Kamis, 14 Juli 2011

Palembang Menjadi Kota Sehat Asia Pasifik


Palembang anggota Alliance Healthy City Asia Pasifik
Palembang (BI-BERBAGI) - "Kota Palembang siap menjadi anggota kota sehat atau "Alliance Healthy City" se-Asia Pasifik," kata Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra, di Palembang, Rabu (13/7/2011), usai bertemu dengan Sekretaris Himpunan Kota Sehat itu.

Menurut Eddy, ajakan Sekretaris Himpunan Kota Sehat Asia-Pasifik tersebut sangat menarik sehingga pemkot setempat akan segera menindaklanjutinya secara serius. "Saat ini, sebanyak 200 kota di Asia Pasifik telah menjadi bagian dari "Alliance Healthy City"," ujar dia.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat Pemkot Palembang akan menandatangani nota kesepahaman kerja sama kota sehat tersebut. Namun, menurutnya, semuanya masih menunggu pertemuan lanjutan dengan perhimpunan kota tersebut.

Sekretaris Alliance Healthy City, Peter Davey menjelaskan, Pemkot Palembang telah menjalankan sejumlah program yang seiring dengan kegiatan himpunan kota sehat, seperti kampung ramah lingkungan dan menjaga kebersihan kota.

"Ke depan setelah sepakat bekerjasama, pihaknya akan memberikan pelatihan kepada perwakilan Pemkot Palembang untuk melanjutkan program kota sehat itu," ujar Eddy.

Dia menambahkan, pada tahap awal akan diajak sekitar 10 orang perwakilan Kota Palembang berlatih ke Griffith University di Brisbane, Australia. "Di sana akan disiapkan pelatihan yang berkaitan dengan kebersihan kota, air dan udara," ujarnya.

Davey menegaskan bahwa penting untuk mensinergikan program pemerintah dengan kelestarian lingkungan yang menjadi isu penting mereka bahas. "Khusus di Indonesia, selain Palembang, Makassar juga diajak menjadi bagian dari Alliance Healthy City," kata Davey.

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 0857 3998 6767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi