Jumat, 22 Februari 2013

Tes Honorer 2013 Menggunakan "CAT"...!!!

Foto saat uji coba di Kantor Regional VII BKN Palembang.
Jakarta (BIB) - Sedianya Pemerintah Pusat mulai melakukan tes seleksi CPNS dengan sistem Online. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memperkenalkan sistem tes CPNS Online ini. Mereka menyebutnya dengan Computer Assisted Test atau biasa disingkat CAT. 

Uji coba awal dan sosialisasi sudah dilakukan di Kantor Regional VII BKN Palembang beberapa waktu lalu. Namun, dalam uji coba tidak disebutkan kendala dan kesuksesan program ini. 

Yang jelas baik Kemen PAN&RB dan BKN sudah gembar-gembor akan melakukan tes CPNS baik dari umum maupun honorer tahun 2013 ini dengan menggunakan metode CAT.

Apa itu "CAT"

Foto Uji Coba CAT
CAT adalah suatu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar (TKD) maupun standar kompetensi kepegawaian (SKK). 

Manfaat penggunaan CAT yaitu tersedianya keseluruhan materi soal terdiri dari Tes Pengetahuan Umum (TPU), Tes Kepegawaian (TK), dan Tes Skala Kematangan (TSK). 

Disamping itu setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama karena bank soal akan diacak oleh aplikasi CAT. 

Sehingga kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak memerlukan lembar soal dan lembar Jawaban Komputer (LJK). 

Begitu juga dengan penilaian yang dilakukan secara obyektif dan transparan karena yang memeriksa hasil ujian langsung oleh aplikasi CAT. 

Dengan demikian Peserta ujian dapat memantau sisa waktu yang tersedia melalui layar monitor setiap saat selama ujian berlangsung.

Uji coba CAT ini di ikuti oleh para pegawai di unit-unit Kerja Kantor Regional VII BKN Palembang. Penyelenggaraan uji coba CAT ini berjalan dengan baik dan lancar.
Sosialisasi CAT

Penyelenggara uji coba CAT ini adalah Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai BKN. 

Kantor Regional VII BKN Palembang sebagai Unit Organisasi BKN di daerah berupaya mendukung Quick Win yang menjadi fokus kinerja BKN dalam mewujudkan Visi dan Misinya, diantaranya melalui fasilitas CAT yang ada di Kantor Regional VII BKN Palembang.


Sistem Rekrutmen dan Seleksi dengan Computer Assisted Test (CAT)

Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Standar Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil. 

Untuk menjamin Standar Kompetensi Dasar CPNS dilakukan Tes Kompetensi Dasar melalui Computer Assited Test.

Maksud dan Tujuan

1. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian

2. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional

3. Menetapkan standar nilai

Keunggulan/Manfaat Penggunaan CAT

a. Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet;

b. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh;

c. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan);

d. Penilaian dilakukan secara obyektif; dan

e. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperoleh. 

Rencananya pada minggu ke-2 Juli 2013, Tenaga Honorer Kategori II akan mengikuti ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk 650.000 orang TH K-II. 

Selama percobaan, BKN sudah melaunching situs CAT, anda dapat login disini http://118.97.48.13/cat.bkn/2_portal/front.portal.aspx

Mampukah Tenaga Honorer khususnya Kategori II mengikuti sistem tes menggunakan CAT...???

Sumber : Kantor Regional VII BKN Palembang/Diolah Bang Imam 

Berita Terkait Baca :


Tes CPNS Honorer Kategori II Digelar Lagi Juli 2013  

Ada saran dan masukan untuk Bang Imam kirim : 
e_mail: bangimam.kinali@gmail.com
Twitter : @BangImam 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi