Kamis, 17 Mei 2012

Peluang Guru Bahasa Inggris di SD Negeri Jadi PNS

Guru Honorer tuntut diangkat jadi PNS. Foto: Bang Imam
Heboh soal pemberkasan pengangkatan guru honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) justru membuat guru honorer yang mengampu bidang studi Bahasa Inggris terutama pada SD Negeri resah. 

Sebab, dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Pertimbangan Teknis Formasi Guru Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota tidak menyebutkan Guru Bahasa Inggris sebagai bidang studi yang dibutuhkan pada Sekolah Dasar. 

Karena dalam rumus perhitungan jumlah formasi pada guru SD hanya didasarkan pada kebutuhan guru kelas, guru agama, guru penjaskes dan satu orang kepala sekolah.

Sejarah Mulok Bahasa Inggris di SD Negeri

Menurut Nuri Supriyanti, MA dari Universitas Negeri Yogyakarta bahwa bahasa inggris di tingkat SD lebih bersifat performatif. Yaitu pembelajaran dilaksanakan terkait dengan kehidupan sehari-hari.

Berbeda dengan di SMP yang mengajarkan bahasa inggris dalam bentuk fungsional, sedangkan bahasa inggris level SMA lebih bersifat informational. 

Posisi Bahasa Inggris terdapat dalam penjelasan UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 37 ayat(1) ... Bahan kajian bahasa mencakup bahasa Indonesia, bahasa daerah dan bahasa asing dengan mempertimbangkan :

1. Bahasa Indonesia merupakan bahasa Nasional;

2. Bahasa Daerah merupakan bahasa ibu peserta didik, dan 

3. Bahasa asing terutama bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat penting kegunaannya dalam pergaulan global.

Agar mampu menghadapi persaingan global, bahasa Inggris dapat diajarkan sejak usia dini, terutama bagi siswa SD, dan saat ini mata pelajaran bahasa Inggris untuk SD ditempatkan pada muatan lokal (local content).

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bali mata pelajaran bahasa Inggris ditempatkan sebagai muatan lokal pilihan (mulok). Pada berbagai level, umumnya bahasa Inggris dimulai sejak kelas empat (IV), lima dan enam. Saat ini justru di kota-kota besar sudah mewajibkan mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar.

Mata pelajaran bahasa Inggris sebenarnya sudah disikapi pemerintah sejak tahun 1990-an. terbitnya UU 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional  yang diikuit dengan PP 28/1990 tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia terutama dalam dunia pendidikan yaitu pengembangan kualitas kompetensi dan keterampilan guru, siswa serta tenaga kependidikan terkait. 

Sementara kebijakan soal muatan lokal pada SD ditandai dengan terbitnya Kebijakan Depdikbud Republik Indonesia Nomor 0487/14/1992 Bab VIII yang menyatakan bahwa sekolah dasar dapat menambah mata pelajaran dalam kurikulumnya, dengan syarat pelajaran itu tidak bertentangan  dengan tujuan pendidikan nasional. 

Mata pelajaran tambahan (mulok) biasanya tergantung dari kebutuhan daerah masing-masing. Muatan lokal sangat dipengaruhi dari kebutuhan daerah dan masyarakat, sehingga daerah ada yang mengadakan mulok bahasa daerah, bahasa inggris dan pelajaran kesenian.

Untuk mewujudkan persiapan ketersaingan global pada siswa Indonesia, pada tanggal 25 Pebruari 1993 terbit Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 060/U/1993 tentang Dimungkinkannya Program Bahasa Inggris Diajarkan Lebih Dini sebagai  Satu Mata Pelajaran Muatan Lokal. 

Mata pelajaran Bahasa Inggris ini dapat dimulai pada kelas IV Sekolah Dasar sesuai anjuran pemerintah. 

Kebijakan pemberlakuan mata pelajaran muatan lokal terutama Bahasa Inggris ditetapkan sebagai kebijakan daerah dengan memperhatikan beberapa hal, misalnya keterlibatan pemerintah daerah, pakar pendidikan, sekolah, guru, penyusunan bahan ajar dan anggota masyarakat steakholders lainnya. 

Disamping itu, perlu mempertimbangkan kondisi lingkungan seperti wilayah perkotaan, daerah wisata, kondisi sosial masyarakat dan budayanya sehingga perlu juga menyediakan tenaga pengajar bahasa inggris yang kompeten.

Seperti yang diterapkan Provinsi Bali misalnya. Dalam pelaksanaan kurikulum mulok tahun 2004 yang berbasis kompetensi, Dinas Pendidikan Provinsi Bali menerbitkan Standar Kompetensi Muatan Lokal Wajib dan Standar Kompetensi Muatan Lokal Pilihan. 

Mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar ditetapkan menjadi mulok pilihan.

Kebijakan lain juga muncul dalam penegasan mulok bahasa Inggris pada sekolah dasar, terutama SK Mendikbud Nomor 060/U/1993 tentang dimungkinkannya program bahasa Inggris sebagai mata pelajaran mulokyang dimulai pada kelas 4 SD. 

Sebetulnya tujuan utama pembelajaran bahasa Inggris secara umum adalah lebih kepada cakupan kompetensi bahasa yaitu; Menyimak (listening), Berbicara (speaking), Membaca (reading), dan menulis (writing).

Pada Permendiknas 22/2006 mulok merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas potensi daerah, termasuk didalamnya keunggulan daerah yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. 

Mulok dapat ditentukan oleh Satuan Pendidikan (sekolah) dengan substansi, mulok dialokasikan 2 jam tatap muka per minggu, yaitu 2x35 menit dan dimulai pada kelas 4, 5, dan 6.

Kebijakan mulok bahasa Inggris juga cukup dirapatkan bersama kepsek, staf guru dan komite sekolah, apakah di satuan pendidikan tersebut perlu mengadakan mulok bahasa Inggris. 

Kebijakan lain yang terkait dengan pembelajaran mulok bahasa Inggris di sekolah dasar adalah Permendiknas 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL). 

Dalam acuannya, mata pelajaran bahasa Inggris mencakup tujuan beberapa hal, diantaranya :

1. Mendengarkan, yaitu memahami instruksi, informasi, dan cerita yang sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar.

2. Berbicara, yaitu mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional yang sangat sederhana dalam bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas, sekolah dan lingkungan sekitar.

3. Membaca, yaitu membaca nyaring dan memahami makna dalam instruksi, informasi, teks fungsional pendek, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana yang disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah dan lingkungan sekitar.

4. Menulis, yaitu menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek yang sangat sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.

Terkait CPNS
Adanya proses pemberkasan tenaga honorer menjadi CPNS terutama pada formasi guru SD tidak tercantum aturan soal kebutuhan akan guru bahasa Inggris. Dalam acuan, kebutuhan guru pada sekolah dasar hanya ada guru kelas, guru bidang studi (Penjaskes dan PAI) dan kepala sekolah.

Sehingga kejelasan akan guru bahasa Inggris yang sejak 10 tahun belakangan sudah ada pada SD Negeri tidak terakomodir. 

Untuk itu, Pemerintah Pusat utamanya pada menteri terkait yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) perlu mempertimbangkan kembali formasi guru bahasa Inggris terutama di beberapa daerah dengan karakter kondisi lingkungan sosial seperti di kota-kota besar, daerah pariwisata dapat dilakukan perekrutan dan pengangkatan Guru Bahasa Inggris menjadi PNS. 

Oleh : Tengku Imam Kobul Moh. Yahya S, ST. Direktur Sosial dan Pendidikan LSM Sapulidi

42 komentar:

  1. Perlu Bapak ketahi bahwa di Daerah Kabupaten Pekalongan sudah mengangkat Guru Bahasa Inggris menjadi PNS dan daerah lainnya juga sudah banyak seperti KOta Pekalongan, Magelang, Tegal....salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih infonya, nanti kita minta info detail pada daerah tersebut

      Hapus
    2. Saya juga guru bahasa inggris akan tetapi SK PNS tertulis Guru Kelas di lingkukangan kota Samarinda, padahal ijazah dan SK honornya terlampir guru muatan lokal bahasa inggris seharusnya pemerintah memperhatikan latar belakang pendidikan guru tersebut dan sk hionornya.

      Hapus
    3. Ya Allah muda2han saya guru honorer Mapel Inggris SDN 2 Cilegon provinsi Banten.salah satu yang beruntung mendapatkan pengangkatan PNS..ini Aamiin

      Hapus
  2. Ada yang bilang menjadi guru pns bahasa inggris harus memenuhi jam mengajar 24 jam,jika 1 sekolah tidak dapat menenuhi jumlah jam mengajar bahasa inggris 24 jam, harus mencari sekolah lain supaya bisa memenuhi jumlah jam mengajar tersebut. Apa benar?

    BalasHapus
  3. Apa jika kita tidak memenuhi jumlah jam mengajar 24 jam, harus mengajar di sekolah lain untuk menenuhi jumlah jam mengajar tersebut. Apa benar?

    BalasHapus
  4. Apakh bisa guru bahasa inggris sd menjadi pns

    BalasHapus
  5. Seharusnya guru bahasa inggris di sd dapat diangkat mnjd pns dgn syarat guru itu berkompeten bisa di test dgn mikro teaching dan cukup lama mngajar di skolahan trsbut. Jd dapat diangkat mnjd pns. Toh ya sama sama mncerdaskan anak bangsa apa lg bahasa inggris bahasa internasional yg mnurut sy penting untuk mnunjang pengalaman mereka nantinya. Jadi mnrt sy penting untuk mengangkat guru bhs. Inggris jd pns. Trims

    BalasHapus
  6. Ayo donk pak mentri guru bahasa inggris d Sd.d naikan lagi jangan di bikin galau....di beri kepastian jenjang karirnya....masa harus kuliah lagi ambil PGsd?

    BalasHapus
  7. Semua jd begini adanya selalu dan selalu,,saya cm mau direvisi ulang dan tolong dilihat lg ke masa depan yg akan datang akankah regenerasi negara kita akan tertinggal karena tidak dapat berbahasa asing(Inggris)???

    BalasHapus
  8. Semua jd begini adanya selalu dan selalu,,saya cm mau direvisi ulang dan tolong dilihat lg ke masa depan yg akan datang akankah regenerasi negara kita akan tertinggal karena tidak dapat berbahasa asing(Inggris)???

    BalasHapus
  9. Semua jd begini adanya selalu dan selalu,,saya cm mau direvisi ulang dan tolong dilihat lg ke masa depan yg akan datang akankah regenerasi negara kita akan tertinggal karena tidak dapat berbahasa asing(Inggris)???

    BalasHapus
  10. Banyak sd yang menginginkan guru bahasa inggris. Tapi mereka terkendala anggaran untuk membayar gaji honorer. Jadinya seringkali guru kelas yang mengajar bahasa inggris.

    BalasHapus
  11. Guru bahasa inggris di SD ada namun dianggap tdk ada. Saya pgjar freelance di bbrpa SD di kota Bantul yogyakarta, namun sdh hmpr 2 th ini mengajar ttp di satu skolah swasta. Yg menyakitkan, ktika ptugas dapodik blg kalo guru bhasa inggris di sd sma skali tdk bsa masuk dapodik. Apakah betul guru bahasa jnhgris di sd sama skali tdk bsa masuk dapodik?, saya prnah mndengar cerita dr teman yg sama2 mgajar bhasa inggris di SD, beliau bahkan bisa mgikuti UKG, dan bahkan masuk dapodik jg. Betulkah guru bahasa inggris di sd bisa dimasukkan ke dapodik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa . Sy guru b.ing SD n serti nya jenjang SD. Asal ada SK dr pemerintah kota walikota/bupati yg menyatakan bahwa b.ing diakui SBG mapel muatan lokal. Baru bisa masuk dapodik, semangat ya

      Hapus
  12. Saya juga guru bahasa Inggris di. kabupaten Lumajang hampir 12 tahun 3 bulan sampai sekarang.kami mengajar di sebuah sd negeri.buat kami miris mulok bahasa Inggris di hapus.dengan situasi tersebut kami di jadikan operator komputer.kemungkinan banyak guru honorer BHS Inggris se Indonesia mengalami nya.

    BalasHapus
  13. Saya jg guru b.inggris sd sangat sedih sekali dengan adanya keputusan ini. Adanya guru b.inggris dianggap seperti tidak ada. Padahal ketika smp ana2k sangat membutuhkan b.inggris dasar.

    BalasHapus
  14. Hallo..sy selalu optimis.bhs inggris jd pioner bahasa di sd.khususnya.jdi mohon pertimbangan pak menteri utk memberikan kami kesempatan memajukan peserta didik dgn visi yg sama dgn guru kelas.yours faithfully

    BalasHapus
  15. Saya juga lulusan bahasa inggris dan Wiyata bhakti d SD Negeri ,alhamdulillh sudah punya NUPTK.mungkin karena ketidak jelasan itu,teman-teman lulusan seangkatn saya banyak yang mengajar d SD ikut kuliah lagi Transfer PGSD.

    BalasHapus
  16. Saya sudah 7 tahun menjdi guru bahsa inggirs di sd negeri 2x hmpir dipecat pada hal cuma saya guru honor yg punya jurusan bahsa inggirs, saya mau dipecat dengan alasan tidak ada jam lagi karena mengutamakan honor yang menang p3k walupun jurusanya bukan bhsa inggirs. Apa lagi disaat kepala sekolah mengatkan kalau bahasa inggirs tidak terlalu penting di sd. Pertanyaan saya apakah untuk belajar bahsa inggirs huruf dan angka harus dimulai di smp? Kalau tidak mengapa kami guru bahsa inggirs tak dianggap dan dihargai??

    BalasHapus
  17. Ya status seorang guru honorer lulusan bahasa Inggris, yang dianggap tidak penting tapi masih dibutuhkan kehadirannya di sekolah-sekolah, hanya lantaran guru kelas tidak sanggup mengajar mapel tersebut. Karena menurut mereka mengajar bahasa Inggris tidak seperti mengajarkan mapel yang lain. Bahasa Inggris antara tulisan dan bunyi tulisannya yang tidak sama mungkin membuat sebagian guru merasa kurang PD dalam menyampaikan mapel b.inggris

    BalasHapus
  18. Ya status seorang guru honorer lulusan bahasa Inggris, yang dianggap tidak penting tapi masih dibutuhkan kehadirannya di sekolah-sekolah, hanya lantaran guru kelas tidak sanggup mengajar mapel tersebut. Karena menurut mereka mengajar bahasa Inggris tidak seperti mengajarkan mapel yang lain. Bahasa Inggris antara tulisan dan bunyi tulisannya yang tidak sama mungkin membuat sebagian guru merasa kurang PD dalam menyampaikan mapel b.inggris

    BalasHapus
  19. Tolong saya pak..guru honor mapel bhs Inggris..berharap dapat pengangkatan..🙏

    BalasHapus
  20. Semoga mapel bhs inggris jadi mapel pokok di sd pengabdian sy udah puluhan tahun berharap di permudah pengakatan

    BalasHapus
  21. Linear kan lah ijazah kami, Krn ijazah dan bidang yg kami ajarkan itu sama pak..

    BalasHapus
  22. Tolonglah kami guru lulusan Pendidikan Bahasa inggris di SD yang ijazahnya tidak linier untuk mjd guru SD🙏

    kami mengampu mapel B. Inggris sesusai dengan ijazah kami,. lalu dimana letak kesalahannya? jika tidak penting, tapi kami masih dibutuhkan di SD.

    saya sudah sangat nyaman mengajar anak SD, jika harus berpindah ke jenjang SMP/SMA, sayang sekali..

    Saya hampir 10th honorer B.Inggris di SD (sejak 2011) tolong dipertimbangkan

    BalasHapus
  23. Semua keluahan kita sama bpk ibu.. kita cuma bsa berharap ada jln keluar terbaik .

    BalasHapus
    Balasan
    1. TERIMA KASIH TELAH MAMPIR DI BLOK BANG IMAM BERBAGI

      sesuai pengalaman penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2019 lalu, guru yang tidak linear di SD akan disalurkan ke jenjang SMP dan sederajat

      Hapus
    2. Semoga kami semua bisa di angkat menjadi ASN tahun ini Amin ya Allah..

      Hapus
    3. Aamiin...smoga bs jd ASN.
      Sy jg honor b.inggris di SD dr 2006 Smpe skrg.

      Hapus
  24. Semoga kits guru honor bhs. Inggris di sd juga di beri kebijakan oleh pemerintah saya sudah mengabdi selama 15 tahun ...saya mohon kebijakannya ada titik terang untuk kami guru bhs.inggris

    BalasHapus
  25. Semoga kita guru BHS Inggris di SD bisa jdi asn saya jga honor BHS Inggris di SD dri 2008 sampai skrg

    BalasHapus
  26. Saya juga Sudak 13 tahun mengajar di SD. Sayajuga mohon pertimbangkan dan kebijakandari pemerintah agar mampu mengalihkan guru bahasa Inggris ke guru kelas. Bagaimana nasib kami nanti jika umur sudah 40 untuk mengajar ketempat lain juga sudah tidak memungkinkan lagi.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  27. Saya minta tolong sebelum tes PPPK d mulai tolong pemerintah pusat dengan pemerintah daerah saling berkonsultasi karena bnyak sekali yg guru SD yg bertahun2 mengajar sebagai guru kelas dan masih menempuh pendidikan PGSD namun belum selesai yg sungguh d sayangkn jika dia tdk bisa ikut tes PPPK tahap 1 krna izajah awal nya mohon pertimbangan,tolong beri kesempatan yg adil jika Sdg S1 biarkanlh kmi mengikuti tes PPPK ini,jgn d persulit dengan linear krna klw pendidikan nnti bisa penyetaraan,mohon pertimbangannya dn beri kmi kesempatan

    BalasHapus
  28. Saya sudah 14 tahun mengajar bahasa Inggris di SD,tp kecewa sekali tidak bisa ikut p3k.mohon pertimbangan itu pak!

    BalasHapus
  29. Bismillahirrahmanirrahim Assalamu'alaikum warahmatullahi Saya Arismiati Haris sudah ngajar Bahasa Inggris selama16 tahun 3 bulan Di SDN.Negeri Bontorannu Makassar, memiliki sertifikat pendidik dan usia saya sudah 41 thn kemarin formasi bahasa Inggris hx ke SMP jadi saya pilih SMP yang terdekat dari rumah ,sedih rasanya tolong buka formasi bahasa Inggris untuk tahap ke dua di sekolah saya pak, karena yg lulus PPPK THP 1 ini guru yang mengajar di sekolah induk, walaupun pux serdik,masa pengabdian sudah lama,dan usia sudah tak lagi muda , kalau bukan sekolah induk susah untuk lolos, Bantu pak, Wassalamu'alaikum warahmatullahi

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum
    Untuk p3k didaerah saya tidak ada formasi sama sekali untuk guru b.inggris. Ditingkat smp/sma, padahal sudah mengabdi lama.Mohon dibantu agar guru b.inggris juga bisa mendaftar p3k.
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  31. Ass.saya juga BHS Inggris sejak 2011 Ali nasib yg sama teman2.tlong pak menteri pend tinjau ulang .kasian kami

    BalasHapus
  32. Saya jg guru bahasa inggris di SD NEGERI sejak 2011.sampai sekarang terpaksa mengajar sbg guru kelas. Seperti nya nasip guru bahasa inggris semakin terkatung-katung di SD. TO LONG PA MENTRI BERI KAMI KEPASTIAN

    BalasHapus
  33. Saya juga guru bahasa inggris di smp
    Mulai tahun 2011 sampai sekarng, tp knp pada saat ada pendaftaran pk3 di luwu sulawesi selatan tidak ada untuk jenjang SMP Pak, tolonglah kami yg guru bahasa inggris agar bs di angkat p3k apalagi kami sudah umur 35+ pak...

    BalasHapus

silahkan memberikan komentar yang tidak menghasut, memfitnah, dan menyinggung sara dan komentar menjadi tanggung jawab pemberi komentar. jika komentar lebih panjang dan memerlukan jawaban bisa ke email: bangimam.kinali@gmail.com, WA 0813-14-325-400, twitter: @BangImam, fb: Bang Imam Kinali Bekasi, ig: bangimam_berbagi