Minggu, 06 Maret 2016

Apa Itu SDGs 2015-2030 ???

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

PENGERTIAN

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) adalah seperangkat target yang berhubungan dengan pengembangan internasional di masa mendatang. Target-target ini dibuat oleh PBB dan dipromosikan sebagai Tujuan Global untuk Pembangunan yang Berkelanjutan. Mereka menggantikan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) yang tidak lagi berlaku terhitung mulai akhir 2015. SDG aktif mulai tahun 2015 hingga 2030. Ada 17 tujuan dan 169 target spesifik untuk tujuan-tujuan tersebut.

TUJUAN
Pada bulan Agustus 2015, 193 negara menyepakati 17 tujuan berikut ini :
  1. Menghapuskan Kemiskinan ~ Mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuknya di semua tempat.
  2. Menghapuskan Kelaparan ~ Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi, serta menggalakkan pertanian yang berkelanjutan.
  3. Hidup Sehat ~ Memastikan hidup yang sehat dan menggalakkan kesejahteraan untuk semua usia.
  4. Pendidikan Berkualitas ~ Memastikan pendidikan berkualitas yang terbuka dan setara serta menggalakkan kesempatan untuk belajar sepanjang umur hidup pada semua orang.
  5. Kesetaraan Gender ~ Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua wanita dan anak perempuan.
  6. Air Bersih dan Sanitasi ~ Memastikan ketersediaan dan pengelolaan yang berkesinambungan atas air dan sanitasi untuk semua orang.
  7. Energi yang bisa diperbarui dan terjangkau ~ Memastikan akses pada energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern bagi semua orang.
  8. Ekonomi dan pekerjaan yang baik ~ Menggalakkan perkembangan ekonomi yang berkesinambungan, terbuka, dan berkelanjutan, lapangan kerja yang utuh dan produktif, serta pekerjaan yang layak bagi semua orang.
  9. Inovasi dan infrastruktur yang baik ~ Membangun infrastruktur yang tahan lama, menggalakkan industrialisasi yang berkesinambungan dan terbuka, serta mendorong inovasi.
  10. Mengurangi kesenjangan ~ Mengurangi kesenjangan di dalam dan di antara negara.
  11. Kota dan komunitas yang berkesinambungan ~ Membuat kota dan pemukiman manusia terbuka, aman, tahan lama, serta berkesinambungan.
  12. Penggunaan sumber-sumber daya yang bertanggung jawab ~ Memastikan pola-pola konsumsi dan produksi yang berkesinambungan.
  13. Tindakan iklim ~ Mengambil tindakan mendesak untuk memerangi perubahan iklim dan pengaruhpengaruhnya.
  14. Lautan yang berkesinambungan ~ Melestarikan dan menggunakan samudra, laut, dan sumber-sumber daya maritim secara berkesinambungan untuk pengembangan yang lestari.
  15. Penggunaan tanah yang berkesinambungan ~ Melindungi, mengembalikan, dan menggalakkan penggunaan yang lestari atas ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkesinambungan, memerangi penggundulan hutan, dan memperlambat serta membalikkan degradasi tanah serta memperlambat hilangnya keragaman hayati.
  16. Kedamaian dan Keadilan ~ Menggalakkan masyarakat yang damai dan terbuka untuk pengembangan yang lestari, memberikan akses pada keadilan untuk semua orang dan membangun institusi yang efektif, bertanggung jawab, serta terbuka di semua tingkatan.
  17. Kemitraan untuk pengembangan Yang Lestari ~ Memperkuat cara-cara penerapan dan menghidupkan kembali kemitraan global untuk pengembangan yang berkesinambungan.
#BangImamBerbagi #SDGs2015-2030

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi