Kamis, 21 September 2023

BUS SAN : 35 Jam Pekanbaru-Jakarta


Pekanbaru (BIB) -
Ingin mencoba naik bus dari Kota Pekanbaru ke Jakarta, pilihan ke Bus SAN (Siliwangi Antar Nusa). Kali ini saya tidak mereview jenis bus dan juga tidak lagi akan menceritakan sejarahnya.

Saya cuma mau menceritakan pengalaman pribadi naik Bus SAN dari Kota Pekanbaru menuju Jakarta.

Berikut pengalaman pribadi saya.

PESAN TIKET

Pool PO Bus SAN di Jl. SM. Amin, Kota Pekanbaru

Sebenarnya untuk memesan tiket bus sudah tersedia baik lewat online maupun offline. Beberapa laman seperti redbus.id, tiket.com, traveloka.com dan juga buzzit.go.id. Tentu bisa juga lewat laman PO Bus tersebut.

Bahkan, jika sudah memiliki Nomor HP/WA, juga bisa langsung memesan tiketnya.

Namun, pada Selasa, 19 September 2023 kemaren, saya memilih mendatangi Loket Bus PO SAN yang berada di Jl. SM. Amin (Arengka III) No.211-212, Depan Pintu Masuk Stadion Utama Riau, Simp. Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru 28292.

Kalau langsung datang ke Pool Bus PO SAN, kita dapat berkonsultasi sekaligus dan bertanya-tanya soal keadaan bus, waktu jalan, sopir dan kernetnya siapa, lama perjalanan, kira-kira makan dimana dan kapan berhentinya, tentu juga termasuk jurusannya.

Setelah berkonsultasi, saya memilih bus baru (katanya baru launching pas Lebaran 2023) tujuan Solo-Blitar Lewat Pantura.

PO SAN di Terminal BRPS, Pekanbaru
Bus PO SAN ternyata akan mengangkut penumpang sesuai dengan arah tujuannya. Misal jurusan Kota Pekanbaru-Blitar yang melewati Jl. Lintas Timur Sumatera via Pantura (Tol), akan mengangkut tujuan Jambi, Palembang, Metro, Lampung, Merak, Tangerang, Jakarta, Bekasi, Karawang, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Batang, Semarang, hingga ke Solo dan Blitar.

Karena saya naik jurusan Kota Pekanbaru-Blitar via Pantura/Solo, maka saya diturunkan di Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Harga Tiket Kota Pekanbaru-Jakarta Rp.550.000,00 (hanya tiket bus dan tiket penyeberangan, makan bayar masing-masing).

Ada juga tiket dengan harga Rp.650.000,00 dan Rp.700.000,00 tujuan Jakarta ya, tapi beda fasilitas dan busnya.

PERJALANAN DAN PEMBERHENTIAN

Loket Bus di Kotabaru, Bandarlampung
Walaupun kita memesan tiket dari Pool PO SAN di Jl. SM. Amin, kita tetap akan diberangkatkan secara resmi melalui Terminal AKAP Bandar Raya Payung Sekaki di Jl. Tuanku Tambusai, Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru 28292.

Terminal AKAP-BRPS ini cukup luas dan bagus, juga aman untuk penumpang. Sudah jarang calo yang memaksa. Justru di Terminal AKAP Pulo Gebang masih banyak yang maksa-maksa dan nanya kita mau kemana lo.

Karena pemberangkatan Bus PO SAN dari Terminal AKAP BRPS pukul 15.00 wib, kami diantar oleh bus jurusan Bengkulu melalui agen di PO SAN Jl. SM. Amin. Berangkat dari pool pukul 14.00 wib.

Naik Bus BM 7208 TU Jurusan Kota Pekanbaru-Solo-Blitar. 

Tepat pukul 15.00 wib (19 September 2023) bus berangkat melewati Jl. Lintas Timur dan berhenti hanya di pool, seperti Pool Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau depan PT April Riau (lampu merah) untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

Kemudian lanjut menuju Jambi makan siang dan berhenti sejenak di RM. Ajo Tonjong di Bukit Baling, Kecamatan Sukernan, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi 36381, sampai sekitar pukul 01.45 wib (20 September 2023).

Harga makanan ditempat ini berkisar Rp.35.000,00 s.d. Rp.50.000,00

PO SAN lagi istirahat makan di RM Ajo Tonjong di Muaro Jambi

Berjalan melanjutkan perjalanan menelusuri Jl. Lintas Timur Sumatera, dan waktu Sholat Subuh sempat mampir di Masjid wilayah Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Usai sholat subuh berangkat kembali dan istirahat untuk makan pagi (sarapan) di RM Musi Indah, Taja Raya I, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Sampai disini sekitar pukul 08.22 wib (20 September 2023).

Harga makan ditempat ini berkisar Rp.50.000,00 s.d. Rp.70.000,00.

Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kota Palembang. Sempat berhenti di dekat Terminal AKAP Alang-Alang Lebar, Kota Palembang untuk menurunkan penumpang. 

Dan sempat singgah di Terminal Karya Jaya untuk lapor di Pool PO SAN.

Selanjutnya memasuki Tol Palembang-Bakuheni. 

Pada pukul 15.06 wib (20 September 2023) makan di RM Gadang Jaya 3, Bandar Jaya, Lampung Tengah, Provinsi Lampung 34161. Keluar dari Pintu Tol Terbanggi Besar.

Habis makan, melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Bakauheni, sampai di Dermaga 3 sekitar pukul 18.51 wib (20 September 2023).

Penyeberangan kurang lebih ditempuh sekitar 3 jam, sudah termasuk antri masuk kapal dan keluar kapal. 

Tiba di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon menurunkan penumpang, dan kemudian tancap gas menuju Terminal AKAP Terpadu Pulo Gebang. 

Tiba hampir pukul 01.00 wib (21 September 2023).

Perjalanan ditempuh kurang lebih 34 jam (sudah termasuk berhenti isi BBM, makan 3x, naik-turun penumpang di loket bus.

Berangkat, hari Selasa, 19 September 2023, pukul 15.00 wib dari Terminal AKAP-BRPS Kota Pekanbaru dan sampai di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta pada Kamis, 21 September 2023, pada pukul 01.00 wib.

PO SAN meninggalkan Dermaga 3, Pelabuhan Bakauheni menuju Merak, Kota Cilegon

TIPS NAIK BUS JAWA-SUMATERA

  1. sebaiknya banyak bertanya soal bus, apakah masih baru/layak jalan, serta wajib tahu pasti jam keberangkatan, lokasi berhenti (makan dan pool), serta nomor polisi bus, nama sopir dan kondektur (syukur-syukur punya nomor Hp nya), nomor kontak pool asal dan pool akhir tujuan kita;
  2. simpan baik-baik tiket, jika tiketnya manual, perhatikan nomor polisi bus yang akan dinaiki harus sama, jam berangkat dan sampai di tujuan jam berapa;
  3. bawalah jajanan kecil yang bisa mengenyangkan (misal seperti roti atau coklat) dan minuman untuk di jalan, karena saat pemberhentian di Restoran selalu bukan jam makan (atau pas waktu belum lapar);
  4. beberapa restoran makanannya tidak lagi baru, terutama makanan untuk malam dan pagi, sebaiknya memilih makanan di restoran yang masih fresh (bisa bertanya ke pelayan) dan jangan malu untuk bertanya harganya, karena rata-rata rumah makan pemberhentian bus harga cukup mahal untuk yang berhemat;
  5. bawa selalu obat-obatan standar sesuai dengan resep dokter yang biasa kita minum;
  6. jika membawa anak, sebaiknya diperhitungkan jika anak bosan, pengen pipis atau BAB, dan ingin ngemil dan bermain, belilah tiket lebih awal dan survey bentuk bus sebelum keberangkatan;
  7. bawa uang cash (tunai) secukupnya karena rumah makan dan warung masih jarang memakai pembayaran non tunai;
  8. hindari berbelanja yang tidak terlalu penting, misal oleh-oleh di jalan karena bisa mendapatkan makanan/minuman yang kurang fresh atau masa berlakunya lebih singkat;
  9. setiap mau membeli makanan/minuman, sebelum membeli tanya terlebih dahulu harganya, karena harga tidak sesuai menurut kita (terlalu mahal) untuk ukuran naik bus (kadang harganya lebih mahal ketimbang di restoran/cafe/bandara) hehehe;
  10. Menurut saya kurang tepat jika naik bus sekeluarga pulang kampung dengan bawa anak, bawa barang banyak dan bawa oleh-oleh naik bus saat jelang lebaran, lebih naik naik bus saat hari-hari biasa;
  11. Jika dihitung ongkos bus Pekanbaru-Jakarta Rp.550.000,00 tambah makan, minum dan lainnya masih tembus hingga total seluruhnya Rp.1.000.000,00, sedangkan tiket pesawat jika dipesan minimal 2 hari sebelumnya masih dapat harga Rp.700.000,00 s.d. Rp.900.000,00 (dengan waktu tempuh singkat, jika sudah pasti jadwal kepergian dan kepulangan, sebaiknya sih memilih naik pesawat) namun untuk yang lihat-lihat pemandangan, tahan ngantuk, tahan pinggang sakit, dan pengen punya pengalaman bolehlah naik bus.
  12. Tetapi kembali lagi kepada kita masing-masing, jika berhemat masih bisa dan lebih enak kok naik bus.

#BangImamBerbagi #POSAN #Bus #2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi