Kamis, 20 September 2012

43 Dari 52 Kelurahan di Kota Banjarmasin Kumuh


ilustrasi daerah pinggir kali ada pemukiman kumuh. foto: ist
Banjarmasin, Kalsel (BIB) - Sebanyak 43 dan 52 kelurahan yang ada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, masuk kategori kumuh. Masalah lain yang dihadapi kota itu, pesatnya pertumbuhan penduduk. 

"Ada 43 kelurahan yang tersebar di lima kecamatan di Kota Banjarmasin masuk kategori kumuh mulai dari kumuh rendah, sedang, dan tinggi," kata Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Tata Ruang Cipta Karya dan Permukiman Kota Banjarmasin Lisda, Kamis (20/9).


Menurutnya, permasalahan kepadatan penduduk dan permukiman kumuh menjadi pekerjaan rumah yang berat bagi pemerintah kota. Beberapa kebijakan yang dilakukan pemerintah kota (pemkot) untuk mengatasi itu adalah melakukan penataan, pembangunan rumah sederhana, hingga rumah susun. 

Saat ini, ujarnya, dengan luas wilayah 98 kilometer persegi, jumlah penduduk Kota Banjarmasin sudah mencapai hampir 800.000 jiwa atau terbesar dari jumlah penduduk 12 kabupaten/kota lainnya di Kalsel. Padahal, pada era 1980-an jumlah penduduk Kota Banjarmasin yang berjuluk Kota Seribu Sungai hanya 321.286 Jiwa. 

Staf Ahli dan Peneliti Kota Banjarmasin Bachtiar Noor mengungkapkan dari waktu ke waktu tata ruang kota Banjarmasin semakin semrawut dan sangat sulit ditata kembali. Saat ini wajah kota itu identik dengan kemacetan, sampah, kekumuhan, dan hilangnya sungai-sungai yang menjadi ciri khas. 

Berdasarkan hasil penelitian, ujarnya, kesemrawutan ini karena Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin lamban dan tidak memiliki visi pembangunan yang jelas. Kebijakan pemanfaatan tata ruang juga berubah-ubah setiap terjadi pergantian wali kota. Bahkan, pembangunan yang dilakukan pemkot tidak mengindahkan kelestarian lingkungan.

Sumber : Media Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi