Rabu, 12 April 2017

Inovasi Tas Ransel Menjadi Meja Belajar



India (BIB) - Bagi sebagian besar siswa sekolah di India, kesempatan memiliki alat-alat perlengkapan sekolah adalah sesuatu yang amat langka. Bahkan, karena tinggal di pelosok negeri dalam keadaan kurang mampu, memiliki benda seperti meja belajar saja dirasakan sebagai suatu kemewahan. Di sekolah keadaan tak jauh berbeda. Masih banyak sekolah di India yang tak punya meja dan kursi, sehingga murid-muridnya musti menulis sambil melantai.
Melihat keadaan ini, sebuah perusahaan non profit bernama Aarambh menciptakan benda serbaguna bernama Help Desk. Dalam video yang diunggah di kanal youtube, terlihat bahwa Help Desk terbuat dari karton bekas yang dikumpulkan dari berbagai perusahaan dan rumah tangga. Perajin kemudian menyulap karton bekas tersebut dan memotongnya mengikuti pola yang pada akhirnya bisa dilipat menjadi sebuah tas ransel untuk siswa sekolah menyimpan barang-barang keperluan belajarnya. Ransel ini beralih fungsi menjadi meja tulis untuk belajar.
Aarambh mendistribusikan produk tersebut ke banyak sekolah di kawasan Maharashtra, bagian barat India. Dan mengagumkan, karena siswa yang sudah mencoba menggunakan Help Desk ternyata mampu belajar dengan suasana hati lebih senang, nyaman dan efektif.
Kekurangan meja belajar di kalangan siswa di India hanya satu dari banyak masalah yang menimpa dunia pendidikan India. Selain itu ada permasalahan kekurangan sarana kebersihan terutama fasilitas toilet.
Sumber : Youtube/Nova


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 085739986767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi