Jumat, 08 November 2013

Profil Singkat Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane

PETA WILAYAH SUNGAI CILIWUNG CISADANE
Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane menjadi menarik untuk dibahas karena wilayah sungai ini melewati Ibukota Indonesia, Jakarta.

Secara umum luas wilayah sungai ciliwung cisadane adalah berkisar 5.293,01 km persegi. Terbentang dari 3 provinsi yakni, Wilayah Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta. 

Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane menjadi kewenangan Pemerintah Pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS CILCIS), Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum. 

Statusnya saat ini ditetapkan sebagai Wilayah Sungai Lintas Provinsi karena melintasi 3 provinsi dan 13 kab/kota serta 15 daerah aliran sungai (DAS) sekaligus.

Sedangkan kabupaten dan kota yang masuk Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane adalah: 

a. Provinsi Banten : Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

b. Provinsi Jawa Barat : Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

c. DKI Jakarta : meliputi Kotamadya Jakarta Selatan, Kotamadya Jakarta Timur, Kotamadya Jakarta Barat, Kotamadya Jakarta Utara, dan Kotamadya Jakarta Pusat.

Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane juga terdiri dari beberapa Daerah Aliran Sungai (DAS). DAS yang masuk Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane adalah : DAS Cimanceuri, DAS Ciranggon, DAS Cileleus, DAS Cimauk, DAS Cirarab, DAS Ciasin, DAS Cisadane, DAS Cikapadilan, DAS Angke, DAS Krukut, DAS Ciliwung, DAS Sunter, DAS Cakung, DAS Blencong dan DAS Bekasi.

Dari ke-15 DAS tersebut, DAS Cisadane merupakan daerah aliran sungai yang paling luas. 

Selain menjadi tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS CILCIS), Ciliwung Cisadane juga telah membentuk Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (TKPSDA WS CILIWUNG CISADANE) yang beranggotakan seluruh pemangku air pada pemerintahan kab/kota yang dilewati Cilcis dan unsur masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat peduli SDA Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane.

Apakah anda ada usul soal pengelolaan atau ingin merestorasi Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane?

Oleh : Bang Imam anggota TKPSDA WS CILIWUNG CISADANE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi