Selasa, 03 Februari 2015

Ini Cara Agar Anak Gemar Buang Sampah

Kota Tua Jakarta Foto : Bang Imam
tempat sampah gambar kodok. foto: bang imam
Sampah merupakan persoalan pelik yang menimpa kota-kota besar di Indonesia. Kalau di Jakarta misalnya, produksi sampah mencapai 6.500 ton per hari. Dan asal sampah itu di dominasi dari sampah rumah tangga dan pasar.

Banyak cara agar prilaku membuang sampah sekaligus memilah jenis sampah dilakukan secara sadar oleh masyarakat, terutama anak-anak. Karena dengan mengajarkan anak-anak membuang sampah pada tempatnya sekaligus membuang ke tempat sampah sesuai dengan jenisnya sejak dini, merupakan langkah menuju zero waste yang sangat bermanfaat.

tempat sampah unik gambar panda, binatang khas cina daratan, foto: bang imam
Contohnya yang dilakukan oleh Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta. Saat ini terlihat di setiap sudut dan tempat-tempat berkumpul di halaman Kawasan Wisata, sudah ditempatkan tempat sampah yang sangat unik dan dipisah menurut jenis sampahnya.


tempat sampah model manggis, foto : bang imam
Tempat sampah berjejer berjarak antara 10-20 meter. Setiap tempat ditempatkan 3 buah tempat sampah sesuai jenisnya. Yaitu, sampah B3, Sampah Berorganik dan Sampah Organik.

Yang unik dan mungkin dapat mengundang anak-anak untuk membuang sampah, model tempat sampah itu bermacam-macam, mulai dari bentuk buah apel, semangka, manggis, kodok, panda dan ikan.

tempat sampah model buah semangka, foto: bang imam
Dengan membuat jenis-jenis tempat sampah mulai dari buah-buahan dan binatang, membuat anak-anak menjadi asyik untuk membuang sampah ke tempatnya. Orang tua dapat memandu anak sebelum memasukkan sampah ke tempat sesuai dengan jenis sampahnya.

Anak-anak juga diberikan tantangan untuk mengenal nama-nama buah dan nama-nama binatang tempat sampah tersebut.

tempat sampah model ikan lumba-lumba, foto: bang imam
Kawasan Wisata Kota Tua cukup kreatif untuk mengajak anak-anak membuang sampah. Karena tempat sampah yang dibuat merupakan buah-buahan dan binatang kesayangan mereka.

Selamat berwisata, jangan lupa buang sampah pada tempat dan sesuai jenis sampahnya ya ...
wisata kota tua menyediakan edukasi anak membuang sampah pada tempat sampah yang unik, model buah semangka, foto: bang imam



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 085739986767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi