Sabtu, 21 November 2015

POLA PENGASUHAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Unisma 45 Bekasi (BIB) - Merawat, mendidik dan mengasuh anak sama seperti merawat tanaman, perlu dipupuk, disiram dan sentuhan yang lembut dan telaten. Pola pengasuhan dan interaktif dengan anak haruslah dengan kalimat-kalimat yang baik dan tutur kata yang baik pula.
Dalam Alqur’an (QS 98 : 7) dijelaskan bahwa Orang Tua adalah guru utama dan keluarga merupakan sekolah pertama untuk melahirkan generasi terbaik.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, mereka itu adalah sebaik-baiknya makhluk (Al-Bayyinah 7)

Al-Qur’an juga telah mengingatkan kita agar Umat Islam tidak meninggalkan Generasi yang Lemah (QS 4 : 9)

Jika aqidah/tauhidnya kuat maka keprobadiannya pun akan baik (QS 31 : 12-19)

Pola pengasuhan anak haruslah berpusat pada anak itu sendiri dengan memberikan kesempatan kepada sang anak untuk mengambil keputusan seraya akan dipandu oleh guru dan orang tuanya.

“Metode Pembelajaran Yang Baik adalah jauh lebih penting dari Materi Pembelajaran itu sendiri. Dan Guru itulah ujung tombak dari segala-galanya yang memberikan fungsi pengasuhan di Kelas. Sedangkan orang tua dan keluarga berperan dalam pembinaan akhlak anak setelah berada dilingkungan rumah dan masyarakat” kata Bang Imam.
Pola pengasuhan anak tercantum dalam Struktur Kurikulum 2013, Pendidikan Anak Usia Dini yang memuat program-program pengembangan anak yang mencakup berbagai hal, diantaranya : nilai agama dan moral; fisik-motorik; kognitif; bahasa; social-emosional; dan seni.

Dalam melaksanakan pola pengasuhan anak dan menerapkan program pengembangan kurikulum PAUD sebaiknya dilakukan serangkaian proses pemberian rangsangan pendidikan oleh pendidik, respons peserta didik, intervensi pendidik, dan penguatan oleh pendidik.

Banyak kegagalan dalam mendidik anak PAUD disebabkan karena antara pendidik dan orang tua, sekolah dan di rumah, serta konsep parenting dan pola asuh lingkungan belum sejalan dengan program Kurikulum yang dipersyaratkan sesuai dengan usia dan perkembangan anak.

Selain itu masih belum meratanya sumber daya pendidik, pengetahuan pendidik serta sarana penunjang di PAUD menjadikan pola pengasuhan anak masih terhambat dan tidak terarah sesuai dengan kemampuan dan kecapakan anak itu sendiri.

Oleh sebab itu, perlunya melakukan revolusi mental di Bidang PAUD soal kesamaan visi, tujuan, dan sasaran yang akan dicapai dalam mewujudkan generasi emas calon pemimpin Indonesia tahun 2045 (#100tahunRepublikIndonesia).

POLA PENGASUHAN ANAK USIA DINI

NO
Kurikulum 2013
(10 Prinsip Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini)
Bina Keluarga Balita
(Menciptakan Orang Tua Hebat Agar Dapat Menciptakan Anak-Anak Generasi Emas)
Hasil Penelitian Pakar
(10 Pola Pengasuhan Anak Agar Menjadi Generasi Cerdas)
(1)
(2)
(3)
(4)
1
Belajar Melalui Bermain
Fungsi Keagamaan
Bebaskan Anak Mengesplorasi Lingkungan
2
Orientasi pada Perkembangan Anak
Fungsi Sosial Budaya
Ikuti Minat Anak
3
Orientasi pada Kebutuhan Anak
Fungsi Cinta Kasih
Tuturkan Pengetahuan Tentang Dunia dan Isinya
4
Berpusat pada Anak
Fungsi Perlindungan
Bacakan Aneka Buku Pengetahuan Secara Rutin dengan Suara Keras dan Intonasi Yang Benar
5
Pembelajaran Aktif
Fungsi Reproduksi dan Keberlangsungan
Jadilah Model Yang Baik (Panutan Bagi Anak)
6
Orientasi pada Pengembangan Nilai-Nilai Karakter
Fungsi Ekonomi
Seringlah Bertanya Kepada Anak
7
Orientasi pada Pengembangan Kecakapan Hidup
Fungsi Pembinaan Lingkungan
Beri Kesempatan Anak Mengambil Keputusan
8
Dukungan Lingkungan Yang Kondusif

Tingkatkan Kesempatan Bersosialisasi
9
Orientasi pada Pembelajaran Yang Demokratis

Cukupi Kebutuhan Gizi Anak
10
Pemanfaatan Media Belajar dan Sumber Belajar

Jaga Kesehatan Anak

#BangImamBerbagi #Unisma45Bekasi #Seminar&Workshop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi