Senin, 13 Juni 2011

Sukses Bantar Gebang Dapat Perhatian Dunia

SEMINAR PENGELOLAAN SAMPAH

TPST Bantargebang Bekasi. Foto : istimewa

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait dengan keberhasilan pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Bantar Gebang, Pemerintah Provinsi DKI bersama dengan Program Pascasarjana Kajian Pengembangan Perkotaan Universitas Indonesia (KPP-UI) menyelenggarakan Seminar Nasional Pengelolaan Sampah di Kota-kota Besar: Tantangan dan Alternatif Solusi.

"Pekan lalu keberhasilan TPST Bantar Gebang mendapat perhatian dunia dalam event C40 World Summit di Sao Paulo, Brazil. Kini, Pemprov DKI ingin turut membagi kiat pengelolaan sampah di Ibu Kota," ungkap Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Ahmad Haryadi dalam sambutan seminar di Pusat Studi Jepang UI, Depok, Kamis (9/6/2011).
Keberhasilan TPST Bantar Gebang, kata Haryadi, berupa pemanfaatan gas metan dari sampah menjadi bahan bakar pembangkit listrik di TPST Bantar Gebang. Upaya ini dapat digolongkan sebagai salah satu percontohan pengurangan efek pemanasan global yang berhasil di dunia.

Dalam seminar nasional itu, hadir juga Kepala Dinas Kebersihan DKI Eko Bharuna dan Ketua Program Pascasarjana Kajian Pengembangan Perkotaan UI (KPP-UI) Komara Djaya.

Menurut Komara, dalam pengelolaan sampah kota terdapat lima aspek yang berpengaruh, yakni aspek pembiayaan, teknik operasional, kelembagaan, hukum dan peran serta masyarakat.

"Aspek pembiayaan perlu didalami dengan lebih baik karena pengelolaan sampah memerlukan biaya yang tidak sedikit," kata Komara.

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 0895 391 074 446

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi