Minggu, 03 Agustus 2014

Apa itu Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) ?

JEDI Benahi Drainase Jakarta



Jakarta (BIB) - Jakarta Emergency Dredging Initiative, atau disingkat JEDI, adalah proyek Bank Dunia yang bertugas untuk membenahi sistem drainase di Jakarta. 

Bank Dunia memperkirakan total biaya proyek sebesar US$ 135.500.000.

TUJUAN

Tujuan dari JEDI adalah untuk :

a. Mengurangi dampak banjir tahunan di DKI melalui rehabilitasi dan pengerukan floodways, saluran air dan cekungan retensi, sesuai dengan standar praktik internasional.

b. Memberikan keahlian teknis melalui pelatihan untuk memperkuat kapasitas pemerintah DKI untuk mengoperasikan dan memelihara sistem pengendalian banjir, sesuai dengan standar internasional.

RENCANA KEGIATAN

Secara umum, JEDI mencakup perbaikan sungai, waduk dan situ di sekitar kawasan Jakarta. Sedikitnya 13 sungai akan dikeruk, waduk maupun situ yang telah dangkal juga akan dikuras. 

Sungai yang akan dikeruk adalah:

1. Banjir Kanal Barat
2. Cakung Drain
3. Cengkareng Drain
4. Kali Angke
5. Kali Cideng
6. Kali Kamal
7. Kali Sunter
8. Kali Tanjungan
9. Kali Krukut-Kali Cideng-Tanah Sereal
10. Kali Jelakeng-Kali Pakin-Kali Besar
11. Kali Ciliwung Gunung Sahari
12. Sodetan Sentiong Sunter
13. Kali Grogol – Sekretaris

Pemprov DKI juga akan mengeruk 5 waduk yakni Waduk Pluit, Waduk Melati, Waduk Sunter Utara, Waduk Sunter Selatan, dan Waduk Sunter Timur III. 

Sedangkan situ yang akan dilakukan rehabilitasi antara lain Situ Mangga Bolong, Situ Babakan, Situ Rawa Dongkal dan Situ Cipondoh.

Pertanyaannya, jika kegiatan ini tidak dibarengi dengan koordinasi dan pembenahan di hulu (Bogor) dan kiri-kanan (Tangerang-Bekasi) atau bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, apa bisa beres banjir Jakarta...!!!

Adakah kegiatan JEDI yang bersentuhan langsung dengan Bogor, Bekasi dan Tangerang ?

Beberapa kegiatan sudah berjalan, tapi hasilnya belum terlalu dinikmatin, hehehe

(bang imam)

VERSI ENGLISH

PIPELINE 
Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) Project in Indonesia

Funded by : Word Bank - WB

Location : Indonesia

Status : In Planning

Value : USD 135,5 million

Category : Services, Work

Country : Indonesia

The objectives of the Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) Project are to: (a) Alleviate the impacts of annual floods in DKI through the priority rehabilitation and dredging of existing floodways, drains and retention basins, in accordance with international best practices; and (b) Provide technical expertise through on-the-job training to strengthen the capacity of DKI and MoPW to operate and maintain its flood control system, in accordance with international standards.The World Bank (WB) estimates the total project cost at US$ 135.5 million.This is a project forecast based on the WB's Monthly Operational Summary (MOS).

Link JEDI Project in Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi