Minggu, 25 November 2012

BPLHD Jabar: kepedulian terhadap Citarum perlu ditingkatkan


Citarum, foto: Antara
Karawang (ANTARA News) - Kepedulian masyarakat dan perusahaan perlu ditingkatkan agar Sungai Citarum terselamatkan dari ancaman pencemaran, kata Kasubid Pengembangan Kapasitas dan Kemitraan Lingkungan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Jawa Barat Didi Adji Sidik. 

"Masyarakat di berbagai daerah sekitar Jawa Barat serta perusahaan perlu meningkatkan kepeduliannya untuk menjaga dan menyelamatkan Sungai Citarum sebab saat ini Sungai Citarum terindikasi tercemar berat," kata Didi di sela kegiatan Deklarasi Kemerdekaan sungai Citarum di Karawang, Sabtu. 

Dikatakannya, sesuai dengan monitoring yang telah dilakukan, Sungai Citarum tersebut telah tercemar berbagai jenis limbah, yakni limbah domestik atau limbah rumah tangga serta limbah industri. 

Atas hal tersebut, kepedulian masyarakat dan pihak perusahaan perlu dibangun kembali untuk menjaga kondisi sungai Citarum. 

Hingga kini, kata dia, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jabar sudah beberapa kali melakukan kegiatan penyadaran masyarakat di berbagai daerah sekitar Jawa Barat, agar lebih peduli terhadap kondisi Sungai Citarum. 

"Upaya menjaga Sungai Citarum itu sulit jika hanya dilakukan pemerintah. Tetapi perlu dukungan dan kerja sama dari masyarakat dan pihak lainnya, termasuk pihak perusahaan," kata dia. 

Sementara itu, berdasarkan data monitoring kualitas air sungai yang dilakukan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jabar, selain sungai Citarum, enam sungai lainnya di Jawa Barat juga mengalami penurunan kualitas air dan terindikasi berkategori tercemar berat.

Keenam sungai lainnya yang mengalami pencemaran berat itu ialah Sungai Cisadane, Ciliwung, Cileungsi, Cilamaya, Cimanuk, dan Sungai Citanduy.

Sumber : Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi