.207
|
26.866
|
1.089
|
821
|
887
|
29.663
|
59.870
|
5
|
SLB
|
2.753
|
4.021
|
265
|
146
|
158
|
4.590
|
7.343
|
SUMBER :
SAPULIDI RISET CENTER (SRC) 2017
II. RUANG KELAS SEKOLAH SWASTA
RUANG KELAS
RUSAK SEKOLAH SWASTA DI INDONESIA 2017
NO
|
JENJANG
|
RUANG
KELAS BAIK |
JUMLAH
RUANG KELAS RUSAK
|
TOTAL
BAIK RUSAK |
||||
RUSAK
RINGAN |
RUSAK
SEDANG |
RUSAK
BERAT |
RUSAK
TOTAL |
JMLH
RUSAK |
||||
(01)
|
(02)
|
(03)
|
(04)
|
(05)
|
(06)
|
(07)
|
(08)
|
(09)
|
Jumlah
|
148.209
|
181.115
|
13.887
|
11.798
|
10.937
|
217.737
|
364.943
|
|
1
|
SD
|
55.261
|
61.643
|
5.048
|
4.705
|
4.426
|
75.822
|
131.083
|
2
|
SMP
|
31.768
|
49.426
|
4.781
|
3.911
|
3.343
|
61.461
|
93.226
|
3
|
SMA
|
20.748
|
20.330
|
1.579
|
1.123
|
1.165
|
24.197
|
44.945
|
4
|
SMK
|
36.168
|
42.705
|
2.026
|
1.681
|
1.725
|
48.137
|
83.305
|
5
|
SLB
|
4.264
|
7.011
|
453
|
378
|
278
|
8.120
|
12.384
|
SUMBER :
SAPULIDI RISET CENTER (SRC) 2017
CATATAN : data ini bebas untuk dikutif oleh siapapun untuk pengembangan pendidikan di Indonesia hanya dengan menyebutkan sumber asli dari Sapulidi Riset Center (SRC) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sapulidi, 2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi