Jumat, 22 Agustus 2014

NAIK GETEK DI KALI BEKASI



Margahayu (BIB) - Serunya naik getek di Kali Bekasi. Kenderaan terapung ini merupakan alat penyeberangan orang dari dan menuju RW 026 Kelurahan Margahayu ke RW 01 Kelurahan Margajaya, Kota Bekasi.

Ongkosnya cuma Rp. 2 ribu sekali jalan per orang. Banyak warga memanfaatkan transportasi penyeberangan ini, utamanya warga RW 026 yang hendak berbelanja ke Mega Bekasi Hypermall (MBH) atau Mall Metropolitan.

"Kalau pake getek tinggal nyeberang, jalan sedikit sudah sampe Giant (MBH). Kalau naik angkot atau naik motor harus mutar dulu, jauh," ujar warga yang setiap hari memanfaatkan transportasi tradisional ini.

Bukan cuma orang yang menumpang. Sepeda motor juga bisa terangkut maksimal 4 motor sekali jalan.

Getek ini selain menjadi alat penyeberangan warga, banyak juga ibu-ibu membawa anaknya hanya untuk mondar-mandir menyeberangi Kali Bekasi.

"Anaknya pada seneng naik getek. Cuma takut jatoh, soalnya bocah pada rese' pengen maen air dan berdiri di pinggir getek, kita ngeri aja," ujar ibu-ibu yang mengajak buah hatinya naik getek.


Seorang ibu tersenyum dan berseloroh saat saya memintanya untuk mengabadikan photo saat naik Getek, "Ah bapak ada-ada aja ini, pingin gaya" katanya. Sebelumnya saya meminta tukang Getek yang mau ambil photo, tapi dia katanya tidak bisa, hehehe
Kalau sepintas dilihat, Pemerintah Kota Bekasi bisa memanfaatkan Kali Bekasi menjadi tempat wisata. Jika dihias dan dibenahi infrastrukturnya, Getek sebagai alat transportasi tradisional warga untuk menyeberangi sungai sudah sangat jarang ditemui di tengah-tengah Kota Bekasi.

Untuk itu perlu dibenahi agar imej RW 026 Margahayu dan RW 01 Kampung Pangkalan Bambu hanya dianggap sebagai daerah kumuh dan langganan banjir bisa berubah menjadi wisata naik 'Getek Hias'.

Saatnya hal ini dilirik oleh Pemerintah, agar masyarakat lainnya juga menjadi peduli terhadap warga yang tinggal pada langganan banjir akibat luapan Kali Bekasi itu.

Yuk...nyobain naik getek di Kali Bekasi sebelum getek itu rusak dan hilang dari Kali Bekasi, seru lo...

(bang imam)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara.

komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar.

jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke bangimam.kinali@gmail.com dan SMS/WA 085739986767

twitter: @BangImam

facebook: Bang Imam Kinali Bekasi