Senin, 07 Maret 2016

10 Metode Pengelolaan Pembelajaran dan Penilaian PAUD


Ada banyak yang cara yang dapat dipilih dalam membuat metode pengelolaan pembelajaran dan penilaian pendidikan anak usia dini. Tentu didasarkan pada kondisi daerah dan kondisi anak itu sendiri sesuai dengan perkembangannya.

Namun, sebelas cara dapat dilakukan dan ditinggalkan pada tahap pemilihan metode pengelolaan pembelajaran dan penilaian PAUD.

10 Metode Yang di-LAKUKAN dalam Pengelolaan Pembelajaran dan Penilaian
  1. menyiapkan perencanaan pembelajaran dan pengelolaan kelas;
  2. membuat jadwal kegiatan yang terstruktur;
  3. menentukan tema pembelajaran yang dekat dengan kehidupan anak;
  4. membuat catatan setiap anak;
  5. menggunakan metode pembelajaran aktif, menarik dan beragam;
  6. memberikan kesempatan bereksplorasi;
  7. melibatkan orang tua dalam kegiatan;
  8. mengoptimalkan potensi budaya dan bahasa ibu dalam pembelajaran;
  9. menyampaikan laporan perkembangan anak secara objektif dan berkala;
  10. mengelola kegiatan pembelajaran inklusif.

10 Metode Yang di-TINGGALKAN dalam Pengelolaan Pembelajaran dan Penilaian
  1. tidak memperhatikan kemampuan yang dimiliki dan diperlukan anak;
  2. membeda-bedakan anak;
  3. berpusat pada guru;
  4. pembelajaran hanya dilakukan di dalam kelas;
  5. kurang kegiatan;
  6. melaksanakan pembelajaran lebih bersifat akademik;
  7. membatasi keterlibatan orang tua;
  8. tidak menghargai anak sebagai individu yang unik;
  9. pembelajaran klasikal;
  10. melakukan tes/ulangan harian.

#BangImamBerbagi #PengelolaanPembelajarandanPenilaian #PAUD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi