Minggu, 08 November 2015

Tata Cara Pindah Sekolah ke Kota Bekasi

Perpindahan Awal Semester II

Kota Bekasi (BIB) - Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pendidikan Kota Bekasi telah mengatur tata cara pindah sekolah (mutasi peserta didik) dari luar Kota Bekasi maupun pindahan keluar Kota Bekasi.

Sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 31 Tahun 2015 tentang Mutasi Peserta Didik bahwa perpindahan siswa baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta dapat dilakukan pada awal semesteran.

Misalnya untuk Kelas 7 SMP/MTs dan Kelas 10 SMA/SMK/MA atau sederajat perpindahan siswa dilakukan pada Semester II setelah menerima nilai raport Semester I.

Sedangkan perpindahan siswa Kelas 6 SD/MI dan Kelas 9 SMP/MTs serta Kelas 12 SMA/SMK/MA dan sederajat bisa diterima paling lambat akhir Agustus.

Perpindahan bisa dilakukan baik di sekitar Jabodetabek, Jawa Barat maupun seluruh Indonesia termasuk siswa asing/sekolah luar negeri sesuai dengan peraturan yang berlaku,

Larangan

Bagi peserta didik atau siswa SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan sederajat dilarang melakukan pindah sekolah dalam satu wilayah kecamatan. Kecuali siswa SD dan sederajat masih dapat mutasi.

"Untuk siswa SD yang tidak bisa mutasi bila dilakukan dalam 1 kelurahan. Kalau satu kecamatan boleh," ujar Tengku Imam Kobul Moh. Yahya S, Direktur Advokasi Bidang Pendidikan, Lembaga Swadaya Masyarakat, Sapulidi.

Begitu juga kepada siswa yang berasal dari sekolah swasta bisa diterima berpindah ke sekolah negeri di kecamatan yang berbeda asalkan daya tampung atau kursi kosong masih tersedia di sekolah negeri yang dituju.

"Termasuk siswa dari luar Kota Bekasi walaupun berasal dari sekolah swasta dapat diterima di sekolah negeri di Kota Bekasi apabila masih ada kursi kosong," jelas Bang Imam, panggilan akrab pemerhati pendidikan ini.

Sementara itu bagi siswa yang berasal dari sekolah keagamaan binaan Kementerian Agama bisa berpindah ke sekolah negeri di Kota Bekasi dengan terlebih dahulu mendapatkan Surat Rekomendasi dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota tempat asal siswa tersebut.

Ada ketentuan yang harus dipenuhi siswa bila ingin melakukan mutasi ke sekolah di Kota Bekasi.

"Mereka harus mengikuti serangkaian tes akademik di sekolah yang akan dituju, bila lulus boleh diterima," ujarnya.

Peraturan ini (soal mutasi peserta didik) mulai berlaku sejak 1 Juli 2015 dan sekaligus menjadi aturan perubahan terhadap Peraturan Walikota Bekasi Nomor 22.A Tahun 2013 tentang Tata Cara Mutasi Peserta Didik.

"Persyaratan mutasi minimal, ada surat pengantar dari Dinas Pendidikan sekolah asal, sedang ketentuan diterima selain harus mengikuti tes akademik di sekolah yang dituju, juga tentunya harus ada ketersediaan bangku kosong. Kalau penuh, mau ditarok dimana?" terangnya lagi.

Sedangkan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Bekasi untuk jenjang SMP, SMA dan SMK sudah 100% menggunakan online. Dan daya tampung bagi siswa luar Kota Bekasi dibatasi hanya sebanyak 5% dari daya tampung yang ditentukan.

Saat ini jumlah SMP Negeri sebanyak 43 lembaga, SMA Negeri 18 lembaga, dan SMK Negeri sebanyak 12 lembaga yang tersebar di 12 kecamatan yang ada di Kota Bekasi.

"Perpindahan siswa SD dan sederajat lebih mudah, karena umumnya daya tampung masih cukup tersedia dan banyak pilihan," ungkap Bang Imam.

28 komentar:

  1. kalau masalah biaya administrasi nya ada gak ya pak? di atur oleh pemerintah atau gak?
    mengingat sekarang ini meski di atur oleh pemeritah ttpi masih tetap ada kecurangan terlebih untuk wali murid yang belum paham atau pengetahuan yang kurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Pertanyaan yang sama dari saya. Kita tunggu jawabannya.

      Hapus
    2. bayarnya aslinya GRATIS TIS TIS TIS

      Hapus
  2. Kmrin sy rencana mau pindahkan anak sy sekolah dr SMP bekasi selatan ke bekasi timur biaya ny mahal banget...ap iya ya smahal itu pak? sampe brjuta2.

    BalasHapus
  3. Kmrin sy rencana mau pindahkan anak sy sekolah dr SMP bekasi selatan ke bekasi timur biaya ny mahal banget...ap iya ya smahal itu pak? sampe brjuta2.

    BalasHapus
  4. Kalau pindahan dri SMA swasta ke SMA Negri pas knaikan klas dri klas 10 ke 11 berbayar atau tidak ya??

    BalasHapus
  5. Apakah bisa, pindahan dari jawa tengah ke kota bekasi, negeri ke negeri, dari kelas 11 ke 12 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya dulu sekolah tujuan, apakah ada kursi kosong, kalau ada bisa pindah kok

      Hapus
  6. Anak saya mau pindah sekolah SD nya dri SD di karawang ke SD di bekasi.. Gimana caranya... Apa ke kepala sekolah yg di tuju dulu, apa bikin surat pindah sekolah dulu...

    BalasHapus
  7. Apakah bisa pindahan dari MA swasta Jawa timur ke SMA negri kota bekasi?

    BalasHapus
  8. Mau tanya dong kalau pindahan untuk kelas 1 sd negri dari jakarta ke bekasi kabupaten itu sulit tidak ya persyaratannya??dan biayanya sampe berapa kira2???

    BalasHapus
  9. Sy mau tanya,, anak sy kls 4 semester 1 mau dipindah kn dr SD negeri harapan jaya 3 Bekasi utara ke daerah babelan. Cara nya bagaimana? Tlg info nya

    BalasHapus
  10. Saya mondok di sumsel, pondok itu tahun pertama tidak ada rapot umum nya, semua nya nilai agama, saya mau pindah ke sma negeri Bekasi, tapi tidak memiliki nilai semester 1 nya, saran nya gimana ya? Sama masih kelas 1 sma derajatnya, baru lulus dari mts tahun ini

    BalasHapus
  11. Pindah sekolah sama sama smp negeri tpi masih satu kecamatan boleh gk?

    BalasHapus
  12. Saya sekarang kelas 3 SMP, saya ingin melanjutkan sekolah SMA di kota Bekasi. Kita kira gimana caranya lewat jalur pindahan ya?

    BalasHapus
  13. Pak saya mau tanya , anak saya saat ini kls IX SMP N dki
    Ingin melanjut di cikarang sukarame serang baru apa dan bagaimana syarat dan prosedur yg hrs sy siapkan ? Mohon bantuan dan penjelasannya 🙏 terimakasi

    BalasHapus
  14. Apakah bisa dari pondok pesantren madrasah Aliyah pindah ke SMKN
    Tolong di jawab bang imam please

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba pertanyaan nya, coba kita tunggu jawab nya, tolong dong pak kslo kayak gini gimana?

      Hapus
  15. pak saya mau tanya anak saya kls 1 kls2 di dki trs kls 3 di bekasi sedang kan kk saya dki trs skrng mau masuk smk di dki apakah harus pindah rayon mohon jawaban ny ya pak saya bingung

    BalasHapus
  16. As wrwb,mau nanya apakah di kenakan biaya pindah dari smpn jakarta ke smpn di tambun.dan apakah harus penduduk setempat.mohon sangat penjelasannya

    BalasHapus
  17. Anak sy kelas 2 berhenti di semester 1 mau masuk LG di SMPN sy ga tau dimana yg ada bangku kosong anak sy dari SMPN 44 jd mau masuk di SMPN yg di Bekasi timur tolong bantu sy trima kasih

    BalasHapus
  18. Saya rencana mau pindah sekolah sd dari sdn 16 kebon kosong jakpus ke sdn kali abang tengah 3 bekasi.info dari sekolah baru saya d terima dengan syarat membayar uang pindah sebesar 2 juta.bukankah gratis???saya sebelumnya sudah pernah memindahkan sekolah dari jakut ke jakpus gratisssd tapi kenapa d bekasi berbayar???

    BalasHapus
  19. Mau info nya bapak/ibu, kalo mau pindah sekolah dari Bekasi ke Jakarta Selatan gimana cara nya ? sekarang anak saya di terima di SMPN Bekasi tapi sekitar awal tahun saya pindah ke kantor pusat jakarta, jadi rencana anak anak saya pindahin sekolah nya. Cara nya bagaimana dan biaya nya berapa ?

    BalasHapus
  20. Kalau pindahan dari luar negeri, sekolahnya setara SD? Rencanannya keponakan saya pindah sekolah ikut orangtuanya balik ke Indonesia, setelah masa tugasnya di Kuwait sudah selesai Juni 2022. Apakah ada persyaratan dan prosedur berbeda untuk anak pindahan dari SD luar negeri? Kelas 6 SD

    BalasHapus
  21. Klo dari sd negeri di jakarta mau ke sd negeri di bekasi khususnya babelan atau sriamur bisa ga Pak?

    BalasHapus

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi