Jumat, 29 April 2016

Up Date NIP CPNS K2 Sumatera Utara

BKN Kantor Regional 6 Medan : Selesai NIP 9.440 Orang


Medan (BIB) - Progres per tanggal 29 April 2016 di Kantor Regional VI Medan untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara yang sudah peroleh NIP 9.440 orang. 


Sementara yang belum dibuatkan NIP CPNS K2 sebanyak 44 orang. 

Bila ada sisa formasi yang dikurangi antara formasi MenPANRB dengan yang diusulkan oleh daerah, itu artinya sudah tidak diusulkan oleh daerah yang bersangkutan karena telah melewati verifikasi dan validasi dari BKD daerah setempat.

Misalnya untuk tahun anggaran 2013-2014, K2 yang tidak diusulkan atau ada sisa formasi sebesar 140 formasi. Artinya ke-140 formasi tersebut tidak memenuhi syarat atau batal diusulkan menjadi CPNS, karena sudah ter-delete dari awal verval BKD.

Catatan untuk warna merah berarti proses NIP sudah selesai dan warna kuning proses NIP belum ada yang selesai.

Sementara itu ditemukan data K2 yang BTL sebanyak 30 orang yaitu di :
  1. Kabupaten Padang Lawas 27 orang
  2. Kota Medan 2 orang
  3. Kota Padang Sidimpuan 1 orang
Ada 14 orang yang TMS (tidak memenuhi syarat) yaitu :
  1. Kabupaten Nias 1 orang
  2. Kabupaten Toba Samosir 1 orang
  3. Kabupaten Nias Selatan 1 orang
  4. Kabupaten Nias Barat 10 orang
  5. Kota Sibolga 1 orang
Berikut ini progres NIP CPNS K2 Regional VI Medan per tanggal 29 April 2016 :

UP DATE NIP CPNS K2 REGIONAL VIMEDAN TAHUN ANGGARAN 2013
NO
INSTANSI
FORMASI MENPAN
DIUSUL
KAN
DITETAP KAN NIP
BELUM SELESAI
SISA FORMASI
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
JumlahKanreg 6 Medan
4.864
4.797
4.764
17
67
1
Provinsi Sumatera Utara
10
10
10
0
0
2
Kabupaten Deli Serdang
181
180
178
0
3
3
Kabupaten Karo
89
89
89
0
0
4
Kabupaten Langkat
272
271
271
0
1
5
Kabupaten Tapanuli Tengah
135
134
131
3
1
6
Kabupaten Simalungun
258
256
256
0
2
7
Kabupaten Labuhanbatu
188
180
179
1
8
8
Kabupaten Dairi
89
86
86
0
3
9
Kabupaten Tapanuli Utara
141
141
140
1
0
10
Kabupaten Tapanuli Selatan
98
98
98
0
0
11
Kabupaten Asahan
190
179
179
0
11
12
Kabupaten Nias
122
120
120
0
2
13
Kabupaten Toba Samosir
150
140
138
2
10
14
Kabupaten Mandailing Natal
120
120
120
0
0
15
Kabupaten Nias Selatan
420
418
416
1
2
16
Kabupaten Humbang Hasundutan
139
138
138
0
1
17
Kabupaten Pakpak Bharat
25
25
25
0
0
18
Kabupaten Samosir
101
101
100
1
0
19
Kabupaten Serdang Bedagai
200
198
198
0
2
20
Kabupaten Padang Lawas
133
131
125
0
2
21
Kabupaten Padang Lawas Utara
164
162
162
0
2
22
Kabupaten Batubara
171
169
169
0
2
23
Kabupaten Labuhanbatu Selatan
135
135
135
0
0
24
Kabupaten Labuhanbatu Utara
209
208
208
0
1
25
Kabupaten Nias Barat
156
154
147
0
2
26
Kabupaten Nias Utara
265
262
260
2
3
27
Kota Medan
243
243
238
5
0
28
Kota Tebingtinggi
57
56
56
0
1
29
Kota Binjai
64
64
64
0
0
30
Kota PematangSiantar
88
85
85
0
3
31
Kota Tanjungbalai
84
84
83
1
0
32
Kota Sibolga
26
26
25
1
0
33
Kota Padangsidimpuan
27
27
26
0
0
34
Kota GunungSitoli
114
109
109
0
5

UP DATE NIP CPNS K2 REGIONAL VIMEDAN TAHUN ANGGARAN 2014
NO
INSTANSI
FORMASI MENPAN
DIUSUL
KAN
DITETAP KAN NIP
BELUM SELESAI
SISA FORMASI
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
Jumlah Kanreg 6 Medan
4.803
4.730
4.676
26
73
1
Provinsi Sumatera Utara
9
8
8
0
1
2
Kabupaten Deli Serdang
179
179
179
0
0
3
Kabupaten Karo
88
88
88
0
0
4
Kabupaten Langkat
272
268
268
0
4
5
Kabupaten Tapanuli Tengah
134
132
123
9
2
6
Kabupaten Simalungun
256
256
256
0
0
7
Kabupaten Labuhanbatu
177
177
177
0
0
8
Kabupaten Dairi
89
83
83
0
6
9
Kabupaten Tapanuli Utara
140
139
138
1
1
10
Kabupaten Tapanuli Selatan
96
96
96
0
0
11
Kabupaten Asahan
186
183
183
0
3
12
Kabupaten Nias
122
120
119
0
2
13
Kabupaten Toba Samosir
148
130
128
1
18
14
Kabupaten Mandailing Natal
119
113
113
0
6
15
Kabupaten Nias Selatan
419
419
415
4
0
16
Kabupaten Humbang Hasundutan
137
137
136
1
0
17
Kabupaten Pakpak Bharat
22
20
20
0
2
18
Kabupaten Samosir
100
100
100
0
0
19
Kabupaten Serdang Bedagai
199
199
199
0
0
20
Kabupaten Padang Lawas
130
129
109
0
1
21
Kabupaten Padang Lawas Utara
161
157
157
0
4
22
Kabupaten Batubara
168
168
168
0
0
23
Kabupaten Labuhanbatu Selatan
134
132
132
0
2
24
Kabupaten Labuhanbatu Utara
207
205
204
1
2
25
Kabupaten Nias Barat
155
155
151
1
0
26
Kabupaten Nias Utara
264
257
256
1
7
27
Kota Medan
241
236
230
4
5
28
Kota Tebingtinggi
54
53
53
0
1
29
Kota Binjai
63
62
62
0
1
30
Kota Pematang Siantar
88
88
86
2
0
31
Kota Tanjungbalai
83
81
80
1
2
32
Kota Sibolga
26
26
25
0
0
33
Kota Padangsidimpuan
26
26
26
0
0
34
Kota GunungSitoli
111
108
108
0
3
SUMBER : SAPK BKN, diolah kembali oleh Sapulidi Riset Center (SRC), 29 April 2016

Catatan :
warna kuning belum ada proses NIP
warna merah sudah selesai proses NIP

(bang imam)

93 komentar:

  1. bang, untuk kota bekasi sudah ada kabar/progress??? trims..

    BalasHapus
  2. Gimana cara melihat nama-nama yang sudah siap NIP nya di buat dari Kab. Asahan Bg. Imam?....

    BalasHapus
  3. Ass bg imam!sampai tgl 7 September udah berapa nip yg udah ditetepkan bkn Tuk kabupaten asahan?terimakasih

    BalasHapus
  4. Ass bg imam!!sampai tgl 7 usah berarapa nip yg ditetepkan bkn Tuk kabupaten asahan??trims

    BalasHapus
  5. bg untuk mengetahui nama-nama yang sudah ada nipnya gimana yah...

    BalasHapus
  6. Bang Iman, kok dari semua Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Sumatera Utara, data Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan hilang (tidak ada)? Apa emang tidak ada diusulkan pemkab setempat penerbitan NIPnya atau bagaimana? Sungguh Aneh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin belum diusulkan cek di daerah deh

      Hapus
  7. Bg, mau nanya...
    Warna kuning blom ada proses nip.
    Warna merah proses nip selesai.
    Trus yang polos atw tidak berwarna itu apa keterangannya bg...?

    BalasHapus
  8. bang imam bagaimana proses nip untuk aceh jaya kenapa warna kuning

    BalasHapus
  9. Bang iman kota tanjungbalai kok gk ada perubahan padahal pemberkasan nya bulan maret tu... Bagaimana tu bang..? Trims

    BalasHapus
  10. Assalam...
    bg, untuk Kabupaten Gayo Lues knp blm ditetakan NIPnya, kira-kira apa udah ada kabar/progress??? trims..

    BalasHapus
  11. mengapa tidak ada update nip thk2 untuk kab. nias selatan prop. sumatera utara, min?

    BalasHapus
  12. Assalam...
    bg, untuk kabupaten Labuhanbatu Utara, gak ada data nip k2. gmn tu ya bang?

    BalasHapus
  13. Salam kenal bang imam, kenapa kab. Dairi dr Sumatera utara tidak terdaftar untuk progres penetapan np k2 ya bang.?? abang tau kenapa?? atau data yg abg buat kurang lengkap.. karna mengingat waktu utk thn anggaran 2014 sdh tinggal 2 bln lagi...

    BalasHapus
  14. saya mau tanya bang.. apabila pengusulan nip k2 tidak diusulkan sampai bln desember, apakah menurut pemerintah dianggap gagal utk menjadi pns ?? tolong berikan jawabn menurut pemerintah ya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca ini http://bangimam-berbagi.blogspot.com/2014/02/syarat-penetapan-nip-cpns-k2.html

      hingga hari ini BKN sebagai otoritas pembuat NIP baru menerbitkan 2 surat ini, coba baca dengan baik

      Hapus
  15. klw mw melihat nama2 yg sudah ditetapkn NIP ny bgmana bang? dan klw yg tdk berwarna arti ny apa bang?trims

    BalasHapus
  16. Bang... Aceh Tamiang apa tidak ada?? sekarang malah sudah dimanfaatkan oknum untuk mendapatkan uang pelicin, uang minum, bla2... gawat.. tolong bang dibantu,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya tidak ada yang memberikan uang kepada siapapun, haram hukumnya

      Hapus
    2. Bang Imam, untuk merah dan kuning sudah ada keterangan, terus yang wrna polos aja itu apa keterangannya ? Mohon penjelasan bang

      Hapus
  17. Bang...kab.simalungun sudah proses nip apa belum,karna di tabel, simalungun berwarna putih...mohon info nya Bang...

    BalasHapus
  18. Bang Imam, untuk NIP yang sudah di usul gmn cara cek ya. mohon infonya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  19. Bang Imam,,,,,,,,, aceh selatan apa sudah diajukan pemberkasan atau belum, tolong bang bangunin bupati aceh selatan agar segera mengajukan poemberkasan NIP honore k2, jika dapat gagal kacaulah kab. kami dan bupati sempat hujan telur busuk entar jika blusukan.

    BalasHapus
  20. bang Iman ...................... knp Kota Medan tdk ada pada progres wilayah VI Medan bang?

    BalasHapus
  21. bang, mau tanya,,, kalau misalkan BKD daerah yg bersangkutan trlamat mengusulkan penetpan nip honorer k-2 nya ke kanreg BKN VI...gmana tuh bang...apakah msh akan diproses nip nya, meskipun T.A 2014 tinggal 2 bln? tlg infonya ya bang.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. di proses yang terlambat kan harus ada perjanjian dan surat pernyataan dari daerah soal keterlambatan dan alasannya serta kapan kesiapan dikirimkan ke bkn

      Hapus
  22. bang Iman, brdasarkan info di blog ini, Kab. Karo trmsk salah satu kabupaten yang blm msk daftar proses NIP CPNS K-2 pada SAPK BKN...apakah Kab. Karo msh akan diproses NIP K-2 nya bang......mengingat T.A 2014 tinggal 2 bln lg?? Tlg infonya y bang.....trima kasih......

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap di proses, semua kan saat ini serba hati-hati agar proses tetap sesuai aturan dan dikemudian hari tidak lagi terjadi masalah, karena k2 memang krodit

      Hapus
    2. Terima kasih ya bang iman buat pencerahannya..Sukses trus bang iman...dan tetaplah berbagi..karna apa yang abang bagikan sangat membantu kita semu..Tuhan memberekati...

      Hapus
  23. ya ALLAH,jangan persulit proses penetapan NIP kami dari k2.dan mudahkan pengangkatan kepada teman kami yang belum lulus seleksi.padahal mereka benar-benar masa baktinya januari 2005.dan memenuhi peraturan yang ditetapkan pemerintah.ya ALLAH.....

    BalasHapus
  24. Ass.. bang imam saya mau tanya apa bedanya formasi tahun anggaran 2013 dan tahun 2014, setahu saya saat tes dan pengumuman hasil tes sebelumnya tidak ada pemisahan formasi tahun anggaran

    BalasHapus
  25. Ass.. bang imam saya mau tanya apa perbedaan formasi tahun anggaran 2013 dan tahun 2014, setahu saya sebelumnya baik waktu tes dan pengumuman hasil tes tidak ada dipemisahan formasi tahun anggaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada perbedaan hanya target penyelesaian k2 untuk 2 anggaran yakni 2013 dan 2014

      Hapus
    2. Bang Imam, Dari mana saya bisa lihat nama nama yang telah selesai proses nip K2 bg,, mohon bantuan untuk web sitenya y bng

      Hapus
  26. Bang,, dari situs mana saya bisa lihat nama2 k2 yang telah proses NIP nya bng? mohon bantuannya y bng,,

    BalasHapus
  27. Bang....Kab. Aceh selatan jgnkan merah atau kuning Diwarna putih pun gk ada, apa blm di usul...? hohon Info ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek disini http://bangimam-berbagi.blogspot.com/2014/11/43-daerah-ini-yang-belum-proses-nip-k2.html

      Hapus
    2. Trimakasih bang atas infonya, Semoga Aceh Selatan Dan Aceh - Aceh Lainnya Cepat Selesai dan Mulus Semuanya, amin....

      Hapus
  28. Bang,berdasarkan apa yang membedakan makanya ada tahun anggaran 2013 dan 2014....

    BalasHapus
  29. bang berdasarkan apa pembagian tahun anggaran 2013 dan2014

    BalasHapus
  30. Untuk aceh singkil tahun 2013 sisa 8 dan tahun 2014 sisa 4 apa maksud nya bang apa masih di proses bang terima kasih atas inpormasinya

    BalasHapus
  31. Bg. Gayo Lues sampai tanggal 06 Januari 2015 belum masuk ketahapan proses nip sedangkan batas akhir pemberkasan nip sampai dengan desember 2014. apakah masih akan tetap diperoses pada tahun 2015 ini

    BalasHapus
  32. Untuk aceh singkil udah sampai mana proses nya bang makasih atas inpormasinya

    BalasHapus
  33. Cara cek nip yg sdh ditetapkan gmna bang

    BalasHapus
  34. Cara cek nip yg sudah ditetapkan..gmna bg imam

    BalasHapus
  35. Cara cek nip yg sudah ditetapkan...gmna bg imam

    BalasHapus
  36. tolong bang aceh baRAT DAYA DIPERCEPAT DONG NIPNYA,,KARNA KAMI SUDAH LAMA NUNGGUNYA

    BalasHapus
  37. TOLONG DONG BANG NAMA YANG BTL ACEH BARAT DAYA DI BERITAHU PADA KAMI AGAR KAMI TAHU INFONYA,,

    BalasHapus
  38. bang..gmana cara ngecek nama2 yg telah diterbitkan NIP nya untuk kab. karo, bang? mohon bantuannya y bang...trima kasih.....

    BalasHapus
  39. Bg imam,untuk aceh timur saya lihat tidak ada perubahan data nya dari update 10 januari...apa aceh timur lagi proses,atau malahan tidak di usulkan lagi..terimakasih

    BalasHapus
  40. Tgl 20 Jan 2015 Kantor Regional XIII Aceh Di Resmikan, apakah Pengurusan NIP Untuk Aceh Terhitung Tanggal itu trus ke Regional XIII aceh? sedikit Penjelasan Bang Imam...

    BalasHapus
  41. Bang Imam, mau nanya berkas k2 nagan raya sudah dikirim dari bkpp nagan raye ke bkn medan ? proses nipnya sudah ada atau belum ? kalau belum kendalanya di mana ? Mohon Infonya ? Terima Kasih

    BalasHapus
  42. ass bang imam. Khusus K2 kab. NIas selatan berapa yang sudah Ditetapkan NIP-nya, mohon kecerahan ea bang.

    BalasHapus
  43. untuk k2 pemkab simalungun kok belum terimna sk ya bang,mohon infonya bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. SK kan dari bupati, tanya dong bupati simalungun

      Hapus
  44. Bg, kab.Gayo lues ada kbr terbaru tentang pemberkasan nip nya gak? Dimana nya yg slh! Knp blm jg di proses....

    BalasHapus
  45. Honorer SDN 8 NIsam Antara Aceh Utara9 Februari 2015 12.27

    Untuk Aceh Utara kapan SK K2 dikeluarkan,para pengambil kebijakan jangan bermain diatas penderitaan tenaga honorer yang masa kerjanya memenuhi 1 Januari 2005.kalau tidak transparan kami berdoa supaya kita mati saja bersama ketika Asteroid pas menabrak kabupaten Aceh Utara.AAAAAmiiiin....

    BalasHapus
  46. bg,,apa kendala kok aceh selatan sampai sekarang belum masuk ke tabel proses nip

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar saja, up date berikutnya insya allah masuk

      Hapus
    2. oke,,,,semoga secepatnya ya bg

      Hapus
  47. Bang, saya guru swasta di Kabupaten Aceh Tamiang apakah guru swasta dapat menjadi CPNS dan akan keluar Nip nya? Karena di tempat kami Kepala BKD Kab. Aceh Tamiang selalu mengatakan bahwa guru swasta akan keluar Nip nya. Mohon bantuannya agar kami tidak dibodohin.

    BalasHapus
  48. pengumuman proses nip taggal 20 februari kok belum tampil bg

    BalasHapus
  49. update tolong dipercepat bang imam

    BalasHapus
  50. bg mu tanya ni,
    untuk mengetahui nama-nama yang sudah peroleh nip gimana caranya ya bg...
    mohon info bg....

    BalasHapus
  51. Bg, Kira-kira target penyelesaian untuk daerah sy Kabupaten Gayo Lues Khususnya dan keseluruh daerah pada umumnya pada bulan berapa ya..?

    BalasHapus
  52. Mana yang benar Jumlah K2 yang tidak bisa diproses nipnya di Kab. Nias Seltan sebanyak 43 yg disampaikan BKD atau 41 atau yg bang imam sampaikan? karena di kabupaten Nis Selatan ada 192 orang lagi yang di katakan NIPnya belum ada karena alasan BKD dalam proses

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin dua2nya benar, up yang ini per tanggal 10 Maret, kalau data di BKD Nias Selatan sebelum tanggal 10 atau sesudah tanggal 10, maka data pastilah berbeda

      Hapus
    2. Cara membaca tabel diatas adalah :

      Tahun 2013 = formasi 420 - 414 (diusulkan) = 6 (sisa formasi), sedangkan yang sudah selesai NIP = 414 (diusulkan) - 317 (selesai NIP) = 74 (sisa belum selesai) + 23 (TMS)

      Tahun 2014 = formasi 419 - 414 (diusulkan) = 5 (sisa formasi), sedangkan yang sudah selesai NIP = 414 (diusulkan) - 334 (selesai NIP) = 62 (sisa belum selesai) + 18 (TMS)

      Jadi yang TMS adalah = 23 + 18 = 41 orang yang TMS per tanggal 10 Maret 2015

      Hapus
    3. Bang, knapa kab. Gayo lues msh jln di tmpt aja bang imam....., dimana kendalanya tu bang ???

      Hapus
  53. kenapa penerbitan nip cpns k2 kab.tapanulitengah dari pebruari mentok disitu saja...mau sampai kapan ini ini bang siap?sementara aturan pengangkatannya 2013-2014...kok lelet seperti ini,sementara daerah sudah mengurus penerimaan formasi umum lagi...dak fokus cara kerjanya..

    BalasHapus
  54. Salam...
    Bang imam kira2 SK K2 y di Aceh Besar kapan ya keluarnya bang...?

    BalasHapus
  55. Salam..
    Bg imam kira2 kapan ya SK K2 y di Aceh Besar keluarnya?
    Trmks

    BalasHapus
  56. Bang imam kalau kira2 abg entar tau kpn kluarnya SK K2 y di aceh besar abg hub sy bntr ya
    Lwat no hp ni 085260202827..
    Tmksh bg

    BalasHapus
  57. Bg pa beda TMS dan BTL

    BalasHapus
  58. Bang Imam bagai mana cara melihat daftar nama2 Honorer K2 yg sudah di tetapkan NIP nya oleh BKN Kab/Kota tertentu? terimakasih

    BalasHapus
  59. Kabupaten Gayo Lues koq lama x bang nipnya diproses bang imam, sudah setahun lebih kami menunggu belum ada perkembangannya. Kami sudah jenuh dan sudah tua menunggunya.....

    BalasHapus
  60. kenapa kab.tapanuli tengah dari bulan februari tak ada perubahan

    BalasHapus
  61. Bang, bagaimana melihat nama K2 yang sudah ditetapkan NIPnya untuk kota pematangsiantar? Terimakasih

    BalasHapus
  62. Bang imam,, penetapan nip honorer k2 kabupaten simeulue apa sudah diproses atau belum?kalau belum kapan proses dan penetapan nip nya?mohon informasinya
    balas!

    BalasHapus
  63. nip sudah ada.sknya belum dikasih,prosesnya sudah sampai dimana.kami para honorer didaerah kabupaten Aceh utara bertanya-tanya.karena ada kabar tanggal 20 kemaren semua sk cpns k2 diserahkan kepada yang berhak.ketiaka kami tanya,pihak bkd menjawab,sabar,pasti dikasih.apa benar demikian.

    BalasHapus
  64. Antara daerah Medan ama Aceh, paling banyak yg sudah selesai daerah Medan ditimbang dgn daerah Aceh. Koq githu ya pak...???. Knapa daerah Aceh prosesnya lambat

    BalasHapus
  65. As wt wb. Sabelumnya minta maaf bg imam saya mau nanyak sedikit tentang k2 khususnya intansi perikanan kabupaten lombok timur masih ada enggak peluang utk menjadi CPNS soalnya udah lama endak ada imfo tentang ini bg,soalnya kita masih disuruh nunggu mohon balesan bg.

    BalasHapus
  66. Assalam wr wb. saya mau nanyak k2, saya honor di kementerian agama ( madrasah) saya lulus Ujian K2 di Pemda Kabupaten Humbang Hasundutan, saya sudah memberkasi semua tuk hal Kelengkapan K2 diamkasud, tp di BKD saya tidak diajukan, Apakah saya tidak boleh diangkat dipemda meskipun saya kerja di Kementerian agama??? mohon bantuanya bang, terimakasih Wasssalam.

    BalasHapus
  67. assalam
    saya mau nanyak k2 , saya lulus K2 di Pemkab Humbang Hasundutan sumatera Utara,saya sudah melengkapi smua pemberkasannya, akan tetapi SK saya tidak kluar. BKD berdalih saya tidak bisa masuk dari Pemda sebab saya bekerja di Kementerian Agama (guru madrasah). jadi yg saya tanya" apakah saya tidak bisa menerima SK dari Pemda walaupun saya berkerja di Kementerian Agama? padahal saya tidak ikut K2 dikementerian Agama???

    terima kasih..
    wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. informasinya kurang lengkap, guru madrasah kalau SK awalnya di sekolah negeri (umum) masih bisa diajukan) tetapi kalau SK dan mengabdi di madrasah ya harus ikut kuota Kementerian Agama

      Hapus
  68. Bg gimana kita mw ngurus nip. Sementara nama kita aja gk ada tertera dstu.maunya dibuat dulu daftar nama2 yg lulus bg, biar kita tw ambil sikap
    Mksih bg. Tlg di bls bg

    BalasHapus
  69. Bg gimana kita mw ngurus nip. Sementara nama kita aja gk ada tertera dstu.maunya dibuat dulu daftar nama2 yg lulus bg, biar kita tw ambil sikap
    Mksih bg. Tlg di bls bg

    BalasHapus

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 085739986767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi