Sabtu, 29 November 2014

Taman Hutan Kota Bina Bangsa Bekasi

Jenis & Usia Pohon Belum Terdata Dengan Baik


Gerbang Taman Hutan Kota Bina Bangsa. Foto : Bang Imam
Taman Hutan Kota Bina Bangsa merupakan taman kedua milik Kota Bekasi yang dibangun dan direhabilitasi setelah Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi. Terletak di jantung Kota Bekasi, Taman Hutan Kota Bina Bangsa terintegrasi langsung dengan kawasan Stadion Patriot, GOR Patriot dan Lintasan Sepatu Roda Kota Bekasi.

Letaknya persis di kawasan GOR Patriot, Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 1, Kelurahan Kayuringinjaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Luasnya sekitar 3 hektar. Dahulunya sebelum ada pelebaran jalan Ahmad Yani dan pembangunan fly over Summarecon serta lintasan sepatu roda, jumlah total pohon yang tumbuh di hutan kota ini mencapai 7.653 pohon dengan 23 macam jenis.

Namun, seiring dengan perkembangan pohon-pohon banyak yang ditebang karena pembangunan untuk fasilitas lainnya.



Data dan jenis serta usia pohon di Taman Hutan Kota Bina Bangsa hingga saat ini belum diperbaharui. Padahal dengan data, kondisi, nama, jenis, usia yang tepat dan jelas akan bermanfaat bagi pengunjung untuk mengetahui kekayaan apa yang ada pada Taman Hutan Kota Bina Bangsa.

Data terakhir menunjukkan, jenis mahoni merupakan pohon yang paling banyak tumbuh dan berkembang. Jenis lain diantaranya, tanjung, asam, ketapang, biola cantik, kecapi, sengon laut, kupu-kupu merah, akasia, trem besi, kembang kuning.

Ada juga karet, bintaro, mangga, angsana, sukun, jati emas, pisang, ekalyptus, belimbing, waru, durian, dan rambutan. Dan banyak lagi jenis tumbuhan berbentuk bunga dan rambatan lainnya.


Fasilitas yang ada di Taman Hutan Kota Bina Bangsa, selain lintasan bundar yang mengelilingi kolam Tugu Perjuangan Rakyat bekasi, juga telah disedikan berbagai lintasan batako di seputaran taman. Ada juga tempat-tempat duduk dan arena bermain adrenalin.

Didepan Tugu Perjuangan Rakyat Bekasi ada lapangan yang dapat dimanfaatkan untuk berolahraga dan kegiatan lainnya.

Pada hari libur, taman ini banyak dikunjungi oleh masyarakat, dan saat ini terlihat cukup bersih dan nyaman karena telah dikelola langsung dan dibersihkan oleh petugas dari Pemerintah Kota Bekasi.

Sayang, jika di malam hari tempat ini tidak dapat dimanfaatkan karena belum ada lampu penerangan yang memadai. Sehingga masih terlihat gelap gulita, bahkan menjadi tempat mangkal para anak jalanan dan tuna wisma lainnya.


Tengok saja, bila anda datang lebih pagi untuk berolahraga, pasti terlihat banyak tuna wisma sedang ketiduran di bangku-bangku taman yang telah disediakan.

Tetapi jika ingin sekedar menghirup udara segar di Kota Bekasi, Taman Hutan Kota Bina Bangsa merupakan tempat yang sangat tepat dan masih cukup nyaman.

Usahakan mendatangi Taman Hutan Kota Bina Bangsa pada hari biasa diatas pukul 09.00 sampai dengan siang di hari kerja. Karena setelah itu taman sudah bersih disapu oleh petugas dan tuna wisma sudah keluar dari taman.

Atau datang menikmati Taman Hutan Kota Bina Bangsa pada hari libur dan hari minggu, usai olahraga di car free day Jalan Ahmad Yani dapat bercengkrama menikmati Taman yang teduh dan rindang.

Target Pemerintah Kota Bekasi akan membangun taman dan hutan kota di setiap kecamatan. Saat ini taman yang sudah tersedia adalah; Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi (Bekasi Selatan); Taman Hutan Kota Bina Bangsa (Bekasi Selatan); Taman Hijau Pekayon (Bekasi Selatan); Taman Terminal (Bekasi Timur).

Sedangkan yang sedang dibangun adalah Taman Bantargebang (Bantargebang). Dan yang akan dibangun kemungkinan di depan Kantor Kecamatan Bekasi Utara, Lapangan Kantor Kecamatan Mustikajaya, Kantor Kecamatan Bekasi Barat, Pondokgede, Rawalumbu dan Jatisampurna.

Selamat mencoba berkunjung ke Taman Hutan Kota Bina Bangsa....


(bang imam) 

Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi

Taman Hijau Pekayon



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi