Senin, 23 Maret 2015

Standar Nasional Kompetensi Pedagogik Guru PAUD

Guru PAUD Harus Merancang Kegiatan Sesuai Dengan Kurikulum dan Aspek Kearifan Lokal

Kota Bekasi (BIB) - Guru PAUD di dalam kelas selain sebagai pekerja profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran, serta melakukan pembimbingan, pelatihan, pengasuhan dan perlindungan, GURU PAUD juga wajib mengembangkan secara utuh mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Nah, untuk membahas satu persatu kompetensi dan sub kompetensi guru PAUD, dapat dilihat dari tabel di bawah ini :


I. Kompetensi Pedagogik Guru PAUD

KOMPETENSI DAN SUB KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD


NO
KOMPTENSI
SUB KOMPETENSI
(1)
(2)
(3)
I
PEDAGOGIK
A
Mengorganisasikan aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini
1
Menelaah aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini
2
Mengelompokkan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan pada berbagai aspek perkembangan
3
Mengidentifikasi kemampuan awal anak usia dini dalam berbagai bidang perkembangan
4
Mengidentifikasi kesulitan anak usia dini dalam berbagai bidang pengembangan
B
Menganalisis teori bermain sesuai aspek dan tahapan perkembangan, kebutuhan, potensi, bakat, dan minat anak usia dini
1
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang mendidik yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di PAUD
2
Menelaah teori pembelajaran dalam konteks bermain dan belajar yang sesuai dengan kebutuhan aspek perkembangan anak usia dini
3
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistic, sesuai kebutuhan anak usia dini, dan bermakna, yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di PAUD
4
Merancang kegiatan bermain sebagai bentuk pembelajaran yang mendidik pada anak usia dini
C
Merancang kegiatan pengembangan anak usia dini berdasarkan Kurikulum
1
Menyusun isi program pengembangan anak sesuai dengan tema dan kebutuhan anak usia dini pada berbagai aspek perkembangan
2
Membuat rancangan kegiatan bermain dalam bentuk program tahunan, semester, mingguan, dan harian
D
Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik
1
Memilih prinsip-prinsip pengembangan yang mendidik dan menyenangkan
2
Merancang kegiatan pengembangan yang mendidik dan lengkap, baik kegiatan di dalam kelas, maupun diluar kelas
3
Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistic, autentik, dan bermakna
E
Memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik
1
Memilih teknologi informasi dan komunikasi serta bahan ajar yang sesuai dengan kegiatan pengembangan anak usia dini
2
Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik
F
Mengembangkan potensi anak usia dini untuk pengaktualisasian diri
1
Memilih sarana kegiatan dan sumber belajar pengembangan anak usia dini
2
Membuat media kegiatan pengembangan anak usia dini
3
Mengembangkan potensi dan kreatifitas anak usia dini melalui kegiatan bermain sambil belajar
G
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun
1
Memilih berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan anak usia dini
2
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan anak usia dini
H
Menyelenggarakan dan membuat laporan penilaian, evaluasi peoses dan hasil belajar anak usia dini
1
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar anak usia dini
I
Menentukan lingkup sasaran asesmen proses dan hasil pembelajaran pada anak usia dini
1
Memilih pendekatan, metode dan teknik asesmen proses dan hasil kegiatan pengembangan pada anak usia dini
2
Menggunakan prinsip dan prosedur asesmen proses dan hasil kegiatan pengembangan anak usia dini
3
Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen
4
Menentukan tingkat capaian perkembangan anak usia dini
5
Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan
6
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
J
Menggunakan hasil penilaian, pengembangan dan evaluasi program untuk kepentingan pengembangan anak usia dini
1
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk kesinambungan belajar anak usia dini
2
Melaksanakan program remedial dan pengayaan
3
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualutas pembelajaran
4
Mengkomunikasikan hasil penilaian pengembangan dan evaluasi program kepada pemangku kepentingan
K
Melakukan tindakan reflektif, korektif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pengembangan anak usia dini
1
Melakukan refleksi terhadap kegiatan pengembangan anak usia dini yang telah dilaksanakan
2
Meningkatkan kualitas pengembangan anak usia dini melalui penelitian tindakan kelas (PTK)
3
Melakukan penelitian tindakan kelas

bersambung (2) Kompetensi Kepribadian Guru PAUD ...

Sumber : oleh Bang Imam, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini tentang Standar Guru PAUD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 085739986767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi