Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD
Kota Bekasi (BIB) - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dimaksud adalah; Taman Kanak-Kanak/ Raudlatul Athfal/Bustanul Athfal (TK/RA/BA), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), dan Taman Penitipan Anak (TPA).
Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di PAUD dilaksanakan secara bertahap.
- Tahun I : dilaksanakan bagi peserta didik dengan usia 5-6 tahun;
- Tahun II : dilaksanakan bagi peserta didik dengan usia 4-6 tahun;
- Tahun III : dilaksanakan bagi peserta didik dengan usia 3-6 tahun.
Berikut ini Struktur Kurikulum Merdeka pada PAUD Tahun 2022 :
1. Kegiatan Pembelajaran Intrakurikuler
- Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam capaian pembelajaran.
- intisari kegiatan pembelajaran intrakurikuler adalah bermain bermakna sebagai perwujudan "Merdeka Belajar, Merdeka Bermain".
- kegiatan yang dipilih harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi anak.
- kegiatan perlu didukung oleh penggunaan sumber-sumber belajar yang nyata dan ada dilingkungan sekitar anak.
- sumber belajar yang tidak tersedia secara nyata dapat dihadirkan dengan dukungan teknologi dan buku bacaan anak.
2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- projek penguatan profil pelajar pancasila bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk PAUD).
- penguatan profil pelajar pancasila di PAUD dilakukan dalam kontek perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional.
- pelaksanaan projek penguatan pelajar pancasila menggunakan alokasi waktu kegiatan di PAUD.
Alokasi Waktu Belajar
Alokasi waktu pembelajaran di PAUD;
- Usia 4-6 tahun paling sedikit 900 (sembilan ratus) menit per minggu;
- Usia 3-4 tahun paling sedikit 360 (tiga ratus enam puluh) menit per minggu.
Pelaporan Kemajuan Belajar
Pelaporan kemajuan belajar pada PAUD dilakukan dengan menyiapkan pelaporan hasil belajar (rapor) peserta didik.
Rapor peserta didik PAUD meliputi komponen:
- identitas peserta didik,
- nama satuan pendidikan,
- kelompok usia,
- semester,
- tinggi badan dan berat badan,
- deskripsi perkembangan capaian pembelajaran,
- refleksi orang tua.
PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI PAUD
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.
Pelaksanaan projek penguatan pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler.
Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.
Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Pada PAUD, projek penguatan prfil pelajar Pancasila bertujuan untuk pengayaan wawasan dan penanaman karakter sejak dini. Penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan dalam kontek perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menguatkan perwujudan 6 karakter profil pelajar Pancasila pada fase fondasi.
Untuk pelaksanaan kegiatan di PAUD, pemerintah menetapkan tema-tema utama yang dapat dikerucutkan menjadi topik oleh satuan pendidikan sesuai dengan konteks wilayah serta karakteristik peserta didik.
Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dipilih oleh satuan PAUD adalah:
1. Aku Sayang Bumi.
- Tema ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik pada isu lingkungan, eksplorasi dalam mencari solusi kreatif yang dapat dilakukan oleh peserta didik, serta memupuk kepedulian terhadap alam sebagai perwujudan rasa sayang terhadap ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
2. Aku Cinta Indonesia.
- Tema ini bertujuan agar peserta didik mengenal identitas dan karakteristik negara, keberagaman budaya dan ciri khas lainnya tentang Indonesia sehingga mereka memahami identitas dirinya sebagai anak Indonesia, serta bangga menjadi anak Indonesia.
3. Bermain dan Bekerja Sama/Kita Semua Bersaudara.
- Tema ini bertujuan untuk mengajak peserta didik untuk mampu berinteraksi dengan teman sebaya, menghargai perbedaan, mau berbagi dan mampu bekerja sama.
4. Imajinasiku/Imajinasi dan Kreativitasku.
- Tema ini bertujuan untuk mengajak peserta didik belajar mengenali dunianya melalui imajinasi, eksplorasi, dan eksprimen.
- Pada tema Imajinasiku ini peserta didik distimulasi dengan serangkaian kegiatan yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu, memperkaya pengalamannya dan menguatkan kreatifitasnya.
#BangImamBerbagi #KurikulumMerdeka #PAUD #ProfilPelajarPancasila #2022
terimakasih atas informasi dan ilmunya pak. Apakah tema ini untuk satu semester atau satu tahun ?
BalasHapusSatu Tahun
HapusAssalamu Alaikum,,, jdi pak bagaimana penyusunan prosem pada kurikulum merdeka yg mlibtkan capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran sebagaimana dalam prosem pembuatan prosem di K@3
HapusJD klo tuk usia 3 sampai4tahun...berapa hari dalam seminggu tuk pembelajaran disekolah...dan berapa menit perhari nya yang ideal
BalasHapus3-4 tahun itu ideal di sekolah 2 jam (4 kali tema, jika 1 tema 30 menit), diusahakan dalam bentuk bermain sambil belajar, kalau bisa lebih banyak eksplorasi
HapusPemaparan materi yg sangat jelas dan sangat membantu, terimakasih.
BalasHapusMengenai 4 tema baru ini, apakah dalam 1 tahun kita hanya mempelajari 4 tema ini saja? Apakah ada sub-sub temanya pak?
Lalu, bagaimana kalau sekolah masih menggunakan tema di kurikulum sebelumnya yg jumlahnya lebih banyak tersebut?
Mohon pencerahannya, terimakasih 🙏
sub tema bisa dipikirkan dan dibuat sendiri dengan karakter lokal, tokoh masyarakat, organisasi di sekitar biar lebih mudah siswa memahaminya, apalagi ada museum sejarah di daerah tersebut lebih baik
HapusSangat membantu Pak terima kasih, Silabusnya cari dimana ya Pak..??
BalasHapusUtk semester 1 apa aja temanya?
BalasHapusTerimakasih info dan pencegahannya. Sukseskan Merdeka Belajar, Indonesia maju
BalasHapusBisakah bapak menberikan contoh kegiatan satu hari se ca ra spesifik terimakasih
BalasHapusTerimakasih
BalasHapusSudah berbagi informasi
Trimakasih ilmux Pak,,tp trs terang saya masih bingung dlm penyusunan rppm- rpph x bgmn klo tema yg diangkat cm 4 sj dlm 1 THN,,mohon maaf
BalasHapuskurikulum merdeka tema nya hanya empat itu?
BalasHapusMohon infonya bapak, untuk buku literatur tentang tema paud kurikulum merdeka njih, terima kasih
BalasHapussilahkan diunduh lewat link ini https://buku.kemdikbud.go.id/katalog
Hapusmohon bertanya pak, apakah dapat jika 1 tema kokurikuler itu dimunculkan 2 kali,misalkan saja akus aynga bumi ada di sem 1 dan sem 2?
BalasHapusboleh ini diberikan kebebasan guru dan sekolah untuk berkreasi
Hapus