Selasa, 27 November 2012

Kota Bekasi Terbitkan Peta Komunitas Hijau

RTH & PETA HIJAU : Kota Bekasi saat ini sudah menerbitkan Peta Komunitas Hijau Kota Bekasi. Foto: Bang Imam
Bekasi Selatan, Kota Bekasi (BIB) - Sesuai target, Kota Bekasi akhirnya menerbitkan Peta Komunitas Hijau Kota Bekasi. Peta ini menggambarkan kondisi eksisting green map di Kota Bekasi, mulai dari peta situ, peta sejarah, peta sekolah berwawasan lingkungan hingga peta RTH kota dan RTH Hutan Kota.

Hal ini sebagai implementasi keikutsertaan Kota Bekasi dalam mendukung Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang digagas oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

Hingga saat ini Kota Bekasi baru memiliki RTH berkisar antara 8-12%. Khusus untuk RTH publik baru terpenuhi sekitar 3,9% dari luas total Kota Bekasi.


"Jika luas Kota Bekasi 210,49 km2 maka kota ini harus menyediakan RTH sebesar 30% atau 6.700 hektar," kata Tengku Imam Kobul Moh. Yahya S, ST Anggota Pokja P2KH Kota Bekasi.

Saat ini yang tersedia baru 3,9%. Kota Bekasi akan sangat kesulitan menambah RTH. Sebab tanah di daerah ini tergolong sangat mahal.

PETA DAUN INDONESIA

Jika harus membebaskan tanah dari kekurangan tersebut, Kota Bekasi harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 1,026 triliun hanya untuk pembebasan lahan dengan asumsi harga tanah Rp. 3 juta per meter.

"Sebab untuk menyediakan 1% saja butuh uang sebesar Rp. 63 miliar. Jika tidak serius kalau mengacu pada RTRW Kota Bekasi 2012-2031 belum tentu ini terealisasi," kata Bang Imam lagi.

Namun ia menambahkan dengan adanya peta hijau Kota Bekasi lebih memudahkan identifikasi perkembangan peningkatan RTH Kota Bekasi.

"Termasuk kita sangat berharap kepada anggota Komunitas Hijau untuk berpartisipasi dalam program ini," sergah Bang Imam lagi. ***  

Berita Terkait Baca :

Kota Bekasi Penuh Sesak Hutan Beton  

Situ Gede Bekasi Jadi Pembuangan Sampah 

Siapa Calon Walikota Komitmen RTH...!!!  

Edukasi Pemilahan Dimulai Dari Sumber Sampah  

Rp. 500 Juta Untuk RTH Kota Bekasi  

Green Economy: Does it Include You?  

Tahun Ini Anggaran Kota Hijau Rp. 150 Miliar  

Jalan Layang Ahmad Yani Rusak RTH  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi