Kamis, 14 April 2022

Siapa Saja Yang Boleh Menjadi Guru SD?


Tambun (BIB) - Guru atau Pendidik dapat dikatakan profesional setelah memiliki sertifikat pendidik dan minimal memiliki pendidikan sarjana atau diploma empat (S1/D4).

Sekalipun sudah memiliki sertifkat pendidik, maka belum otomatis seorang guru bisa mengajar dimana saja, tergantung kompetensi yang dimiliki dan mata pelajaran yang diampu.

Berikut ini Tabel 1.1. Linearitas kualifikasi S1/D4 dengan Bidang Studi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022;

GURU MATA PELAJARAN UMUM SD/MI 

(UNTUK GURU YANG LINEAR DAN SERUMPUN)

 

No.

Bidang Studi PPG

Jenjang

Kode

Program Studi S1/D4

1

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

SD

SDLB

027

  • PGSD
  • PGMI
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah
  • Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Daerah
  • Pendidikan IPA
  • Pendidikan IPS
  • Tadris Bahasa Indonesia
  • Tadris IPA
  • Tadris IPS
  • Tadris Matematika
  • PSKGJ Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • PSKGJ Pendidikan Guru Sekolah Dasar

2

Pendidikan Luar Biasa

TKLB

SDLB

SMPLB

SMALB

800

  • Pendidikan Luar Biasa
  • Pendidikan Khusus
  • Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
  • PSKGJ Pendidikan Luar Biasa

3

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

SD

SMP

SMA

SMK

SDLB

SMPLB

SMALB

220

  • Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
  • Pendidikan Kepelatihan Olahraga
  • PGSD Pendidikan Jasmani
  • Pendidikan Olahraga
  • Ilmu Keolahragaan dan Kepelatihan
  • Keolahragaan
  • Ilmu Keolahragaan
  • Kepelatihan Olahraga
  • Kepelatihan Fisik Olahraga
  • Olahraga Rekreasi
  • PSKGJ Pend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi

 

#BangImamBerbagi #GuruKelas #SD #Sertifikasi #2022



174 komentar:

  1. Maaf, mau bertanya,sewktu sy kuliah di S1 piaud, sy dpt kesemptn mengajar di SD,krn blm ad panggilan di paud,skarang sdh lulus S1 , S.Pd, apakah blh ttp di SD

    BalasHapus
  2. Setahu sya ad nantinya penyetaraan, jadi sebaiknya kuliah pgsd supaya tidak dikasi pindah

    BalasHapus
  3. Ijazah saya S1 MATEMATIKA,tapi saya MENGAJAR SD dan sudah sertifikasi guru kelas SD.apakah sertifikasi saya nanti bermasalah ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum kak mau tanya nih. Kk s1 pendidikan matematika ya? Dan bisa mengajar di sd?

      Hapus
    2. bantu jawab, yang penting ijasah sama sertifikat nya linier ...tida masalah

      Hapus
    3. bantu jawab, tidak masalah kak, selagi sertifikat pendidiknya linier dengan ijasah .

      Hapus
    4. Saya S1 pend. Bhs dan sastra indo. Berati boleh jadi guru kelas (sd) ya ka?

      Hapus
  4. Sy ngajar d paud dan bersertifikasi kemudian sy ikut tes d sd dan d angkat pns ijasah sy s1 paud, sy mau nanya apakah sertifikat pendidik sy yg d paud ap bs d gunakan d sd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka saya juga s1 pgpaud . Apa boleh mengajar di sd / mi ? Dan bisa ikut sertifikasi atau cpns ?

      Hapus
    2. kk gimana cara ikut tes di SD?

      Hapus
    3. Saya PG paud, tapi mengajar di SD, apakah saya bisa mngikuti sertifikasi nantinya atau p3k, walaupun saya lulusan PG paud yg mengajar di sd...mohon jawabannya...saya sedang bingung....

      Hapus
  5. Saya kuliah pendidikan fisika apakah bisa saya mengajar SD?

    BalasHapus
  6. sastra indonesia apa bisa ngakar di sd/tk?

    BalasHapus
  7. Saya mengajar di SD sejak 2011. Mengajar Pelajaran Bahasa jawa. Ijazah saya S1 Bahasa Jawa. Apakah bisa sertifikasi di SD?
    Terima Kasih

    BalasHapus
  8. assalamu alaikum wr wb...maaf mau tanya saya lulusan s1 fkip matematika tetapi mengajar di mi ...apakah jurusan saya termasuk linier???

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum wr.wb. izin bertanya, apakah lulusan S1 Pend. Bahasa inggris bisa mengajar di SD?

    BalasHapus
  10. Apakah lulusan S1 pend. Bahasa inggris bisa ngajar di SD? Apakah itu linear?

    BalasHapus
  11. Ijasah saya pendidikan Bahasa Inggris apa bisa di SD ato mi bisa sertifikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak saya juga lulusan S1 b. Inggris dan skrng saya ngajar di SD dan jadi guru kelas
      Sepertinya kalo pengen linear harus kuliah lagi kak PGSD selama 3 semester..kakak lokasinya dimana??

      Hapus
    2. Kak, kalau boleh tau kuliah 3 semesternya apa ada istilahnya kuliah apa gitu? Saya kira harus kuliah lg 4th ambil pgsd, kebetulan sama s1 pendidikan bhs inggris tp mengajar di MI sringkat dg SD

      Hapus
    3. Kak, kalau boleh tau kuliah 3 semesternya apa ada istilahnya kuliah apa gitu? Saya kira harus kuliah lg 4th ambil pgsd, kebetulan sama s1 pendidikan bhs inggris tp mengajar di MI setingkat dg SD

      Hapus
    4. Saya juga Jurusan Bahasa Inggris kak sudah 4 tahun mengajar di SD, saya dengar2 ke sekarang sudah kurikulum merdeka..sdh ada mapel Bhsa inggris dri kls 1 -6

      Hapus
    5. Kuliah pgsd 3 semester istilahnya persamaan pgsd

      Hapus
  12. Bolehkah lulusan non FKIP boleh mengajar di SD? min tolong Jawab min ;) 🙏

    BalasHapus
  13. Bagaimana cara mendapatkan sertifikasi guru SD ya? Saya lulusan S1 Pendidikan Matematika

    BalasHapus
  14. Saya mengajar di SD tapi pendidikan Guru TK apakah linier?

    BalasHapus
  15. Saya sarjana Ekonomi tapi saya mengajar di RA/TK selama 11 tahun. Apakah saya bisa pindah ke tingkat SD? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  16. Apakah untuk ijazah S1 Pend. Bahasa Inggris tertutup samasekali untuk bisa mengajar di SD? Tidakkah ada solusi lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuliah lagi bu ngejar pgsd cuma butuh 3 semester, so p3k bisa ngukur 2 tahun lagi

      Hapus
    2. Caranya gimana kak kalau mau melanjutan 3 semester lagi di pgsd

      Hapus
  17. Assalamu Alaikuum? saya SI Pendidukan agama islam liner nda ijazah saya yg ngajar jadi guru kelas du SD dan sdh serti

    BalasHapus
  18. Saya ijazah S1 Pendidikan Bahasa Indonesia apakah linier mengajar di SD?.mohon pnjlpenjelasa

    BalasHapus
  19. Sy S1 apakah bisa mengajar Penjas??

    BalasHapus
  20. ijazah saya S1 Pend. biologi saya mengajar apakah linear mengajar di SD? mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau bertanya, saya jurusan pendidikan biologi, apakah linear di MI/SD ? Kedepannya bermasalah gk ya, mohon jawabannya

      Hapus
  21. saya guru mapel bahasa Indonesia di SMK dan sudah inpassing, apakah bisa linier menjadu guru kelas apa bila melamar di PPPK. Nanti?

    Terima kasih

    BalasHapus
  22. Kak ingin menanyakan saya lulusan S1 PGSD tapi saya mengajar di SD dan menjadi guru kelas
    Agar linear apa boleh saya kuliah lagi di UT ambil PGSD tp hanya menempuh 3 semester saja untuk mendapatkan ijazah PGSD ??

    BalasHapus
  23. Kak ingin menanyakan saya lulusan S1 PGSD tapi saya mengajar di SD dan menjadi guru kelas
    Agar linear apa boleh saya kuliah lagi di UT ambil PGSD tp hanya menempuh 3 semester saja untuk mendapatkan ijazah PGSD ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. S1 PGSD ngajar kelas kan sudah linear. Beapa kuliah lagi PGSD pulak. Dobel jadinya ijazahnya.

      Hapus
  24. Kak ingin menanyakan saya lulusan S1 PGSD tapi saya mengajar di SD dan menjadi guru kelas
    Agar linear apa boleh saya kuliah lagi di UT ambil PGSD tp hanya menempuh 3 semester saja untuk mendapatkan ijazah PGSD ??

    BalasHapus
  25. kak sya sarjana ekonomi pgen sekali ngajar di SD dan ini sdh ada panggilan mngajar di SD,pertanyaan sya apakah gelar SE bisa linier ngajar di SD

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ekonomi nya SP.d masih bisa, tapi ada ga yah...

      Hapus
    2. ka kalau lulusan jurusan akuntansi, S.E bisa ga ya jadi guru sd/smp? apa saja yang harus di tempuh?

      Hapus
  26. Apakah saya yang S1 pendidikan matematika, bisa mengurus NUPTK karena saya mengajar di SD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya s1 matematika mengajar sebagai guru kelas di sd dan lulus ppg bidang studi matematika...apakah tidak masalah kedepannya

      Hapus
  27. Mohon maaf mau tanya... Apa dengan ijasah S1 Paud bisa mengajar di SD atau MI???? Terimakasih....

    BalasHapus
  28. Mau tanya Pak, kalau lulusan S1 psikologi apakah bisa mengajar di SD?

    BalasHapus
  29. Mf pak saya mau nanya saya mengajar di sD udah 15 tahun tetapi saya lulusan ekonomi islam saya udah mengambil akta 1v dulu dengan jurusan bahasa inggris dan skrg saya lg kuliah pgsd untuk pelinieran ijasah saya yang ingin saya tanyakan boleh saya ikut p3k pada pgsd sementara verval ijasah saya adalah ekonomi mhn pencerahan pak

    BalasHapus
  30. Mhn pencerahan pak saya ngajar di SD udah 15 thn k2 S1 ekonomi islam akta1V saya b.inggris skrg saya masih kuliah di pgsd untuk linier ijasah .bisakah saya tetap ikut p3k tapi mengambil pgsd mengingat verval ijasah saya ekonomi mhn pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, silahkan, saat ini verifikasi dan validasi K2 yang akan mengikuti seleksi PPPK dapat ikut tes, sekalipun belum linear

      Hapus
  31. Mohon maaaf dg melihat tabel mapel Matematika linier dg kode 027 maksudnya S1 pendidikan matematika apakah bisa jd guru sd trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. S1 (S.Pd) mapel Matematika dapat atau linear menjadi Guru Kelas SD dan sederajat

      Hapus
    2. Bidang studi ap sj ya pak yg bisa ngajar d SD dan BS dikatakan linear?

      Hapus
  32. Bila sy lulusan kimia murni S1 tp sdh mengajar di sd, trs saat pppk kira² bs mngisi di jenjang sd & mapel pgsd? Mksih

    BalasHapus
  33. Maaf izin bertanya, saya s1 jurusan manajemen pendidikan islam, apakah saya bisa menjadi guru kelas di sd?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah S1 manajemen pendidikan islam bisa jd guru kelas

      Hapus
  34. maaf izin bertanya, saya S1 jurusan PG paud apa bisa mengajar di SD?

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum,maaf kak mau bertanya ijazah terahir sy pend bhs inggris karena di SD tidak ad bhs inggris sy lanjut kuliah ambil PGSD dan alhmdllah sudah selesai tgl menunggu yudisium dan wisuda,yg ingin saya tanyakan apakah bisa saya daftar p3k ambil PGSD sementara ijazah yg di verval bhs inggris??

    BalasHapus
  36. Izin bertanya.saya S1 pendidikan matematika.sudah honor selama 5 Thn di SD.apakah llijazah saya linier? Atau bisa ikut PELAMARAN PPPK?

    BalasHapus
  37. Izin bertanya pak,, saya S1 pendidikan biologi apakah bisa daftar cpns guru kelas?

    BalasHapus
  38. izin bertanya pak,, saya SI pendidikan biologi apakah bisa daftar cpns guru kelas?

    BalasHapus
  39. Pak saya mau tanya. Saya lulusan S1 psikologi..dan saya kerja di Mi. Saya ingin sertifikasi. Kalau saya ambil PGSD di Ut selama 3 tahun. Apakah nnti klo lulus. Bisa sertifikasi guru? Makasi kak..

    Kak tolong di balas. Butuh pencerahan banget. Lagi buntu saya ������

    BalasHapus
  40. Saya S1 pendidikan ekonomi, mengajar di SD 15 tahun belum serdik apakah saya linier jika nanti mendaftar guru kelas SD di PPPK nanti pak...

    BalasHapus
  41. Izin tanya lagi klo S1 matematika bisa gak ikut pppk formasi guru kelas klo tidak punya serdik trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  42. Izin bertanya, saya lulus cpns untuk guru bahasa inggris, apakah bisa untuk kuliah penyetaraan PGSD lagi?

    BalasHapus
  43. ijin bertanya sy saat ini kabar kepala TK. ijasah terakhir pendidikan kimia. apa bisa ngajar di SD

    BalasHapus
  44. Sy s1 bhs inggris ikut formasi p3k otomatis di smp pak melamarnya ,apkh tdk bs di twmpt sy honor sd guru kelas g muncul.gmn ya

    BalasHapus
  45. Isin bertanya z SI pend. Bhs indonesia apakh z bs mndftr d p3k mnjdi guru kelas. Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  46. Apakah S1 pendidikan matematika dapat mendaftar PPPK formasi di SD?

    BalasHapus
  47. Asallamuallaikum...
    Ijin bertanya,saya S1 bimbingan &konseling dan saya mngajar d SD.
    Apkah ijazah saya linier d SD jd guru kelas

    BalasHapus
  48. Ijin bertanya saya s1 pend.Sejarah apakah linier mengajar di sd mohon bantuan penjelasan nya min 🙏

    BalasHapus
  49. Saya S1 pendidikan ips apa bisa ngajar di SD?

    BalasHapus
  50. Saya S1 pendidikan IPS apakah bisa mengajar di SD?

    BalasHapus
  51. Saya S1 bahasa dan sastra indonesia tpi ketika ingin melamar formasi pppk yg muncul pilhan hanya guru kelas.apakah ijasah sya bisa linear dgn formasi guru kelas krn hanya itu yg muncul saat pemilihan formasi di pppk? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  52. Saya S1 bahasa dan sastra indonesia tpi ketika ingin melamar formasi pppk yg muncul pilhan hanya guru kelas.apakah ijasah sya bisa linear dgn formasi guru kelas krn hanya itu yg muncul saat pemilihan formasi di pppk sementara sy belum memiliki sertifat pendidik dan mengajar di SMPn

    BalasHapus
  53. maaf mau tanya kalau pendidikan bahasa indonesia apakah nanti bisa mengajar di SD?

    BalasHapus
  54. Maaf pak izin bertanya saya jurusan FKIP geografi pada tes p3k memilih guru kelas. Apakah nanti linier dan tidak bermasalah atau akan bermasalah pak?

    BalasHapus
  55. Selamat Pagi, maaf saya mau bertanya, saya lulusan S1 pendidikan ekonomi tata niaga, bisakah saya mengajar di sekolah dasar, atau prodi saya itu liniernya dapat mengajar disekolah apa ya ?, terima kasih

    BalasHapus
  56. Izin bertanya, saya lulusan S1 pendidikan biologi, apakah tetap bisa mengajar sebagai guru SD?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk bisa mengajar di SD bisa

      Hapus
    2. Maaf pak mau tanya, kalo pendidikan biologi bisa ngajar di SD, buat kedepannya linear bisa daftar sertifikasi dan p3k kah tdk pak?

      Hapus
    3. Maaf pak mau tanya, kalo pendidikan biologi bisa ngajar di SD, buat kedepannya linear bisa daftar sertifikasi dan p3k kah tdk pak?

      Hapus
  57. Mau nanya. Apakah bisa diakui didapodik lulusan bahasa inggris ngajar di sd tanpa kuliah 3 semester?

    BalasHapus
  58. mohon jawabannya, apakah serdik bhs inggris bisa linier jika mengajar sebagi guru kelas dan sudah mempunyai ijazah S1 PGSD ? apakah bisa ikut pencairan sertifikasnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kasusnya persis dgn saya. Serdik bhs inggris dan sudah mempunyai ijasah pgsd. Apakah cair sertifiksinya?

      Hapus
  59. Sy jurusan pendidikan sastra dan bahasa Indonesia,apakah sy linier jika mengajar di MI?

    BalasHapus
  60. Saya s1 pgsd tapi saat ini sedang mengajar di TK dan sudah sertifikasi apakah nanti kalau saya lulus p3k sertifikasi bisa dilanjut, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya antara SD dengan TK terutama untuk kelas rendah masih sama materinya dengan TK, hanya saja SD = PGSD dan TK = PGTK

      Hapus
    2. Pak mau tanya saya lulusan S1. Pendidikan Sejarah. Apakah bisa mengajar di Sd ya pak??

      Hapus
  61. Klaw pendidikan akuntansi belum serdik apakh bisa daftr pppk di sd?-mohon pencerahnnya

    BalasHapus
  62. Sy sertifikasi IPS dan klo lulus P3K diSD GURU KELAS apakah serdikx bisa dipake ato linear

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya guru IPS SMP kode serdik 100 / daftar PPPK 2021 PGSD lulus, apakah bisa cairkah sertifikasi saya. Admind 🙏🙏

      Hapus
    2. Nyimak, saya juga case seperti ini. Tapi serdik smp mtk dgn kode 180. Lulus pppk PGSD. Apakah bisa cair serdik saya pak? Mohon pencerahannya🙏 karna saya pernah tanya ke dinas pendidikan itu tidak bisa. Namun di infogtk nya linear

      Hapus
  63. Saya jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, misalnya nanti mengajar SD apakah bisa masuk dapodik?

    BalasHapus
  64. Saya sertifikasi guru kelas dg kode 027.Saya baru saja dimutasi ke sekolah yg sudah penuh guru kelas.Saya kemudian dibuatkan sk untuk mengajarkan muatan lokal bahasa daerah utk 10 rombel,dan menjadi kepala perpustakaan utk mencukupi jjm..Apakah dg seperti itu saya bisa mendapatkan tunjangan profesi?mohon pencerahannya admin

    BalasHapus
  65. Maaf ijin bertanya saya ngajar di SD dan lulus P3K jurusan saya pendidikan ekonomi (S.Pd) apakah saya bisa ikut PPG dengan ijasah saya sekarang? Trims

    BalasHapus
  66. Maaf izin bertanya, saya guru smp matematika dan sudah sertifikasi, kemarin saya lulus p3k sbgai guru kelas sd, apakah sertifikasi saya masih bisa lanjut atau bakalan ngulang ppg lagi. Terima kasih

    BalasHapus
  67. Assalamu'alaikum WR.WB pak saya mau bertanya. Saya jurusan PGRA namun ijazah saya sarjana pendidikan Islam. Jurusan saya PGRA. Apakah linier jika saya mengajar di SD negri. Mohon jawaban nya ya pak🙏🙏🙏

    BalasHapus
  68. Assalamu'alaikum...
    Saya guru mupel di SD swasta dengan jurusan PGRA dan sarjana pendidikan Islam. Saya mau tanya jika saya pindah ke SD Negri apakah saya bisa diterima.? Atau tidak.? Karena jurusan saya PGRA walaupun ijazah saya pendidikan agama Islam tulisan nya namun jurusan nya berbeda. Mohon jawaban nya ya pak🙏

    BalasHapus
  69. Mohon bertanya pak... Apakah bisa cair PPG matematika mengajar di SD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon di balas pak.kasus saya juga sama

      Hapus
  70. Saya gru Depag berserdik IPS,berijasah S1 b.indonesia,sy dapat p3k b.indonesia,pertanyaana apakah serdik saya bisa cair sbb sy mengajar b.indonesia di SMP 24 jam sesuai ijasah dan p3k saya ...Mhon penjelasanya

    BalasHapus
  71. Saya gru Depag berserdik IPS,berijasah S1 b.indonesia,sy dapat p3k b.indonesia,pertanyaana apakah serdik saya bisa cair sbb sy mengajar b.indonesia di SMP 24 jam sesuai ijasah dan p3k saya ...Mhon penjelasanya

    BalasHapus
  72. Pak saya s1 pnd.ekonomi akuntansi.. Tp saya pngin sekali mengajar di sd.. Apakah bisa klo sya mendafr di sd?

    Mohon d bls pak:)

    BalasHapus
  73. Saya ijazah bahasa Indonesia n serdik juga bahasa Indonesia apakah bisa linear ngajar d sd

    BalasHapus
  74. Assalamualaikum pak saya jurusan B.inggris,, apakah bisa ikut PPPK formasi SD.

    BalasHapus
  75. Assalamu'alaikum,pak kalau jurusan pendidikan PKN apakah bisa mengajar sd?

    BalasHapus
  76. Pendidikan S1 sejarah mengajar di SMP kode sertifikasi 100 sudah impasing daftar ke PGSD PPPK lulus, masih linierkah admind. Bisa cair tidak sertifikasi nya.

    BalasHapus
  77. sya sarjana matematika ngajar di RA dan sdh sertifikasi, apakah sy bisa pindah ke MI pak?

    BalasHapus
  78. Pak mohon infonya sy kebetulan lulusan s1 komputer (TI) mengajar di guru SD menjadi guru kelas, apa sy bisa linier ?mohon penjelasan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya tidak linear deh, coba baca tabel diatas

      Hapus
    2. Saya s1 sejarah sudah lama ngajar di SD.apakah linear ikut pppk2022.tlg jelaskan pak

      Hapus
  79. Saya guru matematika SMP dan sudah sertifikasi lulus PPPK di SD.apakah sertifikasi nya bisa cair?mohon di balas pak

    BalasHapus
  80. Saya guru matematika SMP dan sudah sertifikasi.lulus PPPK di SD apakah sertikasinya bisa cair.mohon di balas

    BalasHapus
  81. Assalamu'alaikum pak saya jurusan bimbingan dan konseling apakah bisa mengajar di SD

    BalasHapus
  82. Saya lulusan sarjana bahasa inggris dan sdh lama tdk mengajar krn bekerja di perusahaan swasta. Sekarang usia saya 39 tahun.apakah masih bisa melamar menjadi guru di sd?mhn petunjuk ya pa..trm ksh..

    BalasHapus
  83. Maaf izin bertanya, sy S1 Pendidikan Matematika saat ini mengajar diSD sbg guru kelas. Apakah linier dg ijazah sy jika sy PPG dan ambil guru kelas?

    BalasHapus
  84. Maaf ijin bertanya, saya S1 pgsd tapi serdik saya TK ,kalau pindah ke SD apakah sertifikasi saya bisa dilanjut, terimakasih

    BalasHapus
  85. Assalamualaikum, ijin bertanya saya lulusan S1 pend Sejarah sekarang saya ngajar di sd, apakah linear dengan ijazah saya?

    BalasHapus
  86. Sarjana Bahasa dan atau sastra Indonesia apakah bisa ikut sertifikasi guru MI/SD ?
    Terima kasih

    BalasHapus
  87. Bertanya, apakah sarjana pendidikan bahasa dan atau sastra indonesia bisa ikut sertifikasi guru kelas SD/MI? Terima kasih.🙏

    BalasHapus
  88. Saya S1 Manajemen pendidikan Islam bolehkah nantinya ngajar di SD negri

    BalasHapus
  89. Kak. Kalo jurusan ppkn bisa mengajar SD

    BalasHapus
  90. Saya lulusan PGMI apakah saya bisa mengikuti p3k sebagai guru PJOK sd pak?

    BalasHapus
  91. kalau misalx S1 matematika bisa tidak mengajar di sd..??

    BalasHapus
  92. Mau tanya pak,apakah saya yang lulusan pendidikan matematika dan mengajar hanya mata pelajaran matematika juga di SD bisa masuk ke dapodik sebagai guru mata pelajaran matematika?

    BalasHapus
  93. Mau nanya pak saya jurusan pendidikan ekonomi ngajar guru kelas d SD apakah linier klu mau tes pppk tahun ini

    BalasHapus
  94. Pak mau tanya apakah S1 pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan termasuk linier apa tidak bila mengajar di SD sebagai guru kelas?

    BalasHapus
  95. Saya guru S1 BHS Jawa, lulus P3K seni budaya ngajar linier 8 jam, tapi disekolah saya sudah ada guru serdik BHS Jawa sama dgn saya rombel hanya 3 kelas, tunjangan sertifikasi kami bisa cair gk ya mhn pencerahan🙏🙏

    BalasHapus
  96. Pak saya s1 bahasa arab bisa kah ngajar di sd wkwk tolong jawab

    BalasHapus
  97. Saya ngajar di sd dan sma sekoalah swasta, Saya lulusan s1 pgmi dan saya dari 2007 sampai sekarang ngajar olah raga,
    Selama itu saya tidak mendapat sertifikasi ataupun inpasing, karena tidak linear...
    dan sekarang saya baru lulus S2 penjas
    Pertanyaannya apakah S2 penjas bisa mendapatkan sertifikasi atau bisa P3k?
    Mengingat S1 saya s1 pgmi dan s2 penjas...(ngajar olahraga sampai sekarang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jika yang diajukan S2 Penjas dan saat ini mengampu Penjas juga

      Hapus
  98. Numpang tny saya sdh 19 thn.selama ini saya mengajar jadi guru kelas tetapi S1 saya PENJASKESREK apakah bisa ikut ppg untuk guru kela bisa?...mhn dgn sgt bantuanya

    BalasHapus
  99. Saya mengajar di SD saya lulusan S1 PGMI apakah linier? Mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum, izin bertanya pak, teman saya guru PPPK SD, ijazah S1 Bahasa Indonesia. Dia ikut PPG daljab bidang studi bahasa Indonesia. Apakah sertifikat pendidiknya kode 156 linier untuk sertifikasi?

      Hapus
  100. Pak mau nanya
    Saya kan lulusan S1 pendidikan luar biasa, tapi jadi PPPK guru kelas di SD, apakah bisa pak ambil PPG guru kelas SD?

    BalasHapus
  101. Pak mau nanya
    Saya kan lulusan S1 pendidikan luar biasa, tapi jadi PPPK guru kelas di SD, apakah bisa pak ambil PPG guru kelas SD?

    BalasHapus
  102. Pak mau nanya
    Saya kan lulusan S1 pendidikan luar biasa, tapi jadi PPPK guru kelas di SD, apakah bisa pak ambil PPG guru kelas SD?

    BalasHapus
  103. Mohon maaf mau tanya ni saya lulusan S1 pendidikan Biologi sekarang saya mengajar di SD apakah Bisa,? Mohon jawabanya trimaksih

    BalasHapus
  104. Selamat pagi pak buk?
    Saya mau bertanya saya lulusan jurusan spd sendratasik tp saya mengajar di sd apakah saya dapat masuk data dapodik apa tidak buk?
    Trimakasih

    BalasHapus
  105. Mhon d jawab jg pa saya,, ijasah s1 pendidikn biokogi dan lulus ppg 2023 pendidikn biologi kmrin..apakah msih bisa d cairkn pa?? Ataukah akan bermasalah kelak?

    BalasHapus
  106. Saya s1 pendidikan biologi dan serti 2023 kmrin pendidikan biologi, saat ini saya mengajar di SMA swasta,, apakah akan bermasalah jika saya pindah di SD negeri ketika pencairan nanti??

    BalasHapus
  107. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  108. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  109. Elfa Dwi Vanissa15 Mei 2023 pukul 10.19

    saya mau bertanya, Pendidikan S1 Matematika, sekarang mengajar di SD, apakah bisa nanti kalau daftar PPPK daftarnya ke tingkat SMP/SMA? krna kan kalau di dapodik terdaftar di dapodik SD...mohon pencerahannya pak...

    BalasHapus
  110. Izin bertanya pak saya makin bingung, saya lulusan pendidikan kimia dan sdh mengajar di SD thn 2020, alhamdulillah lulus pppk 2023 jg di SD, apakah untuk ppg daljab saya bisa terpanggil atau tidak? Karena bidang studi ppg pgsd tidak ada pendidikan kimia melainkan ada di bidanf studi ppg ipa di smp adanya. Bagaimana ya pak, terima kasih pak

    BalasHapus
  111. Pak....saya kan jurusan pendidikan sains, apakah bisa jd guru kelas dan apakah linier dengan ppg guru kelas???

    BalasHapus
  112. Pak saya sarjana pendidikan jurusan akuntansi apakah linier kalau saya mengajar di SD sebagai guru kelas. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  113. kalau dipergunakan untuk PPG/Sertifikasi guru tidak linier

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya sudah serdik ekonomi dan sekarang ngajar di SD apakah serdik nya bisa cair di SD?

      Hapus
    2. kalo serdik nya sudah punya dengan kode 210 apakah bisa cair kalo ngajar di SD

      Hapus
  114. Mohon izin bertanya pak, ijazah saya PAI saya sudah sertifikasi guru kelas MI tapi saya pindah k MTs negri, apakah sertifikasi saya bisa pindah dr guru kelas k guru mapel, mohon pencerahannya Bpk 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya sertifikasi dengan ijazahnya sudah linier, tetapi jika dipakai di MTs menjadi tidak linear, bisa ikut PPG lagi

      Hapus
    2. Pak ijin bertanya ijazah saya BK tapi saya mngajar di SD sdah 12 th apakah saya bisa mndaftr p3k di SD

      Hapus
  115. Pak Ijin bertanya ijasah saya BK dan saat ini saya sdah mngajar di SD 12 th apakah say bjs mndaftar p3k di SD mohon pncerahanya🙏🙏🙏

    BalasHapus
  116. Izin bertanya kak
    Saya kuliah jurusan sejarah mengajar IPS SMP dan serdiknya IPS, apakah serdik saya linier dengan Guru Kelas SD?

    BalasHapus
  117. Saya s-1 pendidikan biologi, apakah linier ngajar d SD, jdi guru kelas?

    BalasHapus
  118. Assalmu'alaikm.
    Pak ijin bertanya saya lulusan PG piaud .apakah bisa ngajar di SD dan nntinya ikut PPG/sertifikasi

    BalasHapus
  119. Ass.saya mengajar d SMP bidang studi matematika dan semtara ikut ppg.. tapi rencana mau pindah d SD ngajar
    Apa bisa saya ambil bidang studi atau guru kelas??dan apa TDk bermasalah dengan serdiknya pak??

    BalasHapus
  120. Kasihan yang sekolah PGSD kalau tidak linier bisa masuk. Tapi buat apa aturan sergur harus liner kalau ujung2nya P3k boleh tidak linier...

    BalasHapus
  121. Assalamualaikum.wr.wb
    Pak mau tanya, saya S1 PPKn dan PPG saya PPKn sekarang sy ngajar di SD, apakah sertifikasi bisa Valid atau Linier ?. Terima kasih

    BalasHapus

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi