SDLB, SMPLB, SMALB, SLB
Untuk peserta didik yang tidak mengalami hambatan intelektual dapat menggunakan kurikulum reguler yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik.
Penyesuaian struktur kurikulum dimaksud dilakukan terhadap keterampilan fungsional dan mata pelajaran yang menunjang kebutuhan tersebut.
Berikut ini contoh Struktur Kurikulum Merdeka SLB Tahun 2022;
1. SDLB KELAS I
Tabel 1.1. Struktur Kurikulum SDLB Kelas I
(Asumsi 1 Tahun =
36 Minggu dan 1 JP = 30 Menit)
No. |
Mata Pelajaran |
Alokasi
Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasilan Per Tahun |
Total JP Per
Tahun |
1.1 |
Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti* |
108 (3) |
36 |
144 |
1.2 |
Pendidikan
Agama Kristen dan Budi Pekerti* |
108 (3) |
36 |
144 |
1.3 |
Pendidikan
Agama Katolik dan Budi Pekerti* |
108 (3) |
36 |
144 |
1.4 |
Pendidikan
Agama Buddha dan Budi Pekerti* |
108 (3) |
36 |
144 |
1.5 |
Pendidikan
Agama Hindu dan Budi Pekerti* |
108 (3) |
36 |
144 |
1.6 |
Pendidikan
Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* |
108 (3) |
36 |
144 |
2 |
Pendidikan
Pancasila |
54 (2)** |
18 |
72 |
3 |
Bahasa
Indonesia |
108 (3) |
36 |
144 |
4 |
Matematika |
54 (2)** |
18 |
72 |
5 |
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
54 (2)** |
18 |
72 |
6 |
Seni
Budaya*** Seni
Musik Seni
Rupa Seni
Teater Seni
Tari |
252 (7) |
108 |
360 |
7 |
Program
Kebutuhan Khusus |
216 (6) |
- |
216 (6) |
8 |
Bahasa
Inggris |
72 (2)**** |
- |
72**** |
9 |
Muatan
Lokal |
72 (2)**** |
- |
72 |
|
Total
***** |
846 (25) |
234 |
1.080 |
Sumber : Kurikulum
Merdeka, diolah Bang Imam Berbagi, 2022
Keterangan :
- * diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
- ** pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 minggu untuk Pendidikan Pancasila, Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK).
- *** satuan pendidikan menyediakan minimal 1 jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari).
- **** maksimal 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
- ***** total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
2. SMPLB KELAS VII
Tabel 1.2. Struktur Kurikulum SMPLB Kelas VII
(Asumsi 1 Tahun =
36 Minggu dan 1 JP = 35 Menit)
No. |
Mata Pelajaran |
Alokasi
Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasilan Per Tahun |
Total JP Per
Tahun |
1.1 |
Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
1.2 |
Pendidikan
Agama Kristen dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
1.3 |
Pendidikan
Agama Katolik dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
1.4 |
Pendidikan
Agama Buddha dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
1.5 |
Pendidikan
Agama Hindu dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
1.6 |
Pendidikan
Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
2 |
Pendidikan
Pancasila |
54 (2)** |
18 |
72 |
3 |
Bahasa
Indonesia |
54 (2)** |
18 |
72 |
4 |
Matematika |
54 (2)** |
18 |
72 |
5 |
IPA |
54 (2)** |
18 |
72 |
6 |
IPS |
54 (2)** |
18 |
72 |
7 |
Bahasa
Inggris*** |
54 (2)** |
18 |
72 |
8 |
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
54 (2)** |
18 |
72 |
9 |
Seni
Budaya**** Seni
Musik Seni
Rupa Seni
Teater Seni
Tari |
54 (2)** |
18 |
72 |
10 |
Kelompok
Keterampilan dapat memilih 2 atau lebih: 10.1. Tata
Busana 10.2. Tata
Boga 10.3. Tata
Kecantikan 10.4. Tata
Graha 10.5. Teknologi
Informasi Komunikasi 10.6. Perbengkelan
Sepeda Motor 10.7. Cetak
Saring/Sablon 10.8. Seni
Membatik 10.9. Suvenir 10.10. Budidaya
Tanaman Holtikultura 10.11. Pijat/Akupresur 10.12. Teknik
Penyiaran Radio 10.13. Seni
Musik 10.14. Fotografi 10.15. Desain
Grafis 10.16. Seni
Tari 10.17. Seni
Lukis 10.18. Elektronika
Alat Rumahtangga 10.19. Budidaya
Perikanan 10.20. Budidaya
Peternakan |
468 (13) |
144 |
612 |
11 |
Program
Kebutuhan Khusus |
108 (3) |
- |
108 |
12 |
Muatan
Lokal |
72 (2)***** |
- |
72***** |
|
Total
****** |
1.062 (34) |
306 |
1.386 |
Sumber : Kurikulum
Merdeka, diolah Bang Imam Berbagi, 2022
Keterangan :
- * diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
- ** pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 minggu tiap mata pelajaran kecuali Kelompok Keterampilan, Program Kebutuhan Khusus, dan Muatan Lokal.
- *** Bahasa Inggris bersifat pilihan.
- **** satuan pendidikan menyediakan minimal 1 jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari).
- ***** maksimal 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
- ****** total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
3. SMALB KELAS X
Tabel 1.3. Strukur Kurikulum SMALB Kelas X
(Asumsi 1 Tahun =
36 Minggu dan 1 JP = 40 Menit)
No. |
Mata Pelajaran |
Alokasi
Intrakurikuler Per Tahun (Minggu) |
Alokasi Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasilan Per Tahun |
Total JP Per
Tahun |
1.1 |
Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
1.2 |
Pendidikan
Agama Kristen dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
1.3 |
Pendidikan
Agama Katolik dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
1.4 |
Pendidikan
Agama Buddha dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
1.5 |
Pendidikan
Agama Hindu dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
1.6 |
Pendidikan
Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* |
54 (2)** |
18 |
72 |
2 |
Pendidikan
Pancasila |
54 (2)** |
18 |
72 |
3 |
Bahasa
Indonesia |
54 (2)** |
18 |
72 |
4 |
Matematika |
54 (2)** |
18 |
72 |
5 |
IPA |
54 (2)** |
18 |
72 |
6 |
IPS |
54 (2)** |
18 |
72 |
7 |
Bahasa
Inggris*** |
54 (2)** |
18 |
72 |
8 |
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
54 (2)** |
18 |
72 |
9 |
Seni
Budaya**** 9.1. Seni
Musik 9.2. Seni
Rupa 9.3. Seni
Teater 9.4. Seni
Tari |
54 (2)** |
18 |
72 |
10 |
Kelompok
Keterampilan dapat memilih 2 atau lebih: 10.1. Tata
Busana 10.2. Tata
Boga 10.3. Tata
Kecantikan 10.4. Tata
Graha 10.5. Teknologi
Informasi Komunikasi 10.6. Perbengkelan
Sepeda Motor 10.7. Cetak
Saring/Sablon 10.8. Seni
Membatik 10.9. Suvenir 10.10. Budidaya
Tanaman Holtikultura 10.11. Pijat/Akupresur 10.12. Teknik
Penyiaran Radio 10.13. Seni
Musik 10.14. Fotografi 10.15. Desain
Grafis 10.16. Seni
Tari 10.17. Seni
Lukis 10.18. Elektronika
Alat Rumahtangga 10.19. Budidaya
Perikanan 10.20. Budidaya
Peternakan |
648 (18) |
216 |
864 |
11 |
Program
Kebutuhan Khusus |
72 (2) |
- |
72 |
12 |
Muatan
Lokal |
72 (2)***** |
- |
72***** |
|
Total
****** |
1.206 (38) |
378 |
1.584 |
Sumber : Kurikulum
Merdeka, diolah Bang Imam Berbagi, 2022
Keterangan :
- * diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
- ** pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 minggu tiap mata pelajaran kecuali Kelompok Keterampilan, Program Kebutuhan Khusus, dan Muatan Lokal.
- *** Bahasa Inggris bersifat pilihan.
- **** satuan pendidikan menyediakan minimal 1 jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta didik memilih 1 jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari).
- ***** maksimal 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
- ****** total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.
PENJELASAN KURIKULUM MERDEKA SLB
a. JP paling besar yaitu kelompok keterampilan (untuk SMPLB dan SMALB) dan mata pelajaran Seni dan Budaya untuk SDLB. Hal ini didasarkan pada penekanan kemandirian dan pengembangan keterampilan adaftif anak;
b. Peserta didik SMPLB dan SMALB memilih 1 jenis keterampilan sesuai dengan bakat dan minat di Kelas VIII. Pada Kelas VII peserta didik dapat memilih 2 jenis atau lebih keterampilan yang tersedia di satuan pendidikan masing-masing.
c. satuan pendidikan dapat mengembangkan jenis keterampilan secara mandiri sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik daerah dan ketersediaan SDM.
d. mata pelajaran Seni Budaya di SMPLB dan SMALB pada kelompok mata pelajaran umum berfungsi sebagai sarana apresiasi dan terapi, sedangkan mata pelajaran seni pada kelompok keterampilan berfungsi sebagai pembekalan untuk profesi.
e. program kebutuhan khusus bertujuan untuk membantu anak memaksimalkan indera yang dimilikinya dan mengatasi keterbatasannya dengan ketentuan sebagai berikut;
- bagi tunanetra merupakan pengembangan orientasi, mobilitas, sosial, dan komunikasi;
- bagi tunarungu merupakan pengembangan komunikasi, persepsi, bunyi, dan irama;
- bagi tunagrahita merupakan pengembangan diri;
- bagi tunadaksa merupakan pengembangan diri dan gerak; dan
- bagi autis merupakan pengembangan komunikasi, interaksi, sosial, dan perilaku.
f. Program Kebutuhan Khusus di SMALB menjadi mata pelajaran wajib seperti di SDLB dan SMPLB dengan pertimbangan mempersiapkan peserta didik agar mampu hidup mandiri di lingkungan masyarakat.
g. pengampu mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus adalah guru pendidikan khusus, guru mata pelajaran lain atau guru kelas yang telah dinilai layak oleh kepala satuan pendidikan.
h. selanjutnya guru mata pelajaran lain atau guru kelas yang dimaksud wajib mendapatkan pelatihan kompetensi program kebutuhan khusus (terstandar).
i. penentuan fase pada peserta didik didasarkan pada hasil asesmen diagnostik, sehingga pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, misalnya; salah satu peserta didik Kelas X SMALB (Fase E) berdasarkan hasil asesmen diagnostik berada pada Fase C sehingga pembelajaran peserta didik tersebut tetap mengikuti hasil asesmen diagnostik yaitu Fase C.
j. peserta didik berkebutuhan khusus yang tidak memiliki hambatan intelektual di SLB atau Satuan Pendidikan Penyelenggara Pendidikan Inklusif dapat menggunakan Struktur Kurikulum dan capaian pembelajaran pendidikan reguler sesuai jenjangnya dengan menerapkan prinsip-prinsip modifikasi kurikulum.
k. peserta didik berkebutuhan khusus dari SDLB dapat melanjutkan pendidikannya ke satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif dengan mengikuti kelas transisi;
l. alokasi waktu JP bersifat fleksibel sehingga satuan pendidikan dapat menyesuaikan beban belajar dengan karakteristik, kebutuhan belajar dan/atau kebituhan akademik, sosial, budaya, dan faktor lain.
m. satuan pendidikan melaksanakan program magang pada Kelas XI paling sedikit 1 bulan.
n. muatan pelajaran kepercayaan untuk penganut Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai layanan pendidikan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
#BangImamBerbagi #KurikulumMerdeka #SLB #SDLB #SMPLB #SMALB #2022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi