Minggu, 15 Maret 2015

Taman "Bagen" Bantargebang

Lebih Tepat Disebut Tanah Lapang

Taman Bantargebang terletak persis di depan Kantor Kecamatan Bantargebang atau di seberang Pasar Baru Bantargebang, Kota Bekasi. Foto: Bang Imam (14 Maret 2015)
Taman Bantargebang adalah taman kedua yang dibangun pada Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) atas kerjasama antara Direktorat Jenderal Penataan Ruang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Pemerintah Kota Bekasi.

Taman Bantargebang saya kunjungi pada Sabtu siang pukul 15.00 wib, 14 Maret 2015 jelang Sholat Asyar.

Saat menyambangi Taman Bantargebang, ada anak-anak trak mengelilingi taman dengan naik sepeda, ada juga yang sekedar duduk-duduk di pinggir serta orang tua menungguin anaknya sedang di ayunan.

Fasilitas yang dimiliki oleh Taman Bantargebang diantaranya :
  1. SUMUR RESAPAN, dibangun dibeberapa tempat agar air saat musim hujan tidak tergenang. Namun pengalaman apabila di puncak musim penghujan antara Nopember hingga Pebruari, lapangan yang kini menjadi Taman Bantargebang sering tergenang oleh air karena disebabkan tidak adanya pembuangan jika saluran yang mengelilinginya sudah penuh.
  2. TOILET, fasilitas toilet dibangun di 2 tempat, yaitu sudut sebelah barat dan timur taman. Tetapi saat saya mengunjungi taman, kedua toilet belum berfungsi, malah masih terkunci dengan rapat. 
    Fasilitas Toilet di Taman Bantargebang belum berfungsi, dan pintunya masih terkunci dengan rapat. Foto: Bang Imam
  3. KOMPOSTER, fasilitas pengolahan sampah taman menjadi kompos memang dibangun di area sebelah barat dengan 2 tungku. Tetapi bekas pengolahan kompos belum pernah dilakukan. 
    Ini tempat pengolahan sampah menjadi kompos di Taman Bantargebang, foto: Bang Imam
  4. POS JAGA, ada pos jaga di pintu masuk Taman Bantargebang, saat kita mau memasuki, pos ini terletak di sebelah kanan wilayah Barat Taman Bantargebang. Lagi-lagi penjaga pos tidak ada.
  5. LAMPU SURYA, untuk menerangi dan mempercantik Taman Bantargebang, dibuat di beberapa sudut lampu penerangan taman yang beroperasi dari panel surya. 
    Tampak terpasang lampu penerangan dari panel surya atau menggunakan tenaga panas matahari, foto: Bang Imam
  6. GAZEBO, ada 2 gazebo yang dibuat di ujung selatan dan ujung utara Taman Bantargebang dengan fasilitas tempat duduk. 
    Gazebo terdapat di sisi sebelah Utara dan Selatan Taman Bantargebang. Foto: Bang Imam
  7. TEMPAT DUDUK, dibeberapa tempat terdapat tempat duduk. 
    Tempat Duduk melepas lelah usai berkeliling Taman Bantargebang, Foto: Bang Imam
  8. SIGNAGE
  9. PAPAN INFORMASI, papan informasi ini menyerupai info soal taman, namun tidak didukung dengan informasi luas taman, tanaman yang ada di Taman Bantargebang dan fungsi apa saja yang dapat dilakukan di Taman Bantargebang. 
    Papan Informasi Taman Bantargebang, foto: Bang Imam
Selain itu ada juga arena bermain anak dengan fasilitas ayunan, prosotan ke pasir dan lainnya. Arena bermain anak ini ada di 2 tempat di sebelah Selatan dan Utara Taman Bantargebang.



Terdapat juga bangunan untuk tempat parkir sepeda bagi pengunjung yang membawa sepeda yang terdapat didua sisi kiri-kanan pintu masuk Taman Bantargebang.

Parkir Sepeda
Taman Bantargebang ini lebih tepat disebut "tanah lapang" ketimbang diberi nama Taman. Karena fasilitas yang ada dan kelihatan sekilas lebih mirip tanah lapang.

Sementara para sopir angkot KOASI 11 Jurusan Bantargebang-Bekasi lebih mempopulerkan dan menyingkat Bantargebang dengan sebutan "Bagen".

Mungkin penamaan itu erat kaitannya dengan bahasa Bekasi.

Kesimpulan saya, sekalipun disebut Taman Bantargebang, tetapi sekilas terlihat mirip seperti fasilitas lapangan tempat arena bermain, berkumpul untuk keluarga dan anak-anak. Sayang beberapa fasilitas belum berfungsi seperti ruang informasi, pos jaga dan toilet.

Beberapa arena bermain seperti ayunan sudah ada yang rusak. Kemungkinan besar karena dinaiki oleh orang dewasa. Seharusnya diberikan informasi bahwa fasilitas ayunan untuk usia balita hingga 12 tahun.

terapi akupuntur untuk telapak kaki
Taman Bantargebang cukup mudah dijangkau oleh masyarakat Bantargebang dan sekitarnya. Karena untuk meniimati Taman Bantargebang bisa sambil mengurus surat-surat ke Kantor Kecamatan, berobat ke Puskesmas Bantargebang, belanja ke Pasar Baru Bantargebang, ada juga Polsek Bantargebang, Koramil Bantargebang, UPTD Pembinaan SD Bantargebang, UPTD PNFI/PAUD Bantargebang, Masjid dan berbagai fasilitas lainnya juga termasuk angkutan umum yang mudah dijangkau.

Taman diresmikan oleh Walikota Bekasi, Dr. H. Rahmat Effendi pada hari Senin, 12 Januari 2015. Walaupun baru 3 bulan diresmikan, tetapi sudah banyak fasilitas yang rusak.

Selamat berwisata dan menikmati, Taman Bantargebang ....

(Bang Imam)

#TamanKotaBekasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 085739986767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi