Kamis, 27 November 2014

Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi

Taman Hutan Kota, Alun-Alun Kota Bekasi. Foto: Bang Imam
Taman Hutan Kota Alun-Alun Kota Bekasi terletak di komplek Alun-Alun Kota Bekasi, diapit oleh Jl. Pramuka dan Jl. Veteran di Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Taman Hutan Kota Bekasi dikelola oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi. Untuk mengunjungi Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi jika dari wilayah Timur Bekasi bisa naik elf jurusan Cikarang-Bekasi dan elf jurusan Perumnas I Bekasi-Pulogadung turun di depan Masjid Agung Al-Barkah.



Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi juga dapat dijangkau dari Stasiun Bekasi dengan berjalan kaki selama 2 menit dengan jarak sekitar 200 meter. 

Akses lainnya dari wilayah Utara Bekasi dengan naik K15A, K9B dan turun di bundaran eks patung lele (bulan-bulan) kemudian jalan kaki sekitar 200 meter ke arah RSUD Kota Bekasi atau persis di belakang Kantor PMI Kota Bekasi.

Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi ini diresmikan oleh Walikota Bekasi, Dr. H. Rahmat Effendi pada tanggal 1 Desember 2012. 

Dengan luas sekitar 3.500-an meter, berbagai jenis pohon telah tumbuh subur di Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi. Selain berbagai jenis pohon rindang, BPLH Kota Bekasi juga menambah arena mainan anak-anak seperti prosotan dan arena khas anak-anak lainnya.


Di Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi juga tersedia tempat duduk yang tersebar di semua sudut lokasi, termasuk gubuk sedang yang dibangun persis di tengah-tengah taman. Ada juga kolam ikan dengan aneka ikan didalamnya. Termasuk tersedia lintasan yang mengelilingi taman yang dapat dilakukan dengan jalan kaki dan naik sepeda.

Pengunjung diperbolehkan masuk mulai pukul 07.00-22.00 wib setiap hari.


Jika anda ingin mengunjungi Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi jangan lupa menyempatkan berwisata religi ke Masjid Agung Al-Barkah, masjid kebanggaan masyarakat Kota Bekasi.

Selain itu masih ada tempat-tempat yang mungkin tidak begitu saja dilewati, seperti gedung RSUD Kota Bekasi yang baru dibangun setinggi 8 lantai, Polres Metro Bekasi, Pengadilan Negeri Bekasi, Kejaksaan Negeri Bekasi, Kodim 0205 Bekasi. Namun, untuk tempat-tempat ini belum membangun dan membuat nyaman pengunjung jika hanya ingin sekedar mengetahui isi di dalamnya.

Namun, anda boleh ber-selfie ria di depannya, dijamin gratis. Jangan lupa setelah ber-serfie ria kirim ke media sosial agar diketahui temen-temen mu, karena di taman juga telah tersedia wifi gratis dari Indosat.


Jika anda hobi dengan sepak bola, anda bisa mencoba lapangan olahraga ditengah-tengah alun-alun yang biasa dipakai sebagai sarana olahraga sepakbola atau tempat upacara dihari-hari besar nasional.

Ada juga yang terlupakan oleh semua orang, bahwasanya di tengah-tengah Alun-Alun Kota Bekasi persis di depan Kantor Polres Metro Bekasi ada tugu yang berdiri gagah sebagai simbol Patriotisme Rakyat Bekasi. Tugu itu bernama Tugu Resolusi Rakyat Bekasi. Tugu ini menjadi penanda dan saksi berdirinya wilayah administrasi Bekasi yang terpisah dari Jatinegara, DKI Jakarta.

Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi ini diresmikan oleh Walikota Bekasi, Dr. H. Rahmat Effendi pada tanggal 1 Desember 2012. Foto : Bang Imam
Jadi tunggu apa lagi, sambil menikmati rindangnya pohon di Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi, anda sekaligus dapat berwisata religi di Masjid Agung Al-Barkah dan mengenang ke-gagahan Rakyat Bekasi (Wisata Monumen Sejarah Bekasi). 

Selamat datang di Taman Hutan Kota Alun-Alun Bekasi ...

(bang imam)

12 komentar:

  1. thanks gan, rute kalo dari GOR/ Wali Kota Bekasi kemana ya Gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke arah stasiun (bulan-bulan) di depan Polres Metro Bekasi/Kodim 0507 Bekasi/depan RSUD Bekasi dan depan BPJS Ketenagakerjaan

      Hapus
  2. Boleh bawa tenda dan piknik disana ga gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ditanya ke pengelola di Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLHD) Kota Bekasi gedung pemkot baru lantai 4

      Hapus
  3. Tempatnya masih ada ga sih gan ?

    BalasHapus
  4. Tamanya sekarang masih ada atau sudah di gusur ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada mba deket polres bekasi atau RSUD bekasi

      Hapus
  5. Rute kalo dari summarecon bekasi kemana lagi ?

    BalasHapus
  6. Rute kalo dari summarecon bekasi kemana lagi ?

    BalasHapus
  7. Nanya dong min kalo dari unisma naik angkot jurusan apa yah kalo mau nyampe ke taman hutan alun2 bekasi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik elf jurusan cikarang-bekasi, turun di depan Masjid Agung Al Barkah, taman persis di depannya

      Hapus

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 085739986767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi