Minggu, 03 Maret 2013

HUT KE-16 : Rindu Hutan Kota di Bekasi

Tempat duduknya adem, sayang pengguna dan pengunjung membuang sampah sembarangan. Foto Hutan Kota Bina Bangsa Kota Bekasi, Ahad, 3 Maret 2013 (Bang Imam).
GOR, Bekasi Selatan (BIB) - Andaikan tidak buang sampah sembarangan, tentu duduk, berteduh sambil bercengkrama dengan sahabat dan keluarga sangat cocok di tempat ini. Namun jika melihat pemandangan seperti saat ini, hal ini menjadi sebaliknya, sayang yah.

Tugu "Patriot" Perjuangan Kota Bekasi
Hutan Kota Bina Bangsa nama tempat ini. Dia terletak di Komplek Gedung Olahraga (GOR) atau Stadion Patriot Kota Bekasi, tepat di seberang Perkantoran Pemerintah Daerah Kota Bekasi, Jl. Jenderal Ahmad Yani Nomor 1 Kelurahan Kayuringinjaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Luas Hutan Kota Bina Bangsa ini kurang lebih 3 hektar. Ditengah-tengah hutan kota terdapat jalan melingkar untuk kegiatan olahraga pagi. Ditengahnya lagi ada kolam dengan berdiri megah menara Patriot atau Tugu Perjuangan Kota Bekasi. 

Disini ada sepenggal sajak Chairil Anwar berjudul, "Krawang Bekasi". 

Hutan Kota Bina Bangsa juga dipakai sebagai tempat Perkemahan Pramuka anak sekolah. Di hutan kota ini juga terdapat fasilitas WC (toilet umum) tepatnya disebelah utara seberang Cevest Bekasi. 


Selain itu juga tersedia musholla (utara), Pos Polisi, Lintasan Sepatu Roda dan jalan konblok setapak mengelilingi Hutan Kota Bina Bangsa.

Banyak juga berkeliaran aneka jenis burung (namun) jenis dan banyaknya tidak terdeteksi. Selain itu terdapat 7.653 batang pohon. Usia pohon cukup lumayan antara 1 hingga 30-an tahun.

Pohon-pohon tersebut menjadi daya tarik kecantikan Hutan Kota dan sekaligus menjadikan hutan tersebut terlihat asri dan menawan.

Papan Informasi Jenis Pohon
Jenis pohon ada sekitar 23 macam, terdiri dari; Mahoni 4.000 batang, Tanjung 2.000 batang, Asam 200 batang, Ketapang 100 batang, Biola Cantik 60 batang, Kecapi 50 batang, Sengon Laut 70 batang, Kupu-kupu Merah 20 batang.

Jenis lainnya adalah Akasia 50 batang, Trem Besi 50 batang, Kembang Kuning 100 batang, Karet 98 batang, Bintaro 100 batang, Mangga 100 batang, Angsana 150 batang, Sukun 75 batang, Jati Emas 80 batang, Pisang 50 batang, Ekalyptus 50 batang, Belimbing 60 batang, Waru 55 batang, Durian 60 batang, dan Rambutan 75 batang.

Jumlah dan jenis pohon ini dicatat sebelum adanya pembangunan Jalan Layang Ahmad Yani-Summarecon dan Lintasan Sepatu Roda.

Hutan Kota Bina Bangsa merupakan salah satu ruang terbuka hijau (RTH) yang dipertahankan dan dilindungi ditengah-tengah Kota Bekasi. Padahal disekitarnya telah berdiri "Hutan Beton" seperti Bank BCA, Bank BNI, Stadion Patriot Bekasi (sedang pembangungan) dan Gedung Perkantoran Pemkot Bekasi 10 Lantai juga sedang dibangun.

Sejak tahun 2012, Hutan Kota Bina Bangsa dimasukkan sebagai salah satu titik pantau Adipura. Sehingga tidak diperkenankan lagi pedagang kaki lima (PKL) berjualan di daerah tersebut. Sebelumnya setiap Sabtu-Minggu pedagang meluber hingga ke Hutan Kota Bina Bangsa.

Lokasi Penilaian Adipura di Hutan Kota Bina Bangsa
Hutan Kota Bina Bangsa juga menjadi salah satu penyumbang kewajiban Pemerintah Kota Bekasi untuk menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) minimal 30% (20% RTH Publik dan 10% RTH Privat). Hingga saat ini Kota Bekasi baru memiliki RTH Publik sekitar 3,9% dari luas Kota Bekasi.

Padahal sejak 2012, Pemerintah Kota Bekasi sudah serius untuk melaksanakan kewajibannya membangun sarana RTH 30%. Diantaranya, sudah dibentuk Kelompok Kerja (POKJA) RTH P2KH Kota Bekasi (2012), Komunitas Hijau Kota Bekasi (2012), Peta Komunitas Hijau Kota Bekasi (2012) dan Taman Kota di Alun-Alun Kota Bekasi, depan Masjid Agung Al-Barkah.

Di hari ulang tahun Kota Bekasi ke-16, 10 Maret 1997 - 10 Maret 2013, Kota Bekasi belum nyaman bagi pejalan kaki dan tempat rekreasi terutama menyangkut RTH. (Bang Imam/Tengku Imam Kobul Moh. Yahya S/anggota Pokja RTH P2KH Kota Bekasi)

Kilas Singkat Hutan Kota Bina Bangsa :

Luas ; 3 hektar
Jumlah Tanaman : 7.653 pohon
Aneka Jenis Burung

Fasilitas_fasilitas :
- musholla
- pos polisi
- jalur jalan kaki
- parkir
- toilet
- jalan setapak sekeliling hutan kota 
- GOR Tertutup/Futsal
- GOR Tertutup/Badminton
- Sekolah Sepak Bola
- Lintasan Sepatu Roda
- Stadion Patriot Bekasi kapasitas 60.000 penonton (tahap pembangunan)
- Panggung Budaya/Dewan Kesenian Bekasi
- Tempat Pembuangan Sampah (tong)
- Tempat Duduk
- Pasar Kaget (PKL)
- Kuliner Aneka Masakan
- dan lain-lain

Jalur Masuk :
- Elf 01 Perumnas III-Pulogadung
- Mini Bus Pulogadung-Bekasi/Cikarang
- Koasi 25B Jalan Baru-BTC/Terminal Kayuringin
- Koasi 05A, 010, 07, 30, 30A, 31 

Akses Perkantoran :
- Kantor Imigrasi Kota Bekasi
- Cevest Bekasi
- Perkantoran Pemkot Bekasi
- Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi
- Samsat Bekasi
- Bank BCA
- Bank BNI
- RS Mitra Keluarga
- KONI Kota Bekasi
- PSSI Kota Bekasi
- Kuliner Kota Bekasi
- Pengadilan Agama Kota Bekasi
- PWI Bekasi 

Baca Berita Terkait :

Bang Imam : Mendesak Pemkot Bentuk BPBD

Kota Bekasi Terbitkan Peta Komunitas Hijau  

Kota Bekasi Penuh Sesak Hutan Beton 

Rp. 500 Juta Untuk RTH Kota Bekasi  

Jalan Layang Ahmad Yani Rusak RTH  



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi