Jumat, 20 Juni 2014

Simulasi Soal Tes CPNS 2014 Menggunakan CAT

Tes CPNS 2013 lalu
Bekasi (BIB) - Pada tahun 2014 ini, Pemerintah kembali menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dalam pelaksanaan seleksi CPNS.

Ada 13 rencana kebijakan Pemerintah dalam pengadaan CPNS 2014, diantaranya :

1. Akan dibuka 100 ribu formasi pegawai ASN, yang terdiri dari 65 ribu PNS dan 35 ribu PPPK;
2. Untuk instansi pusat yang akan memperoleh formasi ASN adalah 31 kementerian dan 40 lembaga;
3. Untuk pemerintah daerah yang akan memperoleh formasi ASN diantaranya 28 provinsi dan 383 kabupaten/kota;
4. Dialokasikan 5% formasi untuk lintas disiplin ilmu;
5. Pelaksanaan seleksi nasional CPNS 2014 seluruhnya menggunakan CAT;
6. Pendaftaran dan registrasi dilakukan secara online dan terintegrasi dengan sistem single entry;
7. Satu pelamar dapat memilih 3 jabatan dalam 1 instansi;
8. Pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dilaksanakan pada bulan Juli 2014;
9. Pelaksanaan seleksi CPNS 2014 akan dilaksanakan mulai Agustus 2014;
10. Persyaratan administrasi SKCK, Kartu Kuning, Surat Keterangan Sehat tidak diperlukan saat registrasi awal;
11. Saat registrasi awal yang diperlukan hanya Nama Lengkap, NIK, dan alamat Email;
12. Tes CPNS 2014 terdiri dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB);
13. Materi TKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.

SIMULASI CPNS DENGAN CAT


Ada banyak materi dalam bentuk buku, CD dan di download di internet soal simulasi tes CPNS 2014 menggunakan CAT atau Computer Assisted Test. Salah satu yang saya download adalah contoh simulasi dengan CAT yang terdiri dari 100 soal, yaitu soal 1-35 merupakan materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), soal 36-70 soal tentang Tes Intelegensi Umum (TIU). Sementara soal 71-100 merupakan contoh soal tentang Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Metode penilaian dari contoh 100 soal pada simulasi ini adalah dengan penilaian, diantaranya :

a. 35 soal TKP nilainya antara 1 sampai dengan 5 dan tidak ada nilai 0;
b. 35 soal TIU nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar; dan
c. 30 soal TWK nilainya 0 jika salah dan 5 jika menjawab benar.

Berikut contoh soal :

A. SOAL TKP

1. Sekolah saya dulu mengundang para alumni untuk mengikuti acara lustrum, maka saya :
a. datang untuk menghilangkan kejenuhan
b. tidak akan datang
c. kalau ada waktu akan datang
d. antusias menghadirinya
e. kurang berminat datang
(pilih salah satunya, jika menjawab benar berarti nilainya antara 1-5, jika salah nilainya 0)

2. Menurut saya, bekerja merupakan upaya untuk meraih kesuksesan. Untuk itu upaya saya adalah...
d. bekerja dengan cermat dan berusaha menjadi terbaik dan diakui
b. berusaha menyingkirkan orang yang saya anggap menghalangi upaya saya
c. bekerja sepenuh hati
d. bekerja sampai larut malam
e. bekerja berdasarkan perintah atasan

3. Saya berhasil mengatasi tantangan terutama karena...
a. nasib baik ada di tangan saya
b. saya berani mencoba hal-hal yang tidak beresiko
c. saya berani mencoba dengan segala resikonya
d. saya mendapat bantuan dari lingkungan
e. saya tidak putus asa menghadapi kegagalan

4. Dalam satu pertemuan kelompok saya datang terlambat ketiga pembicaraan sedang berlangsung hangat. Padahal saya ingin menyumbang ide. Hal yang saya lakukan adalah...
a. duduk mendengarkan pembicaraan sedang berlangsung hangat, baru kemudian bicara
b. menanyakan apakah saya boleh segera bicara
c. segera bicara mengemukakan pendapat
d. menunggu kesempatan untuk bicara
e. meminta waktu untuk bicara

5. Ketika berada diantara teman-teman dekat, saya...
a. akan mengalihkan pembicaraan bila sudah menyinggung masalah pribadi
b. akan mengatakan tidak suka bila membicarakan tentang diri saya
c. suka menerima masukan demi pengembangan pribadi
d. akan gelisah bila mereka membicarakan tentang diri saya
e. membatasi pembicaraan masalah pribadi.

(Bang Imam)

BERITA TERKAIT :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi