Senin, 05 Juni 2017

INGAT !!! PENDAFTARAN PPDB SMA/SMK JABAR JALUR NON AKADEMIK 06 - 10 JUNI 2017

PPDB SMA/SMK JAWA BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018



Kota Bekasi (BIB) - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuran/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMA/SMK/MA/SMALB) di Provinsi Jawa Barat akan dimulai pada :

Hari : SELASA s.d SABTU

Tanggal : 06 JUNI s.d 10 JUNI 2017

Jam : 08.00 - 14.00 WIB

Tempat : di SEKOLAH TUJUAN (SMA/SMK/MA/SMALB) atau di http://ppdb.jabarprov.go.id/

PPDB yang dimaksud adalah untuk JALUR NON AKADEMIK.

PPDB SMA/SMK/MA/SMALB Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 dilakukan dengan 2 jalur seleksi, yaitu Jalur Akademik dan Jalur Non Akademik. Jalur Akademik adalah PPDB yang dilakukan dengan dasar seleksi utama menggunakan hasil nilai UN (PPDB Online).

Sedangkan Jalur Non Akademik adalah penerimaan peserta didik baru berdasarkan afirmasi (keberpihakan) terhadap kelompok tertentu dan/atau apresiasi prestasi dengan kriteria utama bukan nilai hasil UN.

Jalur Non Akademik terdiri dari :
  1. Afirmasi Prestasi daya tampung 10%
  2. Afirmasi RMP (Rentan Melanjutkan Pendidikan/Miskin) daya tampung 20%
  3. Afirmasi UU (Luar Jawa Barat/Perbatasan) daya tampung 5%
  4. Afirmasi MoU (Bina Lingkungan) daya tampung 5%
MEKANISME PENDAFTARAN JALUR NON AKADEMIK

PPDB Jalur Non Akademik terdiri atas; afirmasi prestasi, afirmasi RMP, afirmasi MoU/Kerjasama/Perbatasan dan afirmasi Bina Lingkungan.

Bagaimana Cara mendaftar .....

Siswa Berdomisili di Jawa Barat ~ siswa yang berdomisili di wilayah Provinsi Jawa Barat melakukan pendaftaran langsung ke sekolah tujuan atau melalui daring (online) di http://ppdb.jabarprov.go.id/ cukup dengan memasukkan NISN (nomor induk siswa nasional) dan NOMOR PESERTA UN pada aplikasi pendaftaran http://ppdb.jabarprov.go.id/ dan meng-upload persyaratan-persyaratan yang diperlukan dalam proses PPDB dan mencetak bukti pendaftaran untuk selanjutnya diverifikasi data.

Untuk siswa yang mendaftar lewat afrimasi akan dilakukan verifikasi data dan home visit oleh Tim Verifikasi Data PPDB.

Siswa Luar Wilayah Jawa Barat ~ dapat melakukan pendaftaran langsung di sekolah tujuan atau daring (online) dihttp://ppdb.jabarprov.go.id/ dengan mengisi :
  • formulir pendaftaran
  • biodata lengkap
  • surat pernyataan tanggung jawab mutlak orang tua/wali
  • melampirkan persyaratan surat tanggung jawab dari dinas sekolah asal
Kemudian setelah mendaftar agar mencetak bukti pendaftaran yang akan diverifikasi oleh Tim Verifikasi Data PPDB.

DAYA TAMPUNG

Setiap kelas (rombongan belajar) maksimal diisi oleh 36 siswa dengan jumlah rombel untuk Kelas 10 (SMA/SMK/MA) maksimal 12 rombel. Artinya maksimal penerimaan siswa per sekolah adalah 432 siswa (36 siswa x 12 rombel).

Kuota daya tampung bagi siswa melalui Jalur Non Akademik antara 30% hingga 40%, yang terdiri dari :
  • Afirmasi Prestasi 10%
  • Afirmasi RMP 20%
  • Afirmasi UU 5%
  • Afrimasi MoU 5%
  • Afirmasi Siswa Penyandang Disabilitas (Inklusi) maksimal 3 siswa per sekolah
PILIHAN SEKOLAH

PPDB Jalur Non Akademik SMA/SMK/MA/SMALB Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 diberikan kesempatan setiap siswa untuk memilih maksimal 2 pilihan sekolah.

Pilihan pertama bebas di SMA/SMK/MA/SMALB di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat. Namun untuk pilihan kedua di wajibkan untuk memilih sekolah yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya.

INGAT !!! BESOK PENDAFTARAN JALUR NON AKADEMIK DI :


PERHATIAN DAN CATATAN PPDB HARI PERTAMA :
  1. Berkaitan dengan perbaikan pada sistem PPDB JABAR 2017, kami sampaikan kepada Calon Peserta Didik (CPD) yang telah melakukan pendaftaran hari Selasa , tanggal 6 Juni 2017 untuk segera melaksanakan verifikasi data disekolah terdekat dengan membawa bukti daftar dan berkas yang sudah di upload, Apabila ada perbaikan data karena kesalahan sistem selama maintenance dapat langsung dilakukan oleh TIM HELP DESK sekolah.
  2. Mohon diperhatikan kepada CPD , kode captcha yang dibuat saat ini adalah rangkaian variasi angka tidak ada karakter huruf yang digunakan, CPD yang mengalami kendala dalam melakukan pendaftaran dapat meminta bantuan TIM HELP DESK SEKOLAH.
  3. Sekolah yang belum mengupload berkas data perbaikan daya tampung dapat dilakukan mulai hari ini Rabu 7 Juni 2017 sampai dengan pukul 18.00 WIB
  4. Pendaftaran PPDB JABAR Jalur Non Akademik dibuka tanggal 6 - 10 Juni 2017, mulai pukul 08.00 s.d 16.00 WIB dann verifikasi data dapat dilakukan selama proses pendaftaran tersebut.
#BangImamBerbagi #SMA #SMK #MA #SMALB #JawaBarat #KotaBekasi #KabupatenBekasi #2017

PERHATIAN !!! data ini merupakan milik Sapulidi Riset Center (SRC) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sapulidi, apabila ingin mengutif data boleh dilakukan sebagian atau keseluruhan dengan mencantumkan sumbernya. Data hanya dapat dipergunakan untuk kepentingan pengembangan pendidikan di Bekasi dan Jawa Barat, untuk informasi silahkan hubungi kami di : Telp. / SMS / WA 0957 3998 6767, Email: sapulidi.foundation@gmail.com, atau di Facebook: Sapulidi Lsm, Twitter: @LsmSapulidi, Instagram: bangimam_berbagi Bang Imam Kinali Bekasi) dan Line : bangimam_berbagi. 

1 komentar:

  1. UNTUK SYARAT PENDAFTARAN AFIRMASI MOU, SELAIN KK. SKHUN. PERTANGGUNGJAWABAN MUTLAK DAN AKTEKELAHIRAN,,,ADA SATU DOKUMEN YG arus diuplod...dokumen apa ya,,,admin bisa kasih info

    BalasHapus

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 085739986767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi