M. Nuh Mendiknas dan Bang Imam |
SAPULIDI (BEKASI) – Untuk mengatasi persoalan dan polemik terhadap kejelasan guru honorer, LSM Sapulidi memberikan beberapa alternatif yang merupakan sistem dan instrumen yang harus dijalankan—sehingga pengangkatan terprogram dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan daerah.
Ketua Tim Advokasi Guru Honorer dari LSM Sapulidi, Tengku Imam Kobul Moh. Yahya S., ST mengungkapkan penyelesaian guru honorer harus didasarkan pada rasio antara guru dengan siswa, guru dengan sekolah dan guru dengan rombongan belajar.
Selain itu tentunya harus mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah serta kebutuhan pada satuan pendidikan masing-masing berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar Pada Kabupaten/Kota.
“Untuk menghitung rasio bisa dilaksanakan dengan mengacu pada Permendiknas Nomor 39 Tahun 2009 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan. Karena amanat undang-undang tersebut ada 3 poin penting yang harus dilakukan pemerintah daerah utamanya kab/kota maksimal harus sudah terlaksana 2 tahun sejak permen itu diundangkan,” kata Bang Imam yang saat ini menjabat sebagai Direktur Bidang Sosial dan Pendidikan LSM Sapulidi.
Tiga poin yang dimaksud pada permen itu adalah;
(1) Pemerintah Kabupaten/Kota sudah harus memiliki rencana kebutuhan guru pada daerah masing-masing;
(2) Melakukan redistribusi kelebihan guru; dan
(3) Merencanakan rekruitmen guru baru.
“Dari 3 bahasan pokok tersebut, Pemerintah Daerah seharusnya merekrut kebutuhan guru dengan mengutamakan guru-guru yang sudah lama mengajar yang saat ini menjadi guru honorer. Termasuk kriteria lainnya adalah guru berprestasi, guru yang masa mengajarnya lebih lama, dan guru usia kritis,” jelas Bang Imam lagi.
KEBUTUHAN GURU
FKGS-SDN Kota Bekasi dengan Ketua DPRD, Azhar Laena |
“Kedepan Pemkot Bekasi harus menyiapkan instrumen dan sistem untuk mengawal proses rekruitmen dan pengangkatan guru. Sehingga tenaga yang dihasilkan betul-betul profesional dalam bidangnya, bukan merupakan titipan oknum pejabat atau familinya,” kata Bang Imam. (red/admin LSM Sapulidi)
KEBUTUHAN GURU PER MATA PELAJARAN DI KOTA BEKASI
(NUPTK 2009, Litbang LSM Sapulidi)
MATA PELAJARAN | KEBUTUHAN | |||||
2010 | 2011 | 2012 | 2013 | 2014 | TOTAL | |
Guru Agama | 243 | 16 | 15 | 25 | 25 | 324 |
Penjaskes | 194 | 14 | 13 | 13 | 16 | 250 |
Guru Kelas | 668 | 39 | 54 | 55 | 53 | 869 |
PKN | 31 | 15 | 12 | 12 | 14 | 84 |
Bahasa Indonesia | 89 | 24 | 29 | 27 | 30 | 199 |
Bahasa Inggris | 71 | 25 | 27 | 28 | 30 | 181 |
Matematika | 32 | 9 | 25 | 26 | 29 | 121 |
IPA | 1 | 7 | 12 | 13 | 16 | 49 |
IPS | 1 | 0 | 0 | 0 | 14 | 15 |
Seni Budaya | 71 | 12 | 15 | 14 | 16 | 128 |
TIK | 115 | 12 | 12 | 12 | 13 | 164 |
MULOK | 269 | 12 | 13 | 12 | 14 | 320 |
Bimbingan Konseling | 208 | 27 | 27 | 29 | 28 | 319 |
Fisika | 8 | 8 | 8 | 7 | 8 | 39 |
Biologi | 9 | 7 | 8 | 7 | 8 | 39 |
Kimia | 4 | 7 | 7 | 7 | 7 | 32 |
Sejarah | 21 | 4 | 4 | 4 | 4 | 37 |
Geografi | 12 | 4 | 4 | 4 | 5 | 29 |
Ekonomi | 0 | 0 | 0 | 3 | 5 | 8 |
Sosiologi | 17 | 5 | 4 | 5 | 4 | 35 |
Antropologi | 8 | 4 | 4 | 4 | 4 | 24 |
Sastra Indonesia | 9 | 4 | 4 | 4 | 4 | 25 |
Bahasa Asing | 3 | 4 | 4 | 4 | 4 | 19 |
Keterampilan | 37 | 4 | 4 | 4 | 5 | 54 |
Kewirausahaan | 2 | 0 | 0 | 0 | 0 | 2 |
TOTAL | 2.123 | 263 | 305 | 319 | 356 | 3.366 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi