Senin, 01 April 2024

Kurikulum PAUD Tahun 2024

Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi


Jakarta (BHC) -
Oh... ya saat ini sudah terbit lo, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Pada bahasan kali ini kita akan membahas secara tipis-tipis soal Kurikulum PAUD Tahun 2024.

Kurikulum Merdeka PAUD sering disebut dengan "Merdeka Bermain" karena proses pembelajarannya bertujuan agar anak memiliki persepsi bahwa belajar itu sangat menyenangkan, bukan kebalikannya membelajar menjadi memberatkan dan bikin 'bete'.

BACA JUGA : Standar Isi PAUD 2024

Untuk mencapai belajar itu menyenangkan bagi anak, ada setidaknya 6 pondasi dalam pengembangan potensi anak sesuai dengan perkembangan anak itu sendiri, diantaranya; perkembangan nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.

STRUKTUR KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Struktur Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini meliputi Struktur Kurikulum pada Taman Kanak-Kanak, Raudlatul Athfal, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak atau bentuk lain yang sederajat.

Struktur Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini atau Bentuk Lain yang Sederajat terdiri atas:

1. Intrakurikuler

Intrakurikuler dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan fondasi sebagaimana tertuang dalam Capaian Pembelajaran Fase fondasi.

Capaian Pembelajaran Fase fondasi terdiri atas:

a. nilai agama dan budi pekerti;

b. jati diri; dan

c. dasar-dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa, dan seni.

Intrakurikuler dilaksanakan dengan bermain bermakna yaitu aktifitas bermain yang memberikan ruang bereksplorasi sehingga bermanfaat untuk mengembangkan karakter dan kompetensi anak.

Proses pembelajaran dilaksanakan dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan belajar anak, yakni proses pembelajaran yang melibatkan dan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna.

Kegiatan dapat menggunakan sumber belajar yang nyata dan ada di lingkungan sekitar anak.

Sumber belajar yang tidak tersedia secara nyata dapat dihadirkan dengan dukungan teknologi, buku bacaan anak, atau bentuk lainnya. 

2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar pancasila yang mengacu pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk pendidikan anak usia dini atau bentuk lain yang sederajat.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimaksudkan untuk menguatkan perwujudan 6 (enam) dimensi profil pelajar Pancasila pada fase pondasi.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil dalam 1 (satu) Tahun Ajaran dilaksanakan 1 (satu) projek sampai dengan 2 (dua) projek dengan tema berbeda.

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila menggunakan alokasi waktu pembelajaran di pendidikan anak usia dini (Taman Kanak-Kanak, Raudlatul Athfal, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, atau Bentuk Lain yang Sederajat).

3. Alokasi Waktu Pembelajaran

Alokasi waktu pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini atau bentuk lain yang sederajat untuk anak usia 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun paling sedikit 900 (sembilan ratus) menit per minggu.

Alokasi waktu pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini atau bentuk lain yang sederajat untuk anak usia 3 (tiga) sampai dengan 4 (empat) tahun paling sedikit 360 (tiga ratus enam puluh menit per minggu.

ALOKASI WAKTU BELAJAR PAUD TAHUN 2024

 

No

Usia

Waktu

Keterangan

1

Usia 3-4 Tahun

360 menit

Per Minggu (atau 120 menit per hari jika waktu belajar 5 hari Senin-Jum’at)

2

Usia 4-6 Tahun

900 menit

Per Minggu (atau 180 menit per hari jika waktu belajar 5 hari Senin-Jum’at)

Sumber : Permendikbud 12/2024, diolah Bilqis Haura Consultant

#BangImamBerbagi #BilqisHauraConsultant #KurikulumPAUD #KurikulumMerdeka #2024

BACA JUGA :

1. Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka 

2. Implementasi Kurikulum Merdeka Kemdikbudristek

3. Panduan Rekomendasi Kegiatan Belajar Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Platform Kurikulum Merdeka

4. Peran Pada Setiap Pemangku Kepentingan Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD Melalui Jalur Mandiri

5. Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka PAUD

6. Implementasi Kurikulum Merdeka Kemdikbudristek

7. Panduan Kegiatan Belajar Kurikulum Merdeka PAUD

8. Peran IKM PAUD

9. Buku Saku Penggerak Komunitas Belajar

10. Strategi Implementasi IKM PAUD

11. Daftar Mitra PLK PAUD

12. Buku Saku Merdeka Mengajar PAUD

13. Infografis Merdeka Mengajar

14. Materi Merdeka Mengajar

https://paudpedia.kemdikbud.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi