Jumat, 10 November 2023

PANTAI MAJU

PIK 1, PIK 2, PIK 3


Jakarta (BIB) -
Hari itu, Kamis, 09 Nopember 2023 saya menyempatkan diri ke Pantai Maju. Pantai Maju masuk Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 di Pulau Untung, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Kotamadya Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta.

Sebagian Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 dan rencana PIK 3 termasuk juga wilayah Kabupaten Tangerang disisi Timur Sungai Cisadane.

Pantai Indah Kapuk mulai dibangun sekitar tahun 1989. Dalam Rencana Tata Ruang Provinsi DKI Jakarta 1985-2005, Wilayah Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) merupakan Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk DKI Jakarta.

Namun, di jaman Menteri Kehutanan periode Hasjrul Harahap, PIK dengan luas sekitar 1.160 hektar ini berganti fungsi menjadi Area Perumahan. Perubahan ini terjadi sekitar tahun 1995.

Saat ini kawasan PIK terdiri dari;

  • Kawasan Daratan : 1.036 hektar
  • Pulau Golf Island : 299,22 hektar (pulau reklamasi Timur)
  • Pulau Ebony Island : 104,3 hektar (pulau reklamasi Barat)

Oh, ya... dahulunya Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) dimiliki oleh PT Metropolitan Kentjana milik keluarga besar Siti Hartati Murdaya yang juga menjadi pengembang Perumahan Pondok Indah dan masuk Central Cipta Murdaya Group. 

Kawasan PIK 1, PIK 2, dan Rencana PIK 3 saat ini sudah berubah dan setara dengan Kawasan Elit Bergengsi di Jakarta seperti di Menteng, Pondok Indah, Puri Indah, Kebayoran Baru dan lainnya.

Pantai Maju di Pulau Untung atau Pulau Reklamasi Timur itu berada di Wilayah Bagian Timur. Berbagai fasilitas sudah berdiri disekitaran Pantai Maju lo.

Dari browsing-browsing di internet, Kawasan Daratan PIK sudah terbangun beberapa kegiatan mulai dari perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan, lapangan golf, sekolah, rumah sakit, dan juga tentu kawasan pariwisata.

Saat ini pemilik PT PIK 2 adalah PT Multi Artha Pratama, PT Agung Sedayu dan PT Tunas Mekar Jaya (Salim Group).

KAWASAN PERKANTORAN

Yang sudah berdiri adalah; Tzu Chi Center, Menara Indomaret, Gold Coast Office dan sejumlah ruko perkantoran lainnya.

PUSAT PERBELANJAAN

Di PIK sudah terbangun beberapa pusat perbelanjaan, sebut saja PIK Avenue, Pasar Segar PIK, By The Sea Shopping Mall,  dan Pantjoran PIK

RUMAH SAKIT

Rumah sakit juga sudah terbangun, seperti RS PIK dan RS Grand Family

LAPANGAN GOLF

Untuk kawasan elit, tentu fasilitas ini tidak boleh terlewatkan. Kawasan golf di PIK adalah Damai Indah Golf & Country Club dan Sedayu Indah Golf.

PERUMAHAN

Untuk hunian yang didambakan para PIKer hehe sudah tersedia, diantaranya; Gold Coast Apartement, Bukit Golf Mediterania, Taman Resort Mediterania, Pinisi Indah, Pinisi Permai, Garden House, Mayang Permai.

Ada juga Elang Laut. Crown Golf, Lotus Palace, Mediterania Boulevard, Camar Elok, Camar Permai, Camar Indah.

Selain itu, terdapat juga perumahan Walet Permai, Walet Indah, Walet Elok, dan Manyar Permai. Semua ini terbangun di Kawasan PIK Daratan.

Sedangkan di Kawasan PIK Reklamasi terdapat perumahan Piano, Serenade, Violin, Symphony, Harmony Golf, Melody Golf, Mozart Signature dan Chopin Signature (Golf Island).

SEKOLAH

Sekolah internasional juga sudah tersedia di PI, diantaranya Singapore School, Bina Bangsa, Stella Maris, St. Nicholas, BPK Penabur dan Tzu Chi.

WISATA

Lokasi wisata yang sudah terbangun selain Pantai Maju, juga sudah terlebih dahulu ada seperti Taman Wisata Alam Mangrove Muara Angke, Waterboom Jakarta, Pantjoran PIK, Mangrove Ecotourism Center PIK, Jalasena Bearch Park, San Antonio Beach, dan Cove At Batavia.

Wah...banyak banget ya fasilitasnya.

AKSES TOL

Oh sampai lupa menuju PIK 1, PIK 2 dan Rencana PIK 3 dapat melalui Tol Prof. Dr. Sedyatmo keluar Pintu Simpang Susun Kamal, Tol Pelabuhan keluar pintu Pantai Indah Selatan, Tol Lingkar Luar Jakarta keluar pintu Simpang Susun Kamal.

Sedang dibangun juga Jalan Tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg nantinya dipersiapkan keluar pintu Tol Kosambi.

Bisa juga naik Bus Trans Jakarta dari IRT Balaikota, Kota Tua, menuju Pantai Maju.

#BangImamBerbagi #BilqisHauraConsultant #PantaiMaju #PIK1 #PIK2 #PIK3 #2023 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi