Senin, 11 Februari 2013

Bekasi Bebas Banjir 2017 : Kapan Status Siaga I Kali Bekasi???

STATUS AIR : batas ukur ketinggian air yang datang dari Kali Cikeas dan Kali Cileungsi di pertemuan kedua kali menjadi Kali Bekasi di Pondok Gede Permai (PGP) Jatiasih, Kota Bekasi. Foto: Bang Imam
Jatiasih (BIB) - Jika ketinggian air diatas 300 cm atau diatas 3 meter sesuai pemantauan dari Posko P2C, maka kondisi air di Kali Bekasi dinyatakan Siaga I.

Dalam menentukannya, petugas posko P2C membuat dan mengukur air yang ditempelkan pada tanggul dipertemuan Kali Cileungsi, Kali Cikeas dan Kali Bekasi. 

Petugas kemudian memberikan informasi lewat Handy Talky (HT) lewat frekuensi RAPI di 138.870 Mhz. Kemudian diteruskan kepada masyarakat yang rawan banjir melalui SMS dan pengeras suara di musholla.

Berikut perhitungan status Kali Bekasi :

SIAGA 1 : air permukaan Kali Bekasi Diatas 300 cm

SIAGA 2 : air permukaan Kali Bekasi 300 cm 

SIAGA 3 : air permukaan Kali Bekasi Dibawah 200 cm 

Kegiatan pemantauan ini dilakukan di pertemuan Kali Cileungsi dan Kali Cikeas menjadi Kali Bekasi di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Jatiasih, Kota Bekasi. Pemantauan secara berkala dilakukan oleh petugas KOMPI 887 (Komunitas Peduli Informasi).

KOMPI 887 memiliki gelombang frekuensi di 138.870 Mhz yang dipancarkan melalui organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI). Ada juga yang disampaikan lewat pengeras suara di musholla dan masjid yang ada di 3 RW PGP, yaitu RW 08, RW 09, dan RW 010. 

Lainnya bagi perumahan dan permukiman di sepanjang bantaran Kali Bekasi diinformasikan melalui SMS berantai. 

Selayaknya agar informasi ini tidak simpang siur, Walikota Bekasi harus segera berkoordinasi terhadap KOMPI 887 dan RAPI Wilayah 11 Bekasi untuk memanfaatkan informasi dan frekuensi agar seluruh informasi dapat diserap oleh masyarakat, dan masyarakat agar selalu waspada menghadapi bencana banjir.

Hal ini dianggap penting mengingat persoalan naiknya debit Kali Bekasi bukan hanya ditentukan oleh musim hujan di Kota Bekasi, melainkan jika datang musim hujan dengan intensitas lebat dihulu Kali Cileungsi dan Kali Cikeas.  

Sekedar informasi banjir yang melanda Kota Bekasi tanggal 18 Januari dan 4 Pebruari, ketinggian air dipemantauan P2C PGP mencapai 600 cm atau jauh diatas status Siaga 1. Sehingga informasi ini perlu diserap oleh masyarakat yang rumahnya merupakan langganan banjir akibat kiriman dari Bogor (Kali Cileungsi dan Kali Cikeas). (Bang Imam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi