Senin, 11 Mei 2015

Hore...Pondokgede dan Jatiasih Akan Dialiri PDAM

SPAM Berkapasitas 300 Liter Per Detik

Jatiasih (BIB) - Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pondokgede - Jatiasih (SPAM PGJA) berkapasitas 300 liter per detik akan dibangun untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Kecamatan Pondokgede dan Kecamatan Jatiasih.

Penyediaan air bersih itu terutama akan melayani masyarakat yang bermukim di perumahan dan non perumahan di 9 kelurahan, yaitu Kelurahan Jatiwaringin, Jaticempaka, Jatimakmur, Jatibening, Jatibeningbaru, Jatikramat, Jatimekar, Jatirasa dan Kelurahan Jatiasih.

Pembangunan IPA (Instalasi Pengolahan Air) menggunakan air baku Kanal Tarum Baarat (Kalimalang) yang berada di pinggir Kalimalang, Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Total pengambilan air mencapai 300 liter/detik untuk melayani kebutuhan air bersih di Kecamatan Pondokgede sebesar 250 liter/detik dan Kecamatan Jatiasih 50 liter/detik.

Saat ini proses yang sedang berjalan adalah pembebasan lahan di wilayah Jakasampurna dan proses penilaian Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan (KA-ANDAL) yang dilaksanakan oleh Tim Teknis dan Tim Penilai Komisi Amdal (KPA) Kota Bekasi di Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi.

Berdasarkan data tahun 2013, PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi baru mampu melayani masyarakat soal air minum di 3 kecamatan sebanyak 126.708 jiwa penduduk atau sekitar 15% dari jumlah penduduk Kota Bekasi di 3 kecamatan tersebut. Namun kalau dipersentasikan dengan jumlah penduduk keseluruhan yang mencapai 2,45 juta jiwa, maka layanan air bersih yang dilakukan PDAM baru menjangkau 5% penduduk.


Kecamatan yang dilayani oleh PDAM Tirta Patriot adalah Kecamatan Bekasi Utara, Medansatria dan sebagian Kecamatan Bekasi Barat.

Sementara itu pelayanan di sebagian Bekasi Timur, Rawalumbu, Bekasi Selatan dan Bekasi Barat juga dilayani oleh PDAM Tirta Bhagasasi.

Ada juga saat ini pelayanan air bersih yang dilakukan oleh swasta di Kemang Pratama dan Pondok Hijau.

Untuk melaksanakan kegiatan pembangunan proyek SPAM Pondokgede-Jatiasih, memerlukan setidaknya pemasangan panjang pipa distribusi mencapai 90,7 km terdiri dari 50 km panjang pipa di wilayah pondokgede dan 40,7 km panjang pipa di wilayah Kecamatan Jatiasih.

Dari catatan pemrakarsa dan konsultan, pelanggan potensial di 2 wilayah tersebut mencapai 26.790 sambungan rumah pelanggan potensial domestik (perumahan) dan 4.760 pelanggan potensial non domestik.

(bang imam)

#KomisiPenilaiAmdal #KotaBekasi #SPAMPGJA #Pondokgede #Jatiasih #PDAM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 085739986767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi