Selasa, 25 April 2017

INI BANTUAN APE PAUD TAHUN 2017

Perditjen PAUD dan Dikmas Nomor 49 Tahun 2017

Jakarta (BIB) - Bahwa masih banyak lembaga pendidikan anak usia dini yang sangat membutuhkan sarana alat permainan edukatif (APE) baik APE luar maupun APE dalam, itu benar. 

Namun, dibalik kebutuhan tersebut, tidak jarang lembaga PAUD tidak memiliki akses untuk mendapatkan bantuan tersebut, pun termasuk bantuan dari Pemerintah.

Beberapa lembaga PAUD banyak yang mengeluh, bagaimana sih cara mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, utamanya dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Mengutif Peraturan Ditjen PAUD dan Dikmas Nomor 49 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Sarana Pembelajaran/ Alat Permainan Edukatif (APE) Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2017, 

Lembaga satuan PAUD yang bisa mendapatkan bantuan APE dari Pemerintah antara lain, Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), Satuan PAUD Sejenis (SPS) seperti :
  • POS PAUD
  • PAUD-BIA
  • PAUD-PAK
  • PAUD-TPQ
  • TAAM
  • BAMBIM
  • TAPAS dan sejenisnya

Bantuan APE juga dapat diberikan kepada satuan pendidikan non formal seperti PKBM, SKB dan pendidikan non formal lainnya yang menyelenggarakan PAUD.

Bantuan APE tahun 2017 ini diberikan sebesar Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) setiap lembaga PAUD.

Bentuk bantuan diberikan berbentuk paket barang, diantaranya terdiri dari jenis barang-barang APE ber-SNI yaitu :
  1. miniatur rumah ibadah (masjid, gereja, pura, wihara dan klenteng)
  2. alat main keaksaraan awal
  3. ronce/manik 4 warna dasar
  4. balok rakit+bok, minimal isi 300 keping
  5. papan untuk melukis (easel), beserta bahan dan peralatan untuk melukis
  6. baju main peran berbagai profesi, untuk anak laki-laki dan perempuan; misalnya a) baju dokter, b) baju pemadam kebakaran, c) baju polisi, d) baju tentara, e) baju koki/chef dan f) baju untuk pertukangan/perbengkelan.
  7. parasut fun
  8. sepasang boneka berkelamin (laki-laki dan perempuan)
  9. peralatan bermain peran, berupa : a. peralatan main masak-masakan (kuliner), b. peralatan main pertukangan, c. peralatan main kebersihan rumah tangga
  10. panggung boneka berikut bonekanya
  11. 2 buah rak untuk meletakkan/menyimpan mainan, dengan ukuran tinggi 100 cm, lebar 40 cm dan panjang 120 cm
  12. sepeda roda tiga
  13. block on car
  14. alat main musik, 1) gendang dan 2) kolintang
  15. DVD Player
Permintaan dikirimkan ke :

Direktur Pembinaan PAUD
Up. Kasubdit Sarana dan Prasarana
Direktorat Pembinaan PAUD, Ditjen PAUD dan Dikmas
d/a Gedung E Lantai 7, Komplek Kemdikbud
Jl. Jend. Sudirman, Senayan
JAKARTA 10270


#BangImamBerbagi #APE #PAUD #Juknis #2017

1 komentar:

  1. untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut bagaimana caranya pak, soalnya sekolah KB kami tidak pernah mendapatkan bantuan APE pak, mohon infonya dikala ada bantuan apapun yang terkait dengan sekolah KB, dengan WA 082336830617

    BalasHapus

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi